Comscore Tracker

7 Hal Yang Perlu Kamu Beli Juga saat Membeli Laptop Baru

Untuk menyempurnakan pengalaman menggunakan laptop

Sebagai perangkat yang portabel, tak heran jika laptop kini banyak dibeli sebagai alternatif PC. Ketika membeli laptop baru, ada baiknya untuk juga membeli perangkat atau item tambahan guna memaksimalkan laptop itu sendiri.

Beberapa di antaranya dapat membantu menjaga laptop agar tetap awet, sementara yang lain dapat meningkatkan keamanan sekaligus performa laptop. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu beli juga ketika membeli laptop baru.

1. Penyimpanan eksternal

7 Hal Yang Perlu Kamu Beli Juga saat Membeli Laptop Baruilustrasi penyimpanan eksternal (ubackup.com)

Membeli penyimpanan tambahan seperti hard disk eksternal sangat disarankan, meski laptop yang baru saja kamu beli memiliki penyimpanan internal dengan kapasitas yang tidak sedikit.

Pertama, penyimpanan eksternal membantu menghemat penyimpanan internal. Kedua, data yang disimpan di penyimpanan eksternal bakal aman apabila ada virus atau malware yang menyerang laptop kamu.

Selain itu, melalui penyimpanan eksternal kamu bisa dengan mudah membawa file berukuran besar tanpa harus membawa laptop itu sendiri.

2. Cooling pad

7 Hal Yang Perlu Kamu Beli Juga saat Membeli Laptop Baruilustrasi cooling pad (creativebloq.com)

Laptop bisa dengan mudah mengalami overheat, terlebih apabila digunakan dalam jangka waktu lama dan untuk aktivitas yang berat seperti bermain game. Selain membuat tidak nyaman karena panas yang dihasilkan, overheat juga bisa memperpendek usia komponen internal laptop.

Karenanya, alangkah baiknya untuk membeli cooling pad yang dapat membantu mendinginkan suhu laptop dan memastikan jika laptop tetap berada di suhu yang aman dan stabil.

3. USB Hub

7 Hal Yang Perlu Kamu Beli Juga saat Membeli Laptop Baruilustrasi USB Hub (thewirecutter.com)

Sebagian besar laptop saat ini memang telah dilengkapi dengan beragam port dalam jumlah yang banyak, tetapi tetap terasa tidak cukup bagi beberapa orang, terutama orang-orang yang menggunakan banyak aksesori laptop yang notabene harus terhubung via port.

Jika kamu termasuk, maka disarankan untuk membeli USB Hub yang memungkinkanmu untuk mendapatkan lebih banyak port USB di laptop kamu. Selain untuk menghubungkan banyak aksesori sekaligus, kehadiran USB Hub juga mempermudah proses mengirim file ke banyak penyimpanan eksternal dalam sekali waktu.

Baca Juga: Compact, Ini 7 Laptop dengan Ukuran Mini Terbaik Tahun 2022

4. Webcam eksternal

7 Hal Yang Perlu Kamu Beli Juga saat Membeli Laptop Baruilustrasi webcam eksternal (pcmag.com)

Dengan pendekatan work-from-home atau bekerja dari rumah masih diterapkan oleh beberapa perusahaan hingga saat ini, kebutuhan akan webcam menjadi lebih tinggi dari biasanya.

Webcam bawaan dari laptop umumnya sangat standar dengan fitur yang tidak banyak, sehingga dibutuhkan webcam eksternal jika ingin mendapatkan field-of-view lebih luas, resolusi lebih tinggi, dan kemampuan untuk bisa tetap terlihat tajam ketika digunakan di ruangan atau tempat yang minim pencahayaan.

5. Aksesori untuk mencegah kerusakan fisik

7 Hal Yang Perlu Kamu Beli Juga saat Membeli Laptop Baruilustrasi aksesoris untuk cegah kerusakan fisik (ingeniovirtual.com)

Jika laptop yang kamu beli hanya digunakan di rumah saja, maka tidak ada keharusan untuk membeli aksesori keamanan fisik. Namun, jika laptop tersebut sering kamu bawa keluar, maka ada baiknya untuk menginvestasikan sedikit uang untuk membeli aksesori yang dapat mencegah kerusakan fisik.

Beberapa yang paling umum adalah screen protector untuk mencegah layar dari goresan dan keyboard protector untuk memastikan tidak ada debu atau kotoran kecil yang masuk ke sela-sela kibor.

6. Kibor dan mouse eksternal

7 Hal Yang Perlu Kamu Beli Juga saat Membeli Laptop Baruilustrasi keyboard dan mouse eksternal (reviewed.com)

Kibor dan mouse eksternal menjadi dua aksesori penting yang disarankan untuk dibeli apabila laptop baru yang kamu beli ingin digunakan untuk bermain game. Bermain game menggunakan kibor dan touchpad bawaan laptop sejatinya bisa dilakukan, tetapi tidak disarankan untuk jangka panjang.

Karenanya, alangkah baiknya untuk meminang kibor dan mouse eksternal sebagai alternatif. Selain lebih nyaman, kedua aksesori tersebut juga dapat memperpanjang usia kibor dan touchpad bawaan laptop kamu.

7. Aksesori pembersih

7 Hal Yang Perlu Kamu Beli Juga saat Membeli Laptop Baruilustrasi aksesoris pembersih (ingeniovirtual.com)

Membersihkan laptop secara rutin sangat disarankan guna mencegah debu untuk masuk ke dalam laptop dan mengganggu komponen yang ada di dalamnya.

Tidak hanya dapat meningkatkan performa laptop secara tidak langsung, rutin membersihkan laptop secara mandiri juga dapat membantu kamu menghemat biaya perbaikan di kemudian hari.

Beberapa aksesori pembersih yang bisa kamu beli adalah kain microfiber untuk membersihkan bodi laptop, yang di sisi lain tetap aman karena halus. Tambahan lainnya adalah semprotan pembersih untuk menjaga layar laptop agar tetap kinclong.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa aksesori yang perlu dibeli juga ketika membeli laptop baru. Ada saran aksesori lain yang menurutmu juga harus dibeli saat membeli laptop baru?

Baca Juga: 7 Software untuk Bantu Mengetahui Kondisi Baterai Laptop

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya