Comscore Tracker

5 Cara Membuka File Ekstensi EPS dari Laptop dan HP

Buatmu berkutat di dunia desain pasti sering ketemu file EPS

Pernah mendapat file dengan ekstensi .eps? Jangan kaget kalau gak bisa dibuka. Sebab, gak semua aplikasi bisa membaca format file ini. 

Lantas, bagaimana cara membuka file ekstensi eps? Yuk, ulik satu per satu opsi yang bisa dicoba!

Apa itu file EPS?

Bagi yang berkecimpung di dunia desain grafis, file EPS mungkin sama familiernya dengan .docx bagi penulis. Pasalnya, file EPS merupakan format yang kerap digunakan untuk menyimpan hasil desain, logo, vektor, dan lainnya.

EPS sendiri merupakan singkatan dari ‘Encapsulated PostScript’. Format file ini dibuat pada 1992 oleh Adobe Systems. Format ini jamak digunakan untuk mentransfer hasil ilustrasi desain grafis, terutama dalam bentuk vektor. Karena digunakan untuk berbagai aplikasi, maka file ini kompatibel pada semua sistem operasi. 

Meski demikian, gak setiap gawai bisa secara otomatis membuka file EPS. Kebanyakan sistem operasi membutuhkan aplikasi tambahan untuk membuka file EPS. Bagaimana caranya?

Cara membuka file ekstensi EPS

Jelas sekali kamu perlu memasang aplikasi tambahan untuk membuka file EPS. Namun, tenang saja, sebagai desainer grafis atau orang yang berkecimpung di dunia seni digital, aplikasi yang digunakan pun gak jauh-jauh dengan tools kerja sehari-hari.

Namun, jika belum pernah menggunakan atau bahkan mendengar aplikasi berikut, maka perlu melakukan pengunduhan dan instal terlebih dahulu. Sesuaikan aplikasi dengan kebutuhan dan kapasitas device, ya! Berikut beberapa pilihan aplikasinya.

1. CorelDraw

5 Cara Membuka File Ekstensi EPS dari Laptop dan HPilustrasi CorelDraw (coreldraw.com)

Aplikasi desain dengan logo hijau ini banyak digunakan desainer. Termasuk salah satu skill dasar seni digital, CorelDraw jelas bisa digunakan untuk membuka file EPS.

Caranya, buka aplikasi CorelDraw dan buat dokumen baru, lalu seret file EPS ke halaman pengeditan. Opsi lainnya, buat dokumen baru di CorelDraw > File > Import > buka file .eps milikmu.

2. Adobe Photoshop

5 Cara Membuka File Ekstensi EPS dari Laptop dan HPilustrasi Adobe Photoshop (pexels.com/matansegev)

Karena file EPS merupakan dokumen berbasis vektor, maka Adobe Photoshop bukan aplikasi yang tepat untuk mengeditnya. Meski demikian, aplikasi ini masih bisa digunakan jika sekadar membuka file EPS. Namun, hasilnya berupa satu gambar utuh yang gak terpisah. 

Ada tiga cara membuka file ekstensi EPS di Adobe Photoshop, yakni:

1. Buka Adobe Photoshop > File > Open > cari file eps > OK.

File EPS pun akan masuk ke workspace. Namun, belum berhenti di sana, kamu perlu menyesuaikan ukuran gambar file EPS > klik ‘Enter’ untuk menjalankan opsi rasterizing file. 

2. Buka Adobe Photoshop > File > Open > temukan file EPS yang ingin dibuka

Begitu proses impor berlangsung, akan muncul dialog boks. Pilih opsi ‘Open as Smart Object’, lalu klik OK. Berbeda dengan cara sebelumnya, proses rasterizing file berlangsung otomatis dan kamu gak perlu ribet mengukur gambar file.

3. Convert terlebih dahulu file EPS menjadi PSD

Dengan begitu, file akan lebih support untuk dibuka di Adobe Photoshop. Kamu bisa menggunakan layanan konversi online, kok.

Baca Juga: 7 Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

3. Adobe Illustrator

5 Cara Membuka File Ekstensi EPS dari Laptop dan HPilustrasi mendesain (pexels.com/cottonbro)

Nah, ini dia aplikasi yang mendukung pembuatan, mengedit, membuka file EPS. Jika pembuatan file EPS berbasis Adobe Illustrator, maka biasanya gak ada perubahan signifikan dari isi file. 

Namun, perubahan atau hilangnya vektor bisa terjadi apabila file EPS dibuat menggunakan aplikasi selain Adobe Illustrator. Tenang saja, desain di dalam file tersebut tetap bisa digunakan, kok. 

Cara membuka file EPS dengan Adobe Illustrator, yakni:

  1. Buka Adobe Illustrator terlebih dahulu
  2. Pilih opsi ‘File’ 
  3. Klik ‘Open’. Kamu juga bisa melakukan panggilan menggunakan shortcut Ctrl+O atau
  4. Cmd+O pada Mac
  5. Pilih file EPS yang ingin dibuka 
  6. Klik ‘OK’ pada jendela pemilihan file. Berkas EPS pun secara otomatis terbuka di halaman kerja Adobe Illustrator.

Begitu gambar terbuka, berkas akan berubah nama dengan tambahan [Convert] yang artinya file EPS sudah dikonversi dalam Adobe Illustrator. Mudah, ygy?

4. EPS Viewer

5 Cara Membuka File Ekstensi EPS dari Laptop dan HPilustrasi situs EPS viewer online (IDN Times/Laili Zain)

Sesuai namanya, aplikasi ini ada untuk membuka dan melihat file EPS. Namun, dengan catatan, aplikasi ini sebenarnya bukan software editing. Melainkan hanya membuka dan melihat file EPS.

Fitur tambahannya hanya mengubah ukuran file, memperbesar, atau memperkecil gambar di dalam berkas. Terakhir, tools ini bisa memutar vektor ke kanan atau kiri. 

Untuk menggunakannya, kamu perlu mengunduh aplikasi EPS Viewer terlebih dahulu melalui situs resminya. Perangkat lunak ini bisa di-download secara gratis, ya.

Begitu aplikasi terpasang, kamu tinggal mengetuk dua kali file EPS. Secara otomatis, EPS Viewer akan mengambil alih membuka berkas apabila gak ada software lain fungsinya serupa.

Namun, jika buka file EPS gak berlangsung otomatis, maka kamu bisa melakukan:

  • Klik kanan pada file ekstensi EPS
  • Pilih Open with > Choose another app
  • Gulir ke bawah hingga menemukan opsi ‘Other options’
  • Pilih ‘EPS Viewer’ dan centang kotak di samping bertuliskan ‘Always use this app to open eps file’. Dengan pengaturan tersebut, EPS Viewer akan otomatis terbuka jika kamu ingin mengakses file EPS di masa mendatang. 

Bukan hanya versi aplikasi, EPS Viewer juga tersedia dalam bentuk situs online. Kamu bisa mengeceknya di situs epsviewer.org. Lanjut dengan upload file dan tunggu hingga proses selesai.

5. Menggunakan aplikasi di ponsel

5 Cara Membuka File Ekstensi EPS dari Laptop dan HPilustrasi menggunakan ponsel (unsplash.com/nordwood themes)

Cara membuka file ekstensi EPS juga bisa dilakukan melalui ponsel. Kamu tinggal mencari dan mengunduh aplikasi yang menyediakan layanan pembuka file EPS. 

Beberapa aplikasi gratis tersedia di Google Play Store dan App Store. Klik unduh, begitu terpasang lalu buka file dan muncul pilihan aplikasi pembuka. Pilih perangkat lunak EPS yang sudah terpasang.

Cara membuka file ekstensi EPS gak ribet-ribet banget, ygy? Namun, memang, kamu perlu aplikasi khusus untuk membukanya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tanpa ke Service Center

Topic:

  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya