Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Pensiun, agar Lebih Tenang!

Persiapkan dana pensiunmu dari sekarang

Kehidupan pensiun yang ideal dan bahagia memiliki makna yang berbeda bagi masing-masing orang. Bagi sebagian orang, ini mungkin berarti transisi dari seorang pekerja penuh waktu menjadi pekerjaan paruh waktu atau wiraswasta.

Sedangkan bagi sebagian yang lainnya, mungkin mereka ingin pensiun dengan menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga dan menjalani hobi. Yang jelas, seperti apapun kehidupan pensiun yang kamu inginkan, kamu perlu membuat perencanaan, utamanya terkait kecukupan finansial.

Dengan demikian, kamu akan bisa mendapatkan ketenangan pikiran di masa pensiun. Nah, supaya bisa menjalani pensiun dengan tentram, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum pensiun.

1. Rencanakan waktu pensiun dan buat diversifikasi portofolio

5 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Pensiun, agar Lebih Tenang!pexels.com/pixabay

Usiamu saat ini dan rencana usia pensiun merupakan dasar awal dari strategi pensiun yang efektif. Semakin lama rentang waktu untuk pensiun, semakin tinggi tingkat risiko yang dapat ditahan oleh portofolio. Memeriksa sumber pendapatan jauh sebelum pensiun memberi kamu waktu untuk menyesuaikan rencana.

Pertimbangkan untuk menggabungkan aset berupa saham, obligasi, reksa dana, dan aset lain; seperti emas dan properti, yang sesuai dengan toleransi risiko, jangka waktu investasi, dan kebutuhan likuiditas.

Portofolio yang seimbang dapat membantu kamu memiliki pendapatan yang diperlukan untuk menutupi pengeluaran dalam masa pensiun sekaligus melindungi harta dari inflasi.

2. Tentukan kebutuhan belanja pensiun

5 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Pensiun, agar Lebih Tenang!pexels.com/Karolina Grabowska

Pandangan yang realistis tentang kebiasaan belanja setelah pensiun akan membantu kamu menentukan ukuran dana pensiun yang dibutuhkan. Rata-rata orang beranggapan bahwa setelah pensiun, pengeluaran mereka akan berkurang dari pengeluaran biasanya.

Sayangnya, asumsi ini sebetulnya terlalu dipaksakan dan tidak realistis, apalagi jika masih memiliki cicilan. Pensiun kadang juga menghabiskan banyak uang, terutama di tahun-tahun pertama.

Agar pensiunan tidak mengalami masalah terkait dana, pensiunan perlu memiliki tabungan yang rasionya harus mendekati 100 persen dari kebutuhan biasanya. Ini lantaran biaya hidup umumnya meningkat setiap tahun, utamanya biaya perawatan kesehatan bagi orang-orang lanjut usia.

Baca Juga: Cara Siapkan Dana Pensiun agar Masa Tua Kamu Sejahtera 

3. Segera kurangi utang

5 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Pensiun, agar Lebih Tenang!pexels.com/Karolina Grabowska

Pertimbangkan untuk mempercepat pembayaran hipotek agar pinjaman lunas sebelum waktu pensiun. Untuk menekan utang kartu kredit, biasakan untuk membayar apapun secara tunai.

Dengan membatasi utang baru dan mengurangi utang yang sudah ada, kamu dapat meminimalkan jumlah dana pensiun yang akan dihabiskan untuk pembayaran bunga. 

Selain itu, dengan tidak memikirkan tentang pembayaran pinjaman, kamu bisa menghabiskan masa tua dengan lebih tenang karena tidak memiliki beban yang begitu besar.

4. Evaluasi kesehatan

5 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Pensiun, agar Lebih Tenang!freepik.com/nensuria

Untuk bisa menikmati masa pensiun, kamu harus menjadi sesehat mungkin. Oleh sebab itu, kamu harus rutin melakukan medical check up, ini merupakan langkah preventif untuk menghindarkan dirimu dari berbagai macam penyakit terkait usia dan gaya hidup.

Jadwalkan pemeriksaan mulai sekarang, dari pemeriksaan fisik tahunan hingga pembersihan gigi. Bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan bisa kamu lakukan untuk membuat rencana guna meningkatkan atau menjaga kesehatan.

5. Mempersiapkan pengeluaran tak terduga

5 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Pensiun, agar Lebih Tenang!pexels.com/maitree rimthong

Kamu mungkin telah melakukan berbagai cara untuk mencegah kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Tapi, kamu tetap harus bersiap untuk menghadapi hal yang tidak terduga.

Meluangkan waktu untuk mempertimbangkan bagaimana kamu akan menghadapi segala sesuatu, mulai dari masalah kecil hingga serius akan membantu kamu mengatasi badai tersebut saat badai itu datang. Sebagai gambaran, kejadian tak terduga yang harus kamu antisipasi adalah kerusakan kendaraan, rumah, bencana, hingga penyakit.

 

Tidak ada kata terlalu muda untuk mempersiapkan kehidupan di masa mendatang. Dengan mempersiapkan kehidupan pensiun, kamu akan dapat menikmati masa pensiun dengan tenang. Jadi, sudah sampai mana persiapan pensiun yang kamu lakukan?

Baca Juga: Tips Kumpulkan Dana Pensiun untuk Kamu yang Berpenghasilan Pas-pasan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya