Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata di Perlis, Negara Bagian Terkecil di Malaysia

Ada tempat khusus buat kamu pecinta ular dan reptil

Perlis berada di bagian utara pantai barat Semenanjung Malaysia. Negara bagian ini berbatasan dengan Kedah dan Thailand. Sebagai negara bagian terkecil di Malaysia, Perlis memiliki luas wilayah 819 kilometer persegi. Jika dilihat dari sejarahnya, Perlis dulunya menjadi bagian dari Kedah, bahkan pernah dikuasai oleh Aceh dan siam.

Terlepas dari ini semua, Perlis memiliki beberapa objek wisata yang patut untuk kamu kunjungi. Apalagi bagi kamu yang mencintai alam. Nah. buat kamu yang ingin jalan-jalan ke sini, beberapa objek wisata di bawah ini bisa dijadikan pilihan.

1. Taman Eko Rimba Bukit Ayer 

5 Destinasi Wisata di Perlis, Negara Bagian Terkecil di MalaysiaTaman Eko Rimba Bukit Ayer (instagram.com/khaiadam)

Taman Eko Rimba Bukit Ayer berada dalam kawasan Hutan Simpan Bukit Bintang yang luasnya mencapai 372 hektar. Taman Eko Rimba Bukit Ayer sengaja dikembangkan sebagai tujuan wisata di Perlis. Itulah kenapa ada beberapa penginapan yang tersedia di sekitar kawasan ini. Pemerintah setempat juga menyediakan lokasi khusus untuk perkemahan.

Tak hanya berkemah dan menyusuri hutan, kamu juga bisa berenang dan mandi di sungai dalam hutan. Bahkan, ada kolam yang dibuat untuk anak-anak di sini. Untuk sampai ke taman ini, kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

2. Gua Kelam

5 Destinasi Wisata di Perlis, Negara Bagian Terkecil di MalaysiaGua Kelam (instagram.com/roshanania)

Gua Kelam yang terletak di pinggiran kota Kaki Bukit ini memiliki panjang 370 meter. Dahulunya, tempat ini digunakan untuk kegiatan tambang timah berkualitas tinggi. Gua ini juga sempat menjadi jalan penghubung masyarakan Wang Kelian dengan kota Kaki Bukit.

Ada tiga pintu masuk di Gua Kelam. Ketiga pintu ini menawarkan keindahannya sendiri. Meski dinamai gue begitu kelam, kamu gak perlu takut sama sekali, karena kini sudah dipasang lampu untuk penerangan. Bahkan ada jembatan sebagai jalur untuk menelusuri keindahan gua, lho.

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata di Kelantan-Malaysia, Pesonanya Manjakan Mata!

3. Tasik Melati

5 Destinasi Wisata di Perlis, Negara Bagian Terkecil di MalaysiaTasik Melati (instagram.com/by.iskndr_)

Tasik melati merupakan taman rekreasi yang berada di utara Kangar. Ada jogging track, jalur refleksologi, dan jalan setapak di sekitar danau buatan ini. Masyarakan Perlis biasanya menghabiskan waktu mereka untuk piknik atau sekedar berolah raga di sini.

Kamu juga dapat melihat keindahan Taman Zen dari bentuk jembatan dan gazebonya. Tempat ini sangat pas untuk kamu yang suka foto-foto atau sekedar ingin menenangkan diri. Terkadang, kamu akan melihat burung-burung dengan warna-warna yang cantik. Bahkan ada beberapa penduduk yang memancing di sini, lho.

4. Wang Kelian View Point 

5 Destinasi Wisata di Perlis, Negara Bagian Terkecil di MalaysiaWang Kelian View Point (instagram.com/ris_umaira)

Wang Kelian View Point berada di desa Wang Kelian yang menjadi perbatasan Malaysia dan Thailand. Desa yang satu ini terkenal dengan keindahan alamnya. Apalagi dia berada di kaki Pegunungan Nakawan. Dari view point ini kamu dapat melihat keindahan alam Wang Kelian.

Ada beberapa spot menarik yang disediakan untuk tempat foto-foto. Tempat ini juga menjadi tempat yang pas untuk berburu sunrise. Kamu juga bisa melihat pasar perbatasan yang menghubungkan masyarakat Thailand dan Malaysia di kawasan ini, lho.

5. Taman Ular dan Reptilia 

5 Destinasi Wisata di Perlis, Negara Bagian Terkecil di MalaysiaTaman Ular Dan Reptilia (instagram.com/aireenhaznien)

Taman Ular dan Reptilia yang berada di kota Kangar ini awalnya dibangun Kementrian Kesehatan Malaysia untuk memproduksi obat penawar dari bisa ular. Namun, akhirnya diambil alih oleh Perlis State Development Corporation dan dijadikan sebagai objek wisata.

Di taman ini terdapat lebih dari 150 ular dari 34 spesies dan digadang-gadang sebagai taman ular terbesar di Asia Tenggara. Selain melihat aneka reptil yang ada, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan para hewan dengan pengawasan dari petugas yang ada di sana.

Meski jadi negara bagian terkecil di Malaysia, ternyata objek wisata yang ada di Perlis gak kalah menarik, bukan? Bagi kamu yang ingin jalan-jalan ke Perlis, kira-kira objek wisata mana yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu?

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata di Perak-Malaysia, Ada yang Terkenal Angker

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & hype

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya