Comscore Tracker

9 Fakta Soal Antarktika yang Akan Memuaskan Rasa Ingin Tahumu

Antartika itu kutub selatan atau kutub utara? Gurun atau es?

Di manakah lokasi yang paling dingin di bumi? Jawabannya: Antarktika. Daerah terdingin ini merupakan sebuah benua yang hampir mencapai 99% wilayahnya diselimuti es dan terletak di sebelah selatan bumi, atau kutub selatan. Ketebalan es di sana mencapai satu kilometer. Meskipun dinginnya bisa di katakan tidak normal namun beberapa hewan berhasil beradaptasi dengan keadaan cuaca di sana, seperti anjing laut dan penguin. Apa ada manusia yang tinggal di sana? Penasaran? Berikut beberapa fakta yang belum tentu kamu tahu tentang Antarktika.

1. Berapa luas Antarktika?

9 Fakta Soal Antarktika yang Akan Memuaskan Rasa Ingin Tahumunasa.gov

Antarktika merupakan benua terbesar ke-5 di dunia. Luasnya kurang lebih 14 juta km persegi, termasuk pulau-pulau kecil di sekitarnya. Luas ini bisa hampir sama besar dengan Amerika Serikat dan dua kali lipat benua Australia. 

2. Kalau Tidak Ada Manusianya, Siapa yang Memiliki Benua Itu?

9 Fakta Soal Antarktika yang Akan Memuaskan Rasa Ingin TahumuEkspedisi Antartika via ncexped.com

Kalau ada benua tanpa negara dan tanpa pemerintahan itu berarti Antarktika. Tapi beberapa negara mengklaim ada kedaulatan pada beberapa wilayah atau bagian berbeda. Biarpun begitu, ada sistem yang mengatur hubungan antar negara tentang kedaulatan negaranya dan harus netral secara politik di Antarktika yaitu Antartic Treaty System. Ada 49 negara yang telah menandatangani perjanjian itu dan memiliki hak untuk menggunakan daerah tersebut hanya untuk tujuan penelitian ilmiah.

3. Dari mana asal Antarktika?

9 Fakta Soal Antarktika yang Akan Memuaskan Rasa Ingin TahumuMatahari di Antartika via antarcticsun.usap.gov

Seperti yang kita tahu sekarang ini, benua Antarktika terjadi sebagai hasil dari pergeseran benua selama jutaan tahun. Antarktika dulunya merupakan bagian dari sebuah wilayah besar atau super benua Gondwana, bersama Amerika Selatan, Afrika, semenanjung India, dan Australia. Bagian yang bergerak ke selatan bumi inilah kita sebut Antarktika dan muncul sekitar 25 juta tahun yang lalu.

4. Berapa suhu di sana?

9 Fakta Soal Antarktika yang Akan Memuaskan Rasa Ingin TahumuMakan siang di Antartika via publicbroadcasting.net

Suhu rata-rata tahunan yang tercatat di pedalaman Antarktika adalah -57 °C. Sedang suhu terendah yang pernah tercatat di Stasiun Vostok Antarktika pada tanggal 21 Juli 1983 yaitu -90 °C.  Bagaimana dengan suhu terpanasnya? suhu terpanas yang pernah tercatat 15 °C yang direkam pada 5 Januari 1974 di Stasiun Vanda. Angin bertiup dengan kecepatan 320 km/jam yang sering terjadi di Antarktika juga berkontribusi terhadap iklim dingin dunia. 

5. Mengapa suhu Antarktika amat dingin?

9 Fakta Soal Antarktika yang Akan Memuaskan Rasa Ingin TahumuBaby Penguins via dailymail.co.uk

Antarktika berada di wilayah kutub bumi, jadi benua ini hanya menerima sinar matahari dengan waktu yang singkat dalam satu tahun. Tinggi rata-ratanya 2.800 mdpl ini salah satu faktor yang menjadikannya bersuhu dingin. Semakin tinggi suatu tempat, suhu juga akan semakin rendah. Atmosfer Antarktika sangat tipis, hampir 80% sinar matahari dipantulkan kembali oleh lapisan es yang solid.

Baca Juga: 8 Foto ini Akan Menjelaskanmu Bagaimana Susahnya Hidup di Antarktika

6. Antarktika juga disebut gurun?

9 Fakta Soal Antarktika yang Akan Memuaskan Rasa Ingin TahumuAntartika : Benua & Gurun via polarblogger.com

Secara definisi, gurun berati daerah tanpa vegetasi/tumbuhan dengan curah hujan per tahun kurang dari 25 cm dan Antarktika hanya memiliki curah hujan berkisar 10 cm.

7. Kenapa jarang terjadi hujan di Antarktika?

9 Fakta Soal Antarktika yang Akan Memuaskan Rasa Ingin TahumuBadai Salju via myfotojournal.com

Hujan di Antarktika hanya terjadi dalam bentuk salju (es), bukan dalam butiran air. Hujan salju ini dibawa oleh badai siklon dari utara. kalau pun hujan, jumlahnya hanya sedikit. Adanya penguapan yang menyebabkan terjadinya hujan, tidak bisa terjadi di wilayah ini sehingga curah hujan rendah. 

8. Tumbuhan apa yang hidup di sana?

9 Fakta Soal Antarktika yang Akan Memuaskan Rasa Ingin TahumuMoss sejenis tanamah air yang bisa hidup di Antartika via bogology

Tebalnya es dan kualitas tanah yang buruk serta sedikitnya sinar matahari, hampir tidak ada tumbuhan hidup di Antarktika. Hanya lumut yang berjumlah lebih dari 100 spesies, 25 liveworts dan 2 spesies tanaman bunga yang hanya bisa tumbuh pada musim panas dan hilang di musim dingin.

9. Hewan apa yang hidup di Antarktika?

9 Fakta Soal Antarktika yang Akan Memuaskan Rasa Ingin TahumuPenguin Antartika via wwf.org.uk

Spesies hewan yang hidup di Antarktika di antaranya adalah penguin raja, penguin kaisar, ikan paus biru, anjing laut, serta beberapa spesies serangga. Antarktika juga merupakan benua satu-satunya dimana reptil tidak ditemukan.

Baca Juga: Tanah Tanpa Beruang, Ini 7 Fakta Unik Antarktika yang Wajib Diketahui

T. Wikie Photo Verified Writer T. Wikie

Fotografer, copywriter, web & grafis desainer. Kontributor pada media berita & hiburan. Bekerja sebagai konsultan & freelancer di bidang marketing communication.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila
  • Novaya

Berita Terkini Lainnya