TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Alasan Kenapa Kucing Bisa Selamat meski Jatuh dari Ketinggian

Misteri kucing punya 9 nyawa akhirnya terjawab

freepik.com/master1305

Kita mengenal istilah "kucing punya 9 nyawa" dan istilah tersebut muncul bukan tanpa alasan. Banyak orang sejak dulu menyaksikan kucing jatuh dari ketinggian yang manusia pun sangat kecil kemungkinan selamat, tapi mereka ternyata bisa selamat.

1freewallpapers.com

Ini bukan berarti bahwa mereka memang dianugerahkan 9 nyawa, tapi karena mereka memiliki sistem kerja pada tubuh yang memungkinkan selamat ketika jatuh dari ketinggian.

Baca Juga: Jawaban Ilmiah Kenapa Kucing Doyan Bersembunyi di Dalam Kardus?

1. Kucing lebih memungkinkan selamat ketika jatuh dari ketinggian lebih dari 7 lantai daripada lebih rendah dari itu

blogiversity.org

Fakta untuk kucing adalah jatuh dari ketinggian kurang dari 7 lantai lebih memungkinkan menyebabkan kematian daripada jatuh dari ketinggian 7 lantai atau lebih. Kenapa bisa begitu? Karena kucing memiliki kemampuan memutar diri mereka ke bagian kanan atas selama ada waktu untuk melakukannya.

wonderopolis.org

Ketika mereka melakukannya dengan sukses dan memperoleh kecepatan terminal, badan mereka mulai rileks dan bagian tubuh mereka mulai merentang dengan gaya seperti tupai terbang.

2. Dalam posisi "terbang" ketika jatuh dari ketinggian, kucing mampu mengurangi kecepatan jatuhnya secara drastis

blog.oup.com

Ketika mereka berada di posisi membentang seperti tupai terbang, mereka mulai melambatkan kecepatan terminalnya hingga 60 MPH (97 km/h). Sebagai perbandingan, kecepatan terminal manusia ketika jatuh adalah 120 MPH (193 km/h).

Baca Juga: 15 Foto Kucing yang Ketahuan Mencuri Makanan Ini Kocak!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya