Comscore Tracker

6 Hardware Penyimpanan Data yang Harus Kamu Tahu! 

Ternyata ada banyak jenis perangkat penyimpanan data

Seiring perkembangan zaman, ukuran data dan informasi digital terus membesar. Dewasa ini kita pun dapat dengan mudah menemukan aplikasi atau media tertentu yang memiliki ukuran data hingga puluhan gigabyte.

Tentunya kita memerlukan perangkat penyimpanan data yang dapat bekerja secara efisien dan sesuai kebutuhan. Pada artikel kali ini, penulis mengulas berbagai macam hardware penyimpanan data. Mulai dari hardware penyimpanan data yang mementingkan ukuran penyimpanan hingga kecepatan. Langsung simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Hard Disk Drive (HDD) 

6 Hardware Penyimpanan Data yang Harus Kamu Tahu! ilustrasi penyimpanan HDD (Pixabay.com/Public Domain Pictures)

Hard Disk Drive atau biasa disebut HDD adalah perangkat penyimpanan data yang paling umum di masa kini. HDD merupakan tipe penyimpanan non-volatile. Artinya, HDD dapat menyimpan data sekalipun tidak terhubung dengan sumber listrik (keadaan mati). Saat ini HDD sering digunakan sebagai penyimpanan komputer dan juga laptop.

HDD memiliki piringan berputar dengan lapisan magnetik tipis di dalamnya. Nantinya, sebuah alat akan bergerak di atas piringan dan menuliskan angka 0 dan 1 sebesar luas magnetik utara dan selatan pada piringan. HDD modern dapat menyimpan hingga lebih dari 1 triliun nilai 0 atau 1 untuk setiap piringannya.

Keunggulan dari HDD adalah harganya yang murah untuk penyimpanan data besar. Hal ini lantaran HDD sudah diproduksi secara massal sejak lama sehingga ongkos produksinya juga telah menurun seiring waktu.

2. SATA Solid State Drive (SATA SSD)

6 Hardware Penyimpanan Data yang Harus Kamu Tahu! ilustrasi penyimpanan SATA SSD (Unsplash.com/Erik Werlin)

Perangkat selanjutnya adalah SATA Solid State Drive atau SATA SSD. Perangkat ini mulai populer di berbagai belahan dunia karena prosesnya yang jauh lebih cepat dibandingkan HDD. Meski begitu, untuk ukuran data yang sama dengan HDD, SSD biasanya memiliki harga yang lebih mahal.

Berbeda dengan HDD yang menggunakan piringan berputar, SATA SSD bekerja dengan menggunakan NAND Flash. NAND sendiri disebut sebagai floating gate transistors (gerbang transistor mengambang). Sebagaimana HDD, NAND Flash pada SATA SSD juga dapat menyimpan data sekalipun tidak terhubung dengan sumber tenaga. Hal ini membuat SATA SSD menjadi perangkat penyimpanan data non-volatile.

3. Solid State Hybrid Drive (SSHD)

6 Hardware Penyimpanan Data yang Harus Kamu Tahu! ilustrasi penyimpanan SSHD (Flickr.com/Sinchen Lin)

Selanjutnya ada Solid State Hybrid Drive atau biasa disingkat SSHD. SSHD memiliki cara kerja gabungan dari HDD dan SSD. Hal ini membuat SSHD bisa memiliki kecepatan yang cukup cepat dengan biaya produksi yang masih tergolong murah. SSHD dapat digunakan di komputer dan laptop sebagaimana HDD dan SATA SSD.

Umumnya, SSHD dipilih apabila pengguna menginginkan penyimpanan besar dengan kecepatan cepat dengan bujet terbatas. SSHD yang beredar di pasaran tidak terlalu banyak. Hal ini disebabkan produsen lebih memilih mengembangkan SSD yang diperkirakan akan menjadi masa depan penyimpanan data.

Baca Juga: 5 Harddisk Eksternal Terbaik untuk Penyimpanan Foto dan Video

4. NVME Solid State Drive (NVME SSD)

6 Hardware Penyimpanan Data yang Harus Kamu Tahu! ilustrasi penyimpanan NVME SSD (Flickr.com/steamXO)

Kemudian, ada NVME Solid State Drive atau biasa disingkat NVME SSD. NVME SSD merupakan teknologi generasi selanjutnya (next generation technology) dari SSD tradisional. Dengan teknologi NVME, SSD dapat dipasangi pada slot PCIE motherboard sehingga tidak memakan ruang besar.

Dengan menggabungkan teknologi NVME beserta NAND, bukan hanya ukuran ruang saja yang diperkecil, tetapi kecepatan SSD dapat meningkat hingga berkali-kali lipat dibandingkan SATA SSD. Hal ini disebabkan NVME SSD dapat terhubung langsung dengan motherboard komputer atau laptop tanpa perlu disambungkan oleh kabel.

Saat ini, banyak motherboard yang sudah mendukung penggunaan NVME SSD. Kekurangan dari NVME SSD adalah harganya yang masih cukup mahal jika dibandingkan perangkat penyimpanan data lainnya.

5. Flash Drive

6 Hardware Penyimpanan Data yang Harus Kamu Tahu! ilustrasi penyimpanan Flash Drive (Pexels.com/Get Lost Mike)

Flash Drive berbeda dengan penyimpanan lainnya. Didesain untuk menjadi perangkat penyimpanan portabel dan dapat dibawa ke berbagai tempat. Flash Drive tersusun atas flash memory dan juga Universal Serial Bus (USB) yang terintegrasi. Hal ini memungkinkan Flash Drive bisa dicolok dengan mudah tanpa memerlukan kabel.

Flash Drive biasanya digunakan sebagai penyimpanan data eksternal. Saat ini, Flash Drive sudah berkembang sehingga kecepatan dan ukurannya mampu menyaingi SSD ataupun HDD. Dengan berkembangnya teknologi USB 3.2, kecepatan Flash Drive sebagai perangkat portabel pun sudah meningkat pesat.

6. Secure Digital Memory Card (SD Card)

6 Hardware Penyimpanan Data yang Harus Kamu Tahu! ilustrasi penyimpanan SD Card (Unsplash.com/Supratik Deshmukh)

Jenis penyimpanan data terakhir yang dibahas adalah Secure Digital Memory Card. SD Card merupakan jenis penyimpanan data yang lazim digunakan pada kamera, smartphone, dan perangkat-perangkat portabel lainnya. Hal ini disebabkan ukuran SD Card yang sangat kecil dan tipis sehingga sangat mudah untuk dibawa ke berbagai tempat.

SD Card memiliki NAND Flash seperti SSD. SD Card juga memiliki sistem write protection sehingga dapat mencegah kehilangan data. Ukuran data yang dimiliki SD card pun sudah mulai meningkat sebab kebutuhan industri yang juga terus muncul setiap tahunnya.

Seperti yang telah diulas, ada banyak pilihan penyimpanan data yang bisa dimanfaatkan. Tentunya setiap orang memiliki preferensi tersendiri mengenai hardware apa yang lebih ideal untuk digunakan menyimpan data, entah itu dari faktor kecepatan, ukuran penyimpanan, atau faktor lainnya. Hal terpenting yang harus diingat adalah setiap perangkat tentu memiliki keunggulannya masing-masing.

Baca Juga: Rekomendasi Hard Disk Eksternal 1TB, Harganya Mulai Rp600 Ribuan

Arifsani Amirrul Rasyidhin Photo Writer Arifsani Amirrul Rasyidhin

Masih dalam proses belajar menulis dan bertukar pengetahuan dengan orang lain ! Terbuka dengan kritik dan saran !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya