Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Seputar Hamster, Si Mungil yang Menggemaskan

Kalian salah satu pemilik hamster?

Hamster merupakan salah satu hewan yang paling sering dijadikan peliharaan. Selain perawatannya yang mudah dan tidak menghabiskan terlalu banyak biaya, hamster juga memiliki penampilan yang menggemaskan sehingga banyak yang tak dapat menolak untuk memeliharanya. Termasuk kalian kah itu?

Nah, bicara soal hewan imut ini, IDN Times akan membagikan beberapa fakta seputar hamster yang mungkin belum pernah kalian dengar sebelumnya. Penasaran? Oke deh, kita mulai saja ya. 

1. Hamster dapat mengenali namanya

6 Fakta Menarik Seputar Hamster, Si Mungil yang MenggemaskanMetro.co.uk

Banyak pemilik hamster tidak memberikan nama bagi hamsternya karena mereka mengira bahwa hamster tidak mungkin mengenali namanya. Padahal, jika kalian sering bercengkrama dengan hamster kalian, mereka akan terbiasa mendengar suara dan panggilan kalian, sehingga lama kelamaan mereka dapat mengenali namanya sendiri. Ayo, beri nama untuk hamster kalian ya! 

2. Hamster memiliki pengelihatan yang kurang baik

6 Fakta Menarik Seputar Hamster, Si Mungil yang MenggemaskanMnn.com

Hamster sangat suka berpetualang, oleh karena itu, ada baiknya mereka tidak hanya ditempatkan dalam kandang, namun dibiarkan bermain di luar kandangnya. Meskipun begitu, pergerakannya harus tetap diperhatikan karena ternyata, mereka memiliki kualitas pengelihatan yang kurang baik. 

Hamster baru dapat membuka matanya 2 minggu setelah ia lahir dan mereka biasanya hanya dapat melihat dalam jarak dekat dan buta warna. Untuk mengenali lingkungannya, mereka memanfaatkan kumis dan indera penciumannya. 

3. European hamster adalah spesies hamster terbesar

6 Fakta Menarik Seputar Hamster, Si Mungil yang MenggemaskanDeviantart.com/julianrad

European hamster adalah spesies hamster dengan ukuran terbesar. Hamster yang tersebar dari Belgia hingga Rusia dan Bulgaria ini biasanya memiliki berat 220 - 460 gram dan dapat tumbuh hingga sepanjang 20 - 35 cm. 

Baca Juga: Mau Pelihara Hamster? Ini 4 Spesies Paling Umum yang Perlu Kamu Tahu

4. Roborovski adalah spesies hamster terkecil

6 Fakta Menarik Seputar Hamster, Si Mungil yang MenggemaskanDwarfhamsterguide.com

Sebaliknya, spesies hamster terkecil di dunia adalah roborovski atau robo. Seekor hamster roborovski biasanya hanya tumbuh sampai sepanjang 5 - 10 cm. Dengan tubuhnya yang sangat kecil, hamster ini merupakan pelari yang sangat cepat, sehingga tidak terlalu disarankan untuk dipelihara oleh anak-anak. 

5. Gigi depan hamster tidak pernah berhenti tumbuh

6 Fakta Menarik Seputar Hamster, Si Mungil yang MenggemaskanOmlet.co.uk

Kalian mungkin pernah heran mengapa hamster selalu menggigiti benda-benda di sekitarnya. Hal ini disebabkan karena gigi depan mereka tidak pernah berhenti tumbuh. Maka dari itu, hamster selalu menggigiti sesuatu agar gigi depan mereka tidak tumbuh terlalu panjang dan menyulitkannya untuk makan.

6. Seekor hamster dapat melahirkan hingga 24 bayi

6 Fakta Menarik Seputar Hamster, Si Mungil yang MenggemaskanReddit.com

Meskipun bertubuh kecil, namun hamster pada umumnya dapat melahirkan setidaknya 7 - 24 bayi, lho. Selain itu, induk hamster juga terkadang memasukkan anak-anaknya ke dalam mulutnya guna melindungi mereka dari predator. FYI, pipi hamster dapat direnggangkan hingga kepalanya tampak 2 - 3 kali lebih besar. Maka dari itu, tak heran jika mereka dapat menyimpan banyak makanan (bahkan anak) di dalam mulutnya. 

Kini, kalian sudah tahu kan hal-hal unik seputar hamster? 

Baca Juga: Pelihara Hamster? Ini 5 Tips Mudah untuk Merawatnya 

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You