6 AI untuk Mengerjakan Soal Matematika, Gak Perlu Menghitung

Tapi, jangan lupa dicek lagi

Mayoritas dari kita pernah menghela napas berat saat harus berhadapan dengan soal matematika. Entah karena lupa rumus atau tidak menemukan jawaban tepat. Nah, yang jelas PR mata pelajaran ini bikin pusing tujuh keliling.

Kini menyelesaikan soal matematika bisa jadi lebih mudah, lho! Soalnya ada bantuan AI untuk mengerjakan soal matematika berikut. Tinggal foto soalnya dan biarkan kecerdasan buatan menyelesaikannya untukmu.

AI untuk mengerjakan soal matematika

FYI, artificial intelligence matematika ini bukan hanya memberikan jawaban final dari soal yang diberikan. Beberapa juga menjabarkan langkah-langkah untuk menghitung secara jelas. Dengan demikian, kamu tetap bisa memahami logika memecahkan soal.

Masing-masing AI punya fitur dan caranya sendiri untuk menyelesaikan soal. Coba kenali dan ketahui fungsi lebih lengkapnya di bawah.

1. Photomath

6 AI untuk Mengerjakan Soal Matematika, Gak Perlu Menghitungilustrasi Photomath (dok. Photomath)

Photomath merupakan satu dari AI untuk mengerjakan soal matematika yang populer. Dengan alat ini, kamu tinggal scan atau memfoto soal dengan kamera HP. Selanjutnya, unggah dan tunggu AI menampilkan hasilnya.

AI ini tidak hanya memberikan jawaban, ya. Photomath juga menjelaskan langkah demi langkah mengerjakan soal secara real time.

2. Socratic

6 AI untuk Mengerjakan Soal Matematika, Gak Perlu Menghitungilustrasi Socratic (dok. Socratic)

Socratic merupakan aplikasi berbasis AI yang dapat membantumu menyelesaikan soal matematika. Dirancang untuk murid dari berbagai tingkatan, Socratic menjelaskan penyelesaian soal langkah demi langkah.

Jenis soal yang bisa dikerjakan pun beragam, mulai aritmatika dasar hingga kalkulus lanjutan. Cara menggunakannya mirip Photomath yakni dengan memotret kemudian diproses hasil hitungnya.

3. Symbolab

6 AI untuk Mengerjakan Soal Matematika, Gak Perlu Menghitungilustrasi Symbolab (dok. Symbolab)

Lanjut, ada Symbolab yang diklaim sebagai alat pendidikan matematika bertenaga AI dengan bermacam-macam fitur. Tersedia dalam bentuk aplikasi, alat ini dapat mengerjakan soal yang berkaitan dengan grafik, geometri, soal cerita, dan lainnya.

Aplikasi ini juga ada berbagai kalkulator. Termasuk kalkulator pecahan kuadrat hingga persamaan radikal. All in one, alat ini bisa mengerjakan banyak hal cukup dengan satu aplikasi.

4. MyScript

6 AI untuk Mengerjakan Soal Matematika, Gak Perlu Menghitungilustrasi MyScript (dok. MyScript)

MyScript juga merupakan satu AI untuk mengerjakan soal matematika yang multifungsi. Kecerdasan buatan ini membantu memecahkan soal matematika rumit dengan mudah.

Kamu hanya memerlukan bantuan kamera tablet atau smartphone. Caranya, ambil gambar soal dalam aplikasi MyScript, lalu AI akan mengerjakannya untukmu. Aplikasi ini juga bisa mendukung tulisan tangan, lho!

5. Microsoft Math Solver

6 AI untuk Mengerjakan Soal Matematika, Gak Perlu Menghitungilustrasi Microsoft Math Solver (dok. Microsoft)

Kamu pasti akrab dengan Microsoft, bukan? Nah, pengembang teknologi ini juga punya layanan untuk menyelesaikan soal matematika yang diberi nama Microsoft Math Solver. 

Aplikasi ini dapat mengenali tulisan tangan. Nantinya, setiap soal yang kamu unggah akan mendapatkan solusi langkah demi langkah, bahkan memberikan dukungan alat bantu visual.

6. Brilliant

6 AI untuk Mengerjakan Soal Matematika, Gak Perlu Menghitung

Brilliant juga salah satu tools mengerjakan soal matematika yang mengandalkan bantuan kecerdasan buatan. Berkat aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah mempelajari aljabar, kalkulus, geometri, trigonometri, sampai probabilitas.

Hasil yang ditampilkan pun cukup komprehensif. Algoritme AI-nya pun memberikan feedback yang dipersonalisasi, lho. Update-nya akan disesuaikan dengan kemajuan dan gaya belajar murid.

Tertarik menggunakannya? Well, sebagian fitur AI untuk mengerjakan soal matematika di atas bisa diakses gratis. Meski demikian, kamu perlu berlangganan untuk mendapatkan akses fitur secara penuh.

Baca Juga: Cara Menulis Esai Pakai AI, Selesai dalam Hitungan Menit

Topik:

  • Laili Zain Damaika
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya