Comscore Tracker

Kenapa Bendera Inggris Ada 2? Menurut Sejarah, Fungsinya Berbeda Lho! 

Inggris dan Inggris Raya itu beda...

Kalau lihat kesebelasan bola favoritmu di Liga Inggris, mungkin kamu bertanya-tanya kenapa ada pendukung yang menggunakan bendera Inggris yang berbeda? Ada yang pakai bendera dua warna: merah dan putih dan ada juga yang tiga warna: merah, putih, dan biru. Nyatanya, mereka memang memiliki bendera-bendera tersebut, bahkan lebih banyak lagi.

Jangan keliru membedakan antara Inggris dan Britania Raya (United Kingdom). Britania raya atau juga disebut Inggris Raya adalah negara berdaulat yang terdiri dari negara-negara yang berdiri sendiri, antara lain Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara.

Kalau kamu perhatikan, bendera Britania Raya yang bernama Union Jack atau Union Flag (Bendera Kesatuan) adalah gabungan dari bendera negara-negaranya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

1. Bendera Inggris, St. George Cross (Salib Santo George)

Kenapa Bendera Inggris Ada 2? Menurut Sejarah, Fungsinya Berbeda Lho! portsmouth.co.uk

Bendera ini adalah bendera nasional Inggris pertama yang dipakai pada abad ke-16, tepatnya setelah Abad Pertengahan dan Perang Salib. Saat itu, bendera ini telah merepresentasikan keseluruhan Kerajaan Inggris dan Wales. Bendera ini memiliki gambar salib merah dengan latar putih. 

2. Bendera Skotlandia, St. Andrew Cross (Salib Santo Andreas)

Kenapa Bendera Inggris Ada 2? Menurut Sejarah, Fungsinya Berbeda Lho! independent.co.uk

Sebelum bergabung dengan Britania Raya, Skotlandia memiliki bendera sendiri bernama St. Andrew Cross dengan salib berbentuk X (saltire) berwarna putih dengan latar biru. 

3. Union Jack pada 1606 adalah gabungan bendera Inggris dan Skotlandia

Kenapa Bendera Inggris Ada 2? Menurut Sejarah, Fungsinya Berbeda Lho! theflagshop.co.uk

Union Jack adalah bendera Britania Raya yang merupakan gabungan dari bendera negara-negaranya. Pada 1606, bendera Kerajaan Inggris, St. George Cross bergabung dengan bendera Skotlandia, St. Andrew Cross. Hasilnya seperti bendera di atas. Bendera ini digunakan di Inggris pada 1606 dan digunakan oleh Britania Raya pada 1707. 

Baca Juga: Ternyata Cosplay Bukan Berasal dari Jepang, Berikut Sejarah Aslinya 

4. Union Jack versi Skotlandia

Kenapa Bendera Inggris Ada 2? Menurut Sejarah, Fungsinya Berbeda Lho! 1000flags.co.uk

Uniknya, Skotlandia punya versi sendiri untuk Union Jack loh! Bentuknya mirip dengan Union Jack sebelumnya, hanya saja saltire milik Skotlandia mendominasi di depan. Bendera ini digunakan hanya di Skotlandia dari 1606-1707. Namun, setelah itu Britania Raya sepakat untuk menggunakan versi yang pertama. 

5. Bendera tradisional Irlandia Utara, St. Patrick Cross (Salib Santo Patrick)

Kenapa Bendera Inggris Ada 2? Menurut Sejarah, Fungsinya Berbeda Lho! usflagstore.com

Irlandia Utara sebenarnya gak memiliki bendera resmi. Negara ini telah dibubarkan pada 1973. Namun, mereka memiliki banyak bendera, seperti bendera tiga warna: hijau, putih dan jingga yang dikibarkan kaum separatis; bendera Ulster dan bendera tradisional St. Patrick Cross. Bendera St. Patrick Cross dengan simbol X berwarna merah dan latar putih inilah yang nantinya bergabung dengan Union Jack

6. Irlandia utara bergabung Inggris Raya pada 1801 dan Union Jack berbentuk seperti ini hingga sekarang

Kenapa Bendera Inggris Ada 2? Menurut Sejarah, Fungsinya Berbeda Lho! mirror.co.uk

Setelah peristiwa Irlandia Utara bergabung dengan Inggris Raya, Union Jack berubah lagi. Adapun, simbol X berwarna merah milik bendera St. Patrick Cross bergabung dengan Union Jack versi pertama sehingga menghasilkan gambar bendera seperti di atas. Union Jack ini dipakai hingga sekarang. 

7. Bendera Wales sayangnya gak mewakili bendera Union Jack

Kenapa Bendera Inggris Ada 2? Menurut Sejarah, Fungsinya Berbeda Lho! telegraph.co.uk

Negara Wales sendiri gak mewakili benderanya dalam Union Jack karena bendera tersebut dirancang setelah invasi Wales pada 1282. Itu sebabnya Wales gak diwakilkan pada bendera. Sebagai gantinya, Wales telah diwakilkan oleh bendera St. George Cross.

Itu tadi sejarah panjang bendera-bendera di Inggris Raya. Union Jack biasanya dipakai dalam acara resmi kenegaraan. Sementara, bendera-bendera lain sering dipakai dalam acara-acara nonformal, terutama untuk acara olahraga nasional, seperti Liga Inggris.

Baca Juga: 12 Fakta Unik Sejarah Bendera Merah Putih Indonesia

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You