Comscore Tracker

5 Penyakit Psikologis yang Banyak Diderita Fans Artis KPop Garis Keras

Cek di sini, siapa tahu kamu mengidap salah satunya

Apakah kamu kenal dengan Le-min ho atau Joi chang-wook ? atau mungkin song ji hyo? atau kamu tahu G dragon, SuperJunior, SNSD, BTS, Seventeen, WannaOne dan lain - lain? Berarti kamu termasuk penggemar Kpop atau Kdrama. Dengan penyebaran informasi yang begitu pesat saat ini, membuat negara yang dijuluki negeri ginseng itu menjadi sangat terkenal dan diminati dari seluruh penjuru dunia berkat industri hiburan di negara mereka. Hal ini ditandai dengan munculnya para penggemar arits Kpop maupun Kdrama dari seluruh dunia.

Dengan pesona para artis korea selatan yang gemerlap membuat beberapa fans menjadi fanatik bahkan menjadi ganas. Namun mengapa mereka menjadi sangat terobsesi dengan sang artis? Mengapa ada banyak kasus fans Kpop yang bahkan sampai rela melakukan apa pun untuk idolanya itu? Sebenarnya tidak hanya KPopers yang bisa menderita ini, melainkan semua fans yang terlalu fanatik, tapi hal ini akan dibahas mengingat banyak kasus yang terangkat ke publik. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 penyakit psikologis yang derita oleh banyak fans berat artis korea alias KPopers, meskipun tidak semuanya!

1. Celebrity worship syndrome

5 Penyakit Psikologis yang Banyak Diderita Fans Artis KPop Garis Keraszimbia.com

Celebrity worship syndrome adalah suatu kondisi dimana individu menjadi terobsesi kepada seseorang atau beberapa selebriti serta menjadi tertarik dengan kehidupan pribadi sang selebriti. Dikutip dari jurnal penelitian universitas islam negeri syarif hidayatullah tingkatan yang paling parah sindrom ini ialah menganggap sang idola akan membantunya, menolongnya dari kesusahan dan bahkan menganggap sang idola akan senang jika mereka masuk menjadi bagian dari keluarga atau mantan pacarnya. Penderita sindrom ini tidak akan rela jika idolanya di hina atau di kata-katai oleh orang lain.

2. Pembelian kompulsif

5 Penyakit Psikologis yang Banyak Diderita Fans Artis KPop Garis Kerasanxiety.org

Mungkin membeli album, aksesoris dan lain - lain yang berhubungan dengan sang idola merupakan hal yang sudah biasa. Namun lain cerita dengan penderita kecendrungan pembelian kompulsif. Biasanya fans yang seperti ini akan membeli barang dengan jumlah banyak secara terus-menerus, tanpa memikirkan resiko keuangan dan prilaku kompulsif ini sangat susah dikontrol. Contohnya membeli album, merchandise, aksesosris - aksesoris dan lain - lain tanpa memikirkan uang sakumu atau gajimu habis. Semu itu untuk membeli barang barang yang mungkin belum kamu butuhkan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jelas Penyakit Rabies yang Bukan Hanya dari Anjing

3. Delusi erotomania

5 Penyakit Psikologis yang Banyak Diderita Fans Artis KPop Garis Kerasquickmeme.com

Mungkin kita menyukai sang artis karena memang ia memiliki bakat, ketampanan dan lain-lain . Namun pernahkah kamu berpikir bahwa sang idola benar-benar menyukai kamu? Delusi Erotomania merupakan delusi atau keyakinan yang menganggap sang artis menyukai dirinya.

Dilansir dari hallosehat.com, penderita memiliki ciri (merasa) kurang menarik, menarik diri dari lingkungan dan penyendiri, serta jarang mengalami kontak seksual. Mungkin terdengar tidak masuk akal ya. Bahkan pada kasus tertentu, para fans penderita erotomania akan melakukan tindakan kekerasan kepada sang idola, dengan tujuan agar sang idola mengingat dirinya atau mengakui bukti cintanya.

4. Halusinasi berlebihan

5 Penyakit Psikologis yang Banyak Diderita Fans Artis KPop Garis Kerasmediamindbymink.com

Hampir sama dengan delusi, tapi halusinasi lebih kepada panca indera akibat pengaruh otak.

Fans yang mengalami ini biasanya meyakini bahwa ia merasa melihat sang idola atau mendengar suara sang idol, atau mungkin ia bisa meraba sang idolanya yang pastinya itu tidak nyata alias khayalannya aja. Terdengar aneh ya, tapi memang bisa terjadi. Jika kamu merasa mengalami halusinasi atau delusi cepat-cepat lah meminta bantuan ke psikolog, agar tidak semakin parah.

5. Werther effect

5 Penyakit Psikologis yang Banyak Diderita Fans Artis KPop Garis Kerasnationmultimedia.com

Masih ingat kasus bunuh diri salah satu personel boyband SHINee yang diikuti oleh fans dari indonesia? Fenomena ini disebut sebagai werther effect atau copycat suidical. Werther effect merupakan fenomena peniruan tindakan bunuh diri sesorang yang dianggap sebagai panutan, orang terdekat dan lain - lain. Karena para "fans" tersebut merasa depresi ditinggal oleh idolanya atau merasa memahami penderitaan sang idola, kemudian ia ingin menunjukkan kesetiaannya pada sang idol dengan cara tersebut.

Biasanya para peniru ini melakukan aksi bunuh dirinya dengan cara yang sama dengan sang idola. Dilansir dari word.kbs.co.kr, artis Choi jin-sil meninggal karena bunuh diri dengan menggantungkan leher dengan kain pembalut elastis di kamar mandi. Serta aktor Ahn jae-hwan yang bunuh diri dengan menghirup gas briket, kemudian dikuti oleh "fans" dengan cara yang sama.

5 Penyakit Psikologis yang Banyak Diderita Fans Artis KPop Garis Kerasmashable.com

Sebenarnya sah-sah saja jika kamu mengidolakan seseorang, tapi jangan sampai kamu terlalu terobsesi kepada sang idola sehingga merugikan kamu dan juga orang-orang di sekitarmu. Memang ini tidak hanya berlaku untuk KPopers, tapi untuk semua fans yang terlalu fanatik sampai bisa merugikan. Jika kamu merasa dari 5 penyakit ini ada di dalam diri kamu, segera konsultasikan ke psikiater atau ke psikolog.

Baca Juga: 5 Penyakit Berbahaya dari Tikus yang Bisa Menyebar ke Manusia

Asrizal Photo Writer Asrizal

saya hanya orang aneh yang menekuni dan menggemari psikologi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya