Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Elang Termasuk Burung Terkuat di Dunia

Elang memiliki kemampuan berburu yang luar biasa

Berbicara mengenai burung terkuat di dunia, rasanya tak lengkap jika tidak menyebutkan elang sebagai salah satunya. Secara umum elang termasuk ke dalam jenis burung pemangsa yang banyak tersebar ke seluruh penjuru wilayah.

Elang disebut-sebut sebagai jenis burung yang kuat di bumi dan hal ini tentunya memunculkan pertanyaan, serta rasa penasaran tersendiri. Namun, kebenaran atas elang yang menjadi burung terkuat di dunia ini, dapat dijelaskan melalui beberapa alasan yang berikut ini.

Baca Juga: 6 Fakta Elang Bondol, Burung Pemangsa yang Jadi Maskot Jakarta  

1. Memuncaki rantai makanan pada hewan

5 Alasan Mengapa Elang Termasuk Burung Terkuat di Duniailustrasi elang (unsplash.com/@zmachacek)

Dalam setiap kehidupan yang dimiliki makhluk hidup, tentu biasanya akan selalu ada yang disebut dengan rantai makanan. Seperti halnya hewan lain, elang juga memiliki posisinya tersendiri dalam rantai makanan yang secara alami ada di alam.

Melansir OEPOS, elang pada dasarnya menjadi puncak dari rantai makanan yang ada. Tidak mengherankan bahwa biasanya burung elang tak akan ragu dalam memangsa burung yang lebih kecil lagi.

2. Ukuran tubuhnya yang besar

5 Alasan Mengapa Elang Termasuk Burung Terkuat di Duniailustrasi elang (unsplash.com/@cadop)

Burung elang tidak seperti burung lain yang memiliki ukuran yang mungil hingga tak berbahaya. Justru burung elang biasanya memiliki nilai bahayanya tersendiri, sebab terlihat dari ukuran tubuh yang dimilikinya.

Mengutip Britannica, ukuran elang jantan berkisar sekitar 90 cm dengan kepakan sayap mencapai 2 meter, sementara elang betinanya memiliki ukuran 108 cm dan kepakan sayapnya mencapai 2.5 meter.

Tidak mengherankan kalau memang elang betina akan memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih besar. Selain itu, dengan ukurannya yang besar, maka sudah cukup menjelaskan mengapa elang layak mendapat julukan salah satu burung terkuat.

Baca Juga: 6 Fakta Elang Harris, Burung Pemangsa yang Berburu dalam Kawanan

3. Capitan kukunya yang terkenal tajam dan kuat

5 Alasan Mengapa Elang Termasuk Burung Terkuat di Duniailustrasi elang (unsplash.com/@brock222)

Senjata alami yang dimiliki oleh elang dalam mempertahankan diri dan menyerang mangsa adalah bagian kukunya. Kuku yang dimiliki elang tentunya menjadi bagian terpenting yang menunjang kehidupan elang agar tetap terjaga dengan aman.

Tak banyak yang menyangka bahwa ternyata cakar atau capitan kuku yang dimiliki elang sangatlah tajam, hingga mampu membuatnya membunuh musuh dengan cepat dan efektif, seperti dilansir A-Z Animals. Hal inilah yang membuat manusia juga harus ekstra berhati-hati apabila melihat elang, sebab pergerakan mereka dapat menyerang musuh dengan sangat cepat.

4. Beberapa spesiesnya bahkan ada yang berbahaya bagi manusia

5 Alasan Mengapa Elang Termasuk Burung Terkuat di Duniailustrasi elang (unsplash.com/@nebirdsplus)

Memang elang sudah cukup lama dianggap sebagai hewan yang berbahaya bagi para mangsanya, termasuk bahkan manusia sendiri. Tidak banyak yang menyadari bahwa elang mampu membawa risiko tersendiri dari pergerakannya, khususnya terhadap mangsa yang bahkan tak pandang bulu.

Ada beberapa hewan mitologi dari Selandia Baru yang memiliki kesamaan dengan elang, serta disebut pernah memakan manusia, seperti dikutip ABC News. Namun, kenyataannya mungkin saja memang ada beberapa jenis elang yang bisa menyerang atau bahkan membawa terbang anak kecil, namun belum sampai pada tahap memangsanya.

5. Kemampuan penglihatan yang luar biasa

5 Alasan Mengapa Elang Termasuk Burung Terkuat di Duniailustrasi elang (unsplash.com/@alexas_fotos)

Elang merupakan hewan yang terkenal dengan kemampuan penglihatan yang luar biasa. Hal inilah yang kemudian membuat emang tampak disebut sebagai hewan yang handal dalam berburu.

Melansir All About Vision, bahkan penglihatan elang jauh lebih baik dibandingkan dengan manusia, sehingga sangat memudahkan mereka dalam mengintai mangsanya dengan cermat. Tidak mengherankan bahwa mereka termasuk ke dalam hewan terkuat, sebab kelebihannya tersebut.

Memang ternyata ada banyak hal yang dimiliki elang, hingga membuatnya dikenal sebagai burung terkuat. Kelebihan yang dimiliki elang tentunya membuat hewan ini memiliki posisi dan risikonya tersendiri bagi para mangsa. Harus tetap berhati-hati saat berada di kawasan yang rentan terdapat elang, ya!

Baca Juga: 7 Fakta Elang Laut Steller, Burung Pemangsa Pesaing Elang Botak 

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya