Comscore Tracker

Xiaomi Pad 5 Vs. Oppo Pad, Duel Tablet Gaming Murah Terbaik!

Harga memang sama, tetapi spesifikasi berbeda

Oppo Pad dan Xiaomi Pad 5 adalah rekomendasi tablet gaming murah terbaik di kelas high-end. Keduanya memiliki harga yang tidak terpaut jauh, menawarkan spesifikasi mesin yang tinggi, dan fitur yang lengkap. Meski demikian, Oppo Pad dan Xiaomi Pad 5 tetap memiliki perbedaan spesifikasi di berbagai sektor.

Lantas, siapakah yang terbaik? Buat kamu yang penasaran, simak rangkuman ulasan dari duel spesifikasi Oppo Pad dan Xiaomi Pad 5 lewat artikel berikut, yuk!

1. Desain hampir sama, kamu mungkin kesulitan membedakan antar keduanya

Xiaomi Pad 5 Vs. Oppo Pad, Duel Tablet Gaming Murah Terbaik!potret Oppo Pad (xatakandroid.com)

Dari sektor desain, keduanya tidak memiliki banyak perbedaan. Apalagi jika dilihat dari depan, kamu pasti kesulitan menembak mana yang Oppo Pad atau Xiaomi Pad 5. Perbedaan justru terlihat dari bagian belakang, di mana Oppo Pad tampil lebih cantik dengan gradasi warna unik di sisi kamera.

Oppo Pad dan Xiaomi Pad 5 memiliki ukuran dan ketebalan bodi yang berbeda. Dalam hal ini, Xiaomi Pad 5 berukuran lebih besar dan lebih tipis. Dimensi Oppo Pad adalah 252,2 x 163,8 x 7,1 mm. Sedangkan dimensi Xiaomi Pad 5 adalah 254,7 x 166,3 x 6,9 mm.

Jika diperhatikan, dari tampilan desain, Oppo Pad dan Xiaomi Pad 5 memang tidak memiliki banyak perbedaan. Bagaimana menurutmu?

2. Performa mesin sama-sama ditenagai prosesor Snapdragon

Xiaomi Pad 5 Vs. Oppo Pad, Duel Tablet Gaming Murah Terbaik!potret chipset Xiaomi Pad 5 (mobile.mi.co.id)

Bagaimana dengan spesifikasi mesin? Oppo Pad dan Xiaomi Pad 5 sama-sama menggunakan chipset Qualcomm. Namun, seri chipset yang dipakai ternyata berbeda. Alhasil, performa kedua tablet tersebut juga berbeda.

Lantas, siapakah yang lebih powerful? Agar lebih mudah dipahami, simaklah spesifikasi mesin Oppo Pad dan Xiaomi Pad 5 di bawah ini:

Oppo Pad

  • Chipset: Snapdragon 870 5G (7 nm);
  • Memori: 128GB, 256GB;
  • RAM: 6GB, 8GB;
  • OS: Android 11, ColorOS 12;
  • AnTuTu Benchmark: 719 ribu.

Xiaomi Pad 5

  • Chipset: Snapdragon 860 (7 nm);
  • Memori: 128GB, 256GB;
  • RAM: 6GB;
  • OS: Android 12, MIUI 13;
  • AnTuTu Benchmark: 575 ribu.

Dari perbandingan spesifikasi mesin di atas, dapat disimpulkan bahwa Oppo Pad lebih powerful ketimbang Xiaomi Pad 5. Namun, Oppo Pad sendiri masih menggunakan sistem operasi Android 11.

3. Xiaomi Pad 5 disinyalir lebih unggul dari segi layar

Xiaomi Pad 5 Vs. Oppo Pad, Duel Tablet Gaming Murah Terbaik!potret layar Oppo Pad (xiaomitoday.com)

Pada spesifikasi layar, keduanya juga memiliki banyak perbedaan. Dalam hal ini, Xiaomi Pad 5 lebih unggul ketimbang Oppo Pad. Ukuran bezel keduanya juga memiliki perbedaan. Oppo Pad memiliki rasio screen-to-body 84,9 persen dan Xiaomi Pad 5 memiliki rasio screen-to-body 82,8 persen.

Agar lebih mudah dipahami, berikut spesifikasi layar Oppo Pad dan Xiaomi Pad 5:

Oppo Pad

  • Ukuran: 11 inci;
  • Panel: IPS LCD;
  • Fitur: 120Hz;
  • Resolusi: 1600 x 2560 piksel.

Xiaomi Pad 5

  • Ukuran: 11 inci;
  • Panel: IPS LCD;
  • Fitur: 1B colors, 120Hz, HDR10, Dolby Vision;
  • Resolusi: 1600 x 2560 piksel.

4. Kamera Xiaomi Pad 5 punya keunggulan di sektor perekaman

Xiaomi Pad 5 Vs. Oppo Pad, Duel Tablet Gaming Murah Terbaik!potret Xiaomi Pad 5 (mobile.mi.co.id)

Beralih ke kamera, tampaknya kedua tablet ini sama-sama tidak menonjolkan sektor ini. Meski demikian, spesifikasi kamera kedua tablet ini memiliki perbedaan.

Pada bagian belakang, Oppo Pad memiliki satu kamera beresolusi 13MP (wide) yang ditemani LED flash. Sedangkan pada bagian depan hanya ada satu kamera yang beresolusi 8MP (wide). Untuk perekaman video, maksimal resolusi yang dapat diambil adalah 1080p@30fps.

Xiaomi Pad 5 hanya punya satu kamera pada bagian belakang, resolusinya adalah 13MP dan ditemani LED flash. Sedangkan pada bagian depan, terdapat satu kamera beresolusi 8MP. Dibandingkan Oppo Pad, kualitas perekaman Xiaomi Pad 5 lebih unggul karena mampu merekam hingga kualitas 4K@30fps dan 1080p@30fps.

5. Sama-sama dibekali baterai tahan lama dan fitur fast charging andalan

Xiaomi Pad 5 Vs. Oppo Pad, Duel Tablet Gaming Murah Terbaik!potret Oppo Pad (xiaomitoday.com)

Selanjutnya, spesifikasi baterai menjadi hal yang sangat penting jika tujuan kamu membeli adalah untuk kebutuhan gaming. Untungnya, baik Oppo Pad maupun Xiaomi Pad 5 sama-sama awet dan mendukung teknologi fast charging yang bisa diandalkan.

Oppo Pad dibekali dengan baterai berkapasitas 8360mAh dan teknologi fast charging sebesar 33W. Sedangkan Xiaomi Pad 5 dibekali baterai berkapasitas 8720mAh dan mendukung teknologi fast charging sebesar 33W.

6. Perbedaan fitur dan harga, keduanya dijual mulai harga Rp5 jutaan

Xiaomi Pad 5 Vs. Oppo Pad, Duel Tablet Gaming Murah Terbaik!potret Xiaomi Pad 5 (mobile.mi.co.id)

Oppo Pad dan Xiaomi Pad 5 mengusung fitur-fitur yang sangat lengkap. Meski demikian, keduanya tetap memiliki perbedaan. Bicara soal kesamaan, keduanya sama-sama memiliki sensor gyroscope, mendukung stereo speakers, dan sama-sama tidak mendukung jaringan seluler.

Sedangkan untuk perbedaan, Xiaomi Pad 5 lebih unggul karena menjadi sensor compass dan memiliki empat buah speakers. Untuk harganya sendiri, Oppo Pad dan Xiaomi Pad 5 sama-sama dijual mulai harga Rp5 jutaan. 

Dari duel spesifikasi di atas, Oppo Pad mengungguli Xiaomi Pad 5 di sektor performa mesin. Sedangkan untuk Xiaomi Pad 5, tablet ini lebih unggul di sektor layar. Bagaimana menurutmu? Mana yang lebih worth it?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tablet Gaming Terjangkau di Tahun 2022, Spek Terjamin!

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Kritik saran: contacts us: 0858-4124-4290

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya