Comscore Tracker

Yuk, Intip 5 Keseruan Aksi Switch Off Earth Hour Surabaya 2019

Ada apa dengan switch off?

Earth Hour dikenal sebagai kampanye global terbesar di dunia. Diinisiasi oleh WWF, gerakan ini mengajak orang-orang di seluruh dunia untuk menyatakan kepeduliannya terhadap lingkungan. Cara memperingatinya yaitu dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik tak terpakai selama satu jam pada 20.30-21.30 waktu setempat.

Jadi bagian dari Earth Hour Global, Earth Hour Surabaya kembali turut berpartisipasi. Mengusung tema #Disconnect2Plastic, aksi tersebut dilaksanakan di Hotel Shangri-La Surabaya. Seperti apa keseruannya?

1. Antusiasme penonton saat disuguhi tari saman yang apik

Yuk, Intip 5 Keseruan Aksi Switch Off Earth Hour Surabaya 2019Earth Hour Surabaya/Natasha

Tarian tradisional asal dataran tinggi Gayo, Aceh ini disajikan oleh lima mahasiswa UINSA (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya) secara apik dan memukau. Penampilan pembuka ini mengundang cukup banyak pengunjung untuk merapat ke area panggung. Gerakannya yang dinamis dicampur dengan resital lagu berbahasa Aceh yang unik membuat tarian ini semakin menarik.

2. Adanya kuis dan photo challenge turut memeriahkan selebrasi

Yuk, Intip 5 Keseruan Aksi Switch Off Earth Hour Surabaya 2019Earth Hour Surabaya/Dita

Tak ketinggalan, adanya kuis dan photo challenge membuat aksi switch off semakin seru. Kuis tersebut berupa pertanyaan seputar Earth Hour, aksi switch off, dan kesan serta pesan para pengunjung. Salah satu pengunjung mengaku senang dapat turut hadir dalam aksi ini.

“Terkesan banget ikut acara ini karena ini benar-benar save earth banget. Gak boleh buang-buang listrik. Apalagi kita sebagai generasi Millennials harus pintar. Pintar dalam hal apa pun, termasuk dalam menjaga bumi kita,” ungkap Dewi salah satu pengunjung pemenang kuis. Photo challenge sendiri mengangkat tema keseluruhan aksi switch off yang diselenggarakan di Shangri-La Hotel.

Baca Juga: Earth Hour 2019: 7 Cara Sederhana Merayakannya Gerakan Ini di Rumah

3. Paling dinanti, countdown switch off jadi acara inti

Yuk, Intip 5 Keseruan Aksi Switch Off Earth Hour Surabaya 2019Earth Hour Surabaya/Sovia

Seperti tahun-tahun sebelumnya, countdown adalah acara inti yang paling dinanti. Meski tahun ini bertepatan dengan debat pilpres, tidak mengurangi semangat para peserta yang mengikuti aksi. Dipandu oleh Adriani Valianda Tobing, selaku koordinator dan lima Duta Earth Hour Surabaya, perlahan lampu dan alat elektronik yang tidak terpakai di tempat acara pun dimatikan.

Selanjutnya, penerangan hanya berasal dari sumbu kompor berbentuk instalasi 60+. Selama aksi switch off berlangsung, ada beberapa penampilan yang disuguhkan. Pertama, musikalisasi puisi oleh Matajari. Kemudian, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Pusaka yang menjadikan suasana haru seketika. Lalu, ada juga tiga komika Surabaya, yaitu Alfian, Mahareshi, dan Kevin yang mengubah suasana diiringi tawa.

4. Penampilan energik dari Six of Shuffle

Yuk, Intip 5 Keseruan Aksi Switch Off Earth Hour Surabaya 2019Earth Hour Surabaya/Tara

Penampilan tari ini membuat “melek” para pengunjung. Sampai-sampai, pengunjung tak sadar telah memasuki pukul 10 malam. Musik yang upbeat diiringi gerakan yang energik semakin membuat pengunjung ikut berjoget ria. Gerakan shuffle dance ini adalah tarian yang bermain dengan gerakan kaki dan tumit dengan gerakan yang cepat. Para shufflers (sebutan untuk penari shuffle) memainkan perannya dengan sangat atraktif.

5. Nyanyi bareng Duta Earth Hour Surabaya 2019

Yuk, Intip 5 Keseruan Aksi Switch Off Earth Hour Surabaya 2019Earth Hour Surabaya/Dita

Aksi ditutup dengan permainan akustik Dinovrd yang diiringi alunan suara merdu milik Duta Earth Hour Surabaya 2019, Soraya Ghyna Adani. Ini jadi sesi pelengkap penutupan aksi switch off. Ia juga mengajak pengunjung untuk bernyanyi lewat lagu-lagu yang dengan tempo slow dan lirik galau. Pengunjung pun kompak bernyanyi.

Nah, itu tadi keseruan aksi Earth Hour 2019. Jangan hanya dijadikan sebagai selebrasi, ya. Terapkan juga dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari diri sendiri, selanjutnya orang lain akan perlahan mengikuti. Sudah siapkah kamu melakukannya?

Baca Juga: 5 Cara #Connect2Earth ala Abibayu, “Si Duta Earth Hour Centang Biru”

Dita Annisa Putri Photo Writer Dita Annisa Putri

Plant based enthusiast. Punya hobi masak, buat kue, dengerin lagu, dan membaca.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya