Comscore Tracker

5 Fakta Ansu Fati, Pencetak Gol Termuda di Liga Champions

Calon bintang masa depan Barcelona

Ansu Fati menjadi pahlawan kemenangan 1-2 Barcelona atas Inter Milan pada laga terakhir fase grup Liga Champions. Satu golnya tersebut memiliki banyak arti untuk pemain yang baru berusia 17 tahun tersebut.

Ia digadang-gadang sebagai calon bintang baru Barcelona di masa depan. Hal tersebut sudah dibuktikannya di musim ini dengan tampil impresif bagi Blaugrana. Untuk mengenal lebih dekat, berikut ini lima fakta menarik sang pemain.

1. Pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Champions

5 Fakta Ansu Fati, Pencetak Gol Termuda di Liga Championsfcbarcelona.com

Ansu Fati memulai laga dari bangku cadangan saat Barcelona bertandang ke Giuseppe Meazza di lanjutan fase grup Liga Champions.  Ia baru diturunkan Valverde pada menit ke-85. Luar biasanya, ia hanya butuh semenit untuk bisa mencetak gol kemenangan Barcelona. 

Gol tersebut menjadi gol perdananya di Liga Champions, sekaligus pecahkan rekor yang telah bertahan selama 22 tahun. Gol tersebut ia torehkan pada usia 17 tahun 40 hari, mengalahkan rekor Peter Ofori -Quare yang tercatat pada usia 17 tahun 195 hari kala cetak gol di Liga Champions.

2. Produk asli La Masia

5 Fakta Ansu Fati, Pencetak Gol Termuda di Liga Championsfcbarcelona.com

Ansu Fati awalnya menimba ilmu sepak bola di akademi Sevilla. Namun pada tahun 2012 ia memutuskan pindah menuju akademi miliki Barcelona, La Masia. Ia menimba ilmu selama empat tahun sebelum membela Barcelona U-17, U18 dan U19.

Tampil apik, musim ini ia langsung direkomendasikan untuk masuk tim senior. Performanya pun cukup memuaskan dengan mencetak tiga gol dari 12 laga di semua ajang.

3. Hampir meninggalkan Barcelona

5 Fakta Ansu Fati, Pencetak Gol Termuda di Liga Champions.fcbarcelonanoticias.com

Kontrak Ansu Fati sebenarnya hampir berakhir musim panas ini. Dia dan ayahnya diyakini frustrasi dengan kurangnya kemajuan di Camp Nou. Namun sang ayah merasa Fati pantas dipercepat menuju tim senior, dan Barcelona akhirnya setuju.

Saat itu dia nyaris saja meninggalkan Barcelona, dimana Borussia Dortmund, Manchester United dan Newcastle United semua tertarik untuk merekrutnya.

Baca Juga: Tampil Impresif, Barcelona Akan Ikat Ansu Fati dengan Kontrak Baru

4. Baru saja memperpanjang kontrak dengan Barcelona

5 Fakta Ansu Fati, Pencetak Gol Termuda di Liga Championsuefa.com

Sadar pemainnya ini memiliki potensi besar dan bisa menarik ketertarikan klun lain, Barcelona langsung bergerak dengan memberikan perpanjangan kontrak baru-baru ini. Ia diberikan kontrak tiga tahun hingga 2022 dengan opsi pertambahan kontrak dua tahun.

Sang pemain sendiri mendapatkan kenaikan gaji yang cukup signifikan dalam kontrak barunya tersebut. Namun yang menarik adalah nilai klausul pelepasannya yang fantastis. ia dibanderol Barcelona dengan harga 170 juta paunn ((Rp2,7 triliun).

5. Kisah unik sepatu butut

5 Fakta Ansu Fati, Pencetak Gol Termuda di Liga Championssport-english.com

Ansu Fati merupakan pemain berdarah Guinea - Bissau yang lahir bukan dari keluarga kaya raya. Ia memiliki kisah unik saat bergabung dengan tim muda Barcelona yang dilatih Victor Valdes kala itu.

Saat itu Ansu Fati bermain hanya dengan sepatu butut miliknya. Victor Valdes kemudian berinisiatif untuk membelikan sepatu baru bagi sang pemain, yang akan berkompetisi di Rusia.

Itulah beberapa fakta menarik sang calon bintang Barcelona, Ansu Fati.

Source:

https://www.transfermarkt.com/ansu-fati/profil/spieler/466810

https://www.90min.com/posts/6441348-ansu-fati-7-things-to-know-about-the-latest-barcelona-wonderkid-after-his-la-liga-debut

https://www.goal.com/en-cm/news/fati-becomes-youngest-ever-champions-league-goalscorer-in/1pfsjpq8agv9t1i0qpc3wiws9e

https://www.goal.com/en-za/news/ansu-fati-signs-contract-extension-at-barca-which-includes/1jqv1n9jp5hy1c12unht4wrny

Baca Juga: Mekar Mewangi Ansu Fati

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You