Nasib Pemain yang Mewarisi Nomor Punggung 5 Zidane di Real Madrid

Diwarisi nama-nama top

Nomor punggung 5 biasanya identik dengan pemain yang berposisi sebagai bek. Franz Beckenbauer, Carles Puyol, dan Rio Ferdinand merupakan nama besar yang identik dengan nomor tersebut.

Meski begitu, Zinedine Zidane yang berposisi sebagai playmaker mengenakannya selama 5 musim berkiprah di Santiago Bernabeu. Setelahnya, sejumlah nama top pernah mewarisi nomor peninggalan Zizou kala membela Real Madrid.

1. Fabio Cannavaro (2006— 2009)

Nasib Pemain yang Mewarisi Nomor Punggung 5 Zidane di Real MadridFabio Cannavaro dan rekan-rekannya melakukan selebrasi. (twitter.com/ChampionsLeague)

Usai Zidane memutuskan pensiun, nomor punggung 5 langsung diwarisi oleh Fabio Cannavaro yang menyabet gelar Ballon d'Or 2006. Sang pemain tak asing dengan nomor tersebut karena memakainya di tim nasional Italia. Selama 3 musim berkostum Real Madrid, Cannavaro mampu mengemas 118 laga dan sukses mempersembahkan 2 gelar LaLiga serta 1 Piala Super Spanyol.

Seperti halnya Zidane, selepas pensiun Cannavaro juga melanjutkan kariernya di dunia kepelatihan. Pria berusia 48 tahun itu kini tengah menunggu tawaran dari klub Eropa. Sebelumnya, ia sukses mempersembahkan 2 gelar bergengsi untuk Guangzhou Evergrande selama 5 musim membesut klub asal China itu.

2. Fernando Gago (2009—2011)

Nasib Pemain yang Mewarisi Nomor Punggung 5 Zidane di Real MadridFernando Gago tampil berkostum Real Madrid. (marca.com)

Fernando Gago didatangkan pada transfer musim dingin 2007 bersama Gonzalo Higuain dan Marcelo. Ia diboyong dari Boca Juniors dengan tebusan Rp356 miliar.

Eks gelandang bertahan timnas Argentina itu baru mengenakan nomor punggung 5 pada musim ketiganya di Santiago Bernabeu. Awalnya, ia mampu menjadi gelandang bertahan andalan klub tersebut, tetapi rentetan cedera membuat performanya menurun.

Selama 4,5 musim berseragam Real Madrid, Gago mampu mencatatkan 121 laga dengan torehan 1 gol dan 13 assist. Selain itu, ia sukses mempersembahkan 2 LaLiga, 1 Piala Spanyol, dan 1 Piala Super Spanyol. Kini, pria berusia 35 tahun itu menjabat sebagai pelatih Racing Club yang berkiprah di Divisi Utama Argentina.

3. Nuri Sahin (2011/2012)

Nasib Pemain yang Mewarisi Nomor Punggung 5 Zidane di Real MadridNuri Sahin tampil berkostum Real Madrid. (marca.com)

Usai mengantarkan Borussia Dortmund menjuarai Bundesliga, Nuri Sahin direkrut Real Madrid dengan mahar Rp174 miliar. Ia langsung memilih nomor 5 yang baru ditanggalkan Fernando Gago.

Sayangnya, ia gagal memenuhi ekspektasi publik Santiago Bernabeu dan hanya mampu mengemas 1 gol dan 1 assist dari 10 laga pada 2011/2012. Setelahnya, ia dipinjamkan ke Liverpool dan akhirnya dipermanenkan Borussia Dortmund pada 2014. Kini, ia menjabat sebagai pemain merangkap pelatih Antalyaspor yang berlaga di Super Lig Turki.

Baca Juga: Nasib 14 Pemain yang Mewarisi Nomor Punggung 30 Messi di Barcelona

4. Fabio Coentrao (2012— 2015)

Nasib Pemain yang Mewarisi Nomor Punggung 5 Zidane di Real MadridFabio Coentrao saat berkostum Real Madrid. (sportskeeda.com)

Fabio Coentrao mulai akrab dengan nomor punggung 5 sejak membela tim nasional Portugal. Ketika mendarat di Real Madrid pada 2011/2012, ia terlebih dahulu mengenakan nomor 15. Setelah kepergian Nuri Sahin barulah ia mewarisi nomor tersebut.

Pada masa kepelatihan Jose Mourinho dan Carlo Ancelotti, ia mendapat porsi bermain yang cukup banyak karena saling bergantian mengisi posisi fullback kiri dengan Marcelo. Namun, ketika kursi pelatih beralih ke tangan Zinedine Zidane, masa depan Coentrao di Santiago Bernabeu jadi makin tak pasti.

Setelah dipinjamkan ke Monaco dan Sporting CP, ia akhirnya dilepas ke Rio Ave secara cuma-cuma. Pada 1 Juli 2021 lalu, pria berusia 33 tahun itu memutuskan gantung sepatu.

5. Raphael Varane (2016—2021)

Nasib Pemain yang Mewarisi Nomor Punggung 5 Zidane di Real MadridRaphael Varane tampil berkostum Real Madrid. (twitter.com/raphaelvarane)

Raphael Varane diboyong dari Lens pada 1 Juli 2011 dengan mahar Rp191 miliar. Awalnya, ia diserahi nomor 19 (2011/2012) dan 2 (2012—2016) sebelum akhirnya memilih nomor 5 sejak 2016/2017.

Selama 10 musim berseragam Real Madrid, bek timnas Prancis itu mengemas 360 laga dengan torehan 17 gol dan 7 assist. Selain itu, prestasinya sangat mentereng, ia sukses mempersembahkan delapan gelar bergengsi untuk Los Blancos. Pada 14 Agustus 2021, bek berusia 28 tahun itu mengakhiri masa baktinya di Santiago Bernabeu dan hijrah ke Old Trafford dengan tebusan Rp695 miliar.

6. Jesus Vallejo (2021— sekarang)

Nasib Pemain yang Mewarisi Nomor Punggung 5 Zidane di Real MadridJesus Vallejo bersama medali dan trofi Piala Super Spanyol. (twitter.com/JesusVallejo)

Pada 31 Juli 2015 silam, Real Madrid merekrut Jesus Vallejo dari Real Zaragoza dengan mahar Rp87 miliar. Namun, karena berjubelnya pemain berkualitas di lini belakang, ia terlebih dahulu menjalani masa peminjaman di Real Zaragoza, Eintracht Frankfurt, Wolverhampton Wanderers, dan Granada.

Sempat jadi pelapis pada 2017—2019, hingga kini bek berusia 25 tahun itu telah mengemas 22 laga. Sayangnya, meski namanya kembali menghiasi skuad utama Los Blancos 2021/2022 ini dan dipercaya mewarisi nomor punggung yang ditinggalkan Varane, ia masih kesulitan mendapatkan menit bermain. Carlo Ancelotti baru menurunkannya dalam 2 pertandingan dengan akumulasi waktu bermain 11 menit.

Fabio Cannavaro dan Raphael Varane berhasil tampil gemilang setelah mewarisi nomor peninggalan Zidane. Akankah Jesus Vallejo mampu bangkit dan jadi pemain andalan di lini belakang Real Madrid?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Mewarisi Nomor Punggung Keramat di Musim 2021/2022

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Makasih banyak editorial team IDNTimes udah bikin tulisanku jadi makin keren. From: Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya