Comscore Tracker

5 Fakta Bobcat, Kucing dengan Kemampuan Melompat Super Tinggi

Bobcat juga merupakan pelari yang hebat, lho!

Bicara tentang kucing, biasanya yang langsung terlintas di pikiran adalah kucing peliharaan dengan ekspresi wajah yang lucu dan tingkah ajaib. Namun, ada lagi jenis kucing yang tidak kalah menggemaskan, yaitu bobcat.

Bobcat (Lynx rufus) adalah kucing liar yang masih berkerabat dengan lynx dan ditemukan di daerah yang lebih hangat. Kucing ini memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Apa saja keistimewaan tersebut? Yuk, simak fakta-fakta menarik tentang kucing bobcat di bawah ini!

1. Habitat

https://www.youtube.com/embed/eIAEy5aOb9g

Smithsonian’s National Zoo & Conservation Biology Institute melaporkan, mayoritas populasi bobcat dapat dijumpai di Amerika Serikat, tetapi sebenarnya tersebar mulai dari Meksiko hingga Kanada bagian selatan. Habitat yang dihuni pun beragam, meliputi hutan boreal coniferous, rawa, padang pasir, hingga area semak belukar.

Dilansir Arizona-Sonora Desert Museum, bobcat memiliki kebiasaan untuk berpindah-pindah rumah setiap hari. Mereka bisa menempati batang kayu berlubang, liang berbatu, goa, atau batang kayu yang rendah ketika sedang ingin beristirahat. Bobcat betina yang memiliki anak pun tetap melakukan perilaku ini.

2. Ukuran tubuh

5 Fakta Bobcat, Kucing dengan Kemampuan Melompat Super Tinggiilustrasi seekor bobcat (unsplash.com/Chandler Cruttenden)

Kucing yang satu ini memiliki ukuran tubuh lebih besar daripada kucing yang sering kita jumpai di sekitar rumah. Smithsonian’s National Zoo & Conservation Biology Institute melansir, ukuran bobcat bervariasi, tergantung tempat tinggalnya.

Ukuran tinggi tubuh bobcat berkisar antara 46 hingga 64 centimeter dengan berat badan dalam rentang 4 hingga 15 kilogram. Bobcat yang hidup di daerah bumi bagian utara biasanya memiliki badan yang lebih besar dibandingkan dengan yang hidup di bagian selatan.

Baca Juga: Kucing 101: 6 Fakta Mata Kucing, Bisa Melihat di Cahaya Redup

3. Kelinci dan rodensia merupakan diet utama

https://www.youtube.com/embed/GmFR0sMmdjY

Sebagai predator, bobcat memiliki kebiasaan berburu hewan-hewan lain yang berpotensi menjadi mangsa. Treehugger melansir, kelinci dan rodensia seperti tikus merupakan makanan utama dari bobcat.

Namun, kucing yang satu ini juga diketahui mampu berburu mangsa yang berukuran lebih besar seperti rusa. Dalam beberapa kasus, bobcat bahkan memangsa hewan peliharaan seperti ayam, kucing, dan anjing yang berada di luar kawasan penjagaan pemiliknya.

4. Mampu melompat tinggi

5 Fakta Bobcat, Kucing dengan Kemampuan Melompat Super Tinggiilustrasi seekor bobcat (pexels.com/Pixabay)

Keluhan muncul dari penduduk yang tinggal di beberapa area yang ditinggali oleh bobcat. Pasalnya, kucing yang satu ini terkadang menyelinap masuk ke dalam peternakan ayam atau melompati pagar rumah dan memangsa hewan peliharaan.

Sebenarnya, tidak heran jika bobcat mampu melakukan hal tersebut. Dilansir University of Illinois Extension, seekor bobcat memiliki kemampuan melompat hingga mencapai ketinggian 1,8 meter, bahkan lebih. Oleh sebab itu, perlu proteksi khusus agar area rumah atau peternakan tidak disatroni oleh bobcat yang kelaparan.

5. Pelari yang hebat

https://www.youtube.com/embed/z7TQSCkY6y4

Selain bisa melompat dengan ketinggian fantastis bagi seekor kucing, bobcat ternyata juga seekor pelari yang hebat. Dilansir Smithsonian’s National Zoo & Conservation Biology Institute, bobcat bisa berlari dengan kecepatan sekitar 48 kilometer per jam.

Gaya berlari bobcat dalam berburu mangsa pun tidak kalah unik. Treehugger melansir, ketika berlari, terkadang bobcat menempatkan kedua kaki belakang tepat di bekas pijakan kaki depan, sehingga ukurannya terlihat pendek dan mirip dengan gaya lari seekor kelinci.

Bobcat merupakan kucing dengan keunikan tersendiri. Kemampuan melompat tinggi dan berlari cepat menjadikan bobcat sebagai predator yang tangguh, sekaligus tetap memiliki kesan lucu dari seekor kucing.

Baca Juga: Kucing 101: Ciri-ciri Kucing Dehidrasi yang Harus Kamu Perhatikan

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya