Comscore Tracker

7 Tablet Berbasis Windows Terbaik di 2020, Berkualitas Tinggi!

Cocok untuk user Windows namun ingin portabilitas tinggi

Jika kamu membutuhkan perangkat yang ringan dan portabel untuk bisa terus diajak produktif di mana saja, tidak ada pilihan terbaik selain tablet. Tablet bisa disebut sebagai smartphone dengan layar besar yang secara fungsi bisa menggantikan atau menjadi alternatif bagi laptop.

Sementara iPadOS dan Android mendominasi pasar tablet, tidak semua tablet dibekali dengan dua sistem operasi populer itu. Faktanya, tidak sedikit tablet yang berjalan di sistem operasi Windows 10 dan mampu memberikan fleksibilitas layaknya menggunakan laptop. Berikut beberapa tablet berbasis Windows terbaik di 2020.

1. Microsoft Surface Book 3

7 Tablet Berbasis Windows Terbaik di 2020, Berkualitas Tinggi!cnet.com

Surface Book 3 yang dirilis bulan Mei silam, merupakan langkah terbaru Microsoft dalam menawarkan perangkat 2-in-1. Sementara perangkat Surface lain seperti Surface Go 2 dan Surface Pro 7 berubah sepenuhnya menjadi laptop tradisional, Surface Book 3 masih tetap setia pada desain tablet dengan ekstra keyboard yang opsional.

Surface Book 3 hadir dengan layar 15 inci beresolusi 3240 x 2160 dan ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 generasi ke-10, RAM hingga 32GB dan penyimpanan hingga 2TB. Build quality dari tablet ini tergolong juara dan baterainya bisa bertahan hingga 16 jam.

2. Lenovo Yoga C940

7 Tablet Berbasis Windows Terbaik di 2020, Berkualitas Tinggi!laptopmag.com

Lini produk Yoga dari Lenovo telah menjadi pilihan populer di kalangan penggemar laptop dengan fungsionalitas tablet, dan yang terbaru yaitu C940 tidak jauh berbeda. Tidak seperti Surface Book 3, layar 14 inci beresolusi 4K dari Yoga C940 tidak bisa dilepas.

Kendati demikian, Yoga C940 telah mengusung desain lipat dengan engsel 360 derajat yang bisa diputar. Untuk spesifikasi sendiri, prosesor Intel Core i7 generasi ke-10 dipercaya sebagai dapur pacu utama, didukung oleh RAM 12GB, penyimpanan 1TB dan baterai dengan daya tahan mencapai 11 jam.

3. Dell Latitude 7220 Rugged Extreme

7 Tablet Berbasis Windows Terbaik di 2020, Berkualitas Tinggi!pcmag.com

Dell Latitude 7220 Rugged Extreme merupakan suksesor dari Latitude 7212 Rugged Extreme yang cukup populer. Dengan spesifikasi baru yang diusung, ketenaran tablet berbasis Windows nampaknya akan sama seperti pendahulunya. Sementara prosesor Intel Core i7 generasi ke-8, RAM 16GB dan penyimpanan 2TB-nya impresif, desain tahan banting menjadi nilai unik dari tablet ini.

Latitude 7220 Rugged Extreme memiliki rating IP65 untuk tahan cipratan air/debu, dan bisa bertahan di suhu -28 derajat Celcius hingga 65 derajat Celcius. Plus, ini juga dibekali dengan bumper di sekitar layar 11,6 inci FHD-nya.

Baca Juga: 7 Laptop Terbaik dengan Layar Touchscreen, Bisa Jadi Tablet!

4. Microsoft Surface Pro X

7 Tablet Berbasis Windows Terbaik di 2020, Berkualitas Tinggi!techradar.com

Surface Pro X menandai perubahan signifikan dari lini Surface di mana ini menjadi tablet pertama yang ditenagai dengan prosesor ARM buatan Microsoft sendiri. Berkolaborasi dengan Qualcomm, prosesor yang digunakan merupakan versi kustomisasi dari Snapdragon 8cx Gen 2 dan eksklusif untuk Surface Pro X.

Microsoft menyebut bahwa otak pemrosesan baru ini lebih efisien di sisi daya, meningkatkan daya tahan baterai dan punya modem 4G LTE bawaan. Untuk lain-lain, Surface Pro X dibekali dengan layar 13 inci beresolusi 2,880 x 1920, RAM 16GB dan penyimpanan 512GB.

5. Microsoft Surface Pro 7

7 Tablet Berbasis Windows Terbaik di 2020, Berkualitas Tinggi!cnet.com

Microsoft Surface Pro 7 menawarkan spesifikasi semewah laptop dalam bentuk tablet, membuatnya jadi opsi sempurna untuk mereka yang butuh tablet berkelas. Tidak seperti Surface Pro X di poin sebelumnya, Surface Pro 7 dipersenjatai oleh prosesor dari Intel, tepatnya Core i7 generasi ke-10.

Itu dibantu oleh RAM 16GB dan penyimpanan 1TB. Baterainya cukup awet dengan daya tahan 10,5 jam dan layarnya punya ukuran 12,3 inci dengan resolusi 2736 x 1824. Ini masih mempertahankan headphone jack, di samping telah mendukung Wi-Fi 6.

6. Microsoft Surface Go 2

7 Tablet Berbasis Windows Terbaik di 2020, Berkualitas Tinggi!ign.com

Microsoft Surface Go 2 merupakan produk terbaru dari seri Surface Go yang dikenal paling ekonomis. Ini lebih murah dari seri Surface Pro dan tidak begitu tangguh. Surface Go 2 mengandalkan prosesor Intel Core m3 generasi ke-8 sebagai dapur utama, bersama dengan RAM 8GB dan penyimpanan 256GB.

Di samping layar 10,5 inci beresolusi FHD, ini juga memiliki baterai dengan daya tahan hingga 10 jam. Penyimpanan internalnya bisa diekspansi dengan penyimpanan eksternal dan terdapat speaker stereo 2W dengan dukungan Dolby Audio.

7. Lenovo ThinkPad X1 Tablet

7 Tablet Berbasis Windows Terbaik di 2020, Berkualitas Tinggi!techradar.com

ThinkPad merupakan lini laptop bisnis dari Lenovo yang popularitasnya tidak perlu diragukan lagi. X1 menjadi generasi terbarunya, dengan X1 Tablet jadi yang menawarkan fleksibilitas tinggi dengan desain fungsionalitas alternatif sebagai tablet. Ini dirancang untuk bisa bersaing dengan lini Surface dari Microsoft di segi spesifikasi.

Tablet dengan layar 13 inci beresolusi 3K ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i5 generasi ke-8, RAM 8GB dan penyimpanan 256GB. ThinkPad X1 Tablet masih memiliki keyboard (yang sayangnya tidak bisa dilepas) dengan TrackPoint untuk kontrol lebih mudah.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi tablet berbasis Windows terbaik di 2020. Tertarik dengan salah satu tablet di atas?

Baca Juga: Murah Kece, 7 Tablet Terbaik 2020 Harga di Bawah Rp5 Juta

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya