Comscore Tracker

5 Istilah Saham dan Bisnis Ini Muncul di Series Succession 

Tambah-tambah ilmu di bidang bisnis

Setelah melalui serangkaian proses produksi yang cukup panjang, episode pilot Succession akhirnya mengudara di HBO pada 3 Juni 2018 silam. Mendapatkan respon serta ulasan positif, series garapan Jesse Armstrong ini berhasil menyabet belasan penghargaan di berbagai ajang bergengsi termasuk Best Drama Series di ajang Emmys pada tahun 2020 dan 2022.

Berfokus pada konflik internal keluarga Roy dalam memperebutkan kendali perusahaan, tentu ada banyak istilah-istilah bisnis yang disebutkan di sepanjang series. Selain stock atau saham yang sering diucapkan, deretan istilah saham dan bisnis lainnya juga muncul dalam series Succession.

1. Shareholder 

5 Istilah Saham dan Bisnis Ini Muncul di Series Succession cuplikan series Succession (dok. HBO/Succession)

Shareholder atau juga disebut dengan stockholder adalah pemilik paling tidak satu hak saham dalam sebuah perusahaan. Shareholder dapat dimiliki oleh perorangan, perusahaan, dan suatu organisasi tertentu. Dengan kata lain, shareholder adalah pemilik perusahaan tersebut.

Selain mendapatkan profit atau keuntungan dari kepemilikan saham, shareholder turut memiliki hak-hak istimewa. Beberapa di antaranya shareholder berhak memeriksa laporan pembukuan dan catatan perusahaan, memberikan suara kepada setiap keputusan yang akan diambil oleh perusahaan tersebut, dan menuntut perusahaan jika jajaran direksinya melakukan kesalahan fatal yang membahayakan perusahaan.

2. Board of directors

5 Istilah Saham dan Bisnis Ini Muncul di Series Succession cuplikan series Succession (dok. HBO/Succession)

Board of directors atau dewan direksi adalah badan pengatur perusahaan yang dipilih oleh para shareholder atau pemegang saham untuk membuat strategi sekaligus mengawasi manajemen perusahaan. Orang-orang yang berada dalam board of directors disebut sebagai board seat atau anggota dewan direksi.

Anggota dewan direksi memiliki kuasa untuk memecat atau mempekerjakan CEO perusahaan serta membuat keputusan untuk kebaikan perusahaan. Selain itu, anggota dewan direksi dapat mewakilkan shareholder, investor, dan pendiri perusahaan.

3. Acquisitions 

5 Istilah Saham dan Bisnis Ini Muncul di Series Succession cuplikan series Succession (dok. HBO/Succession)

Di awal episode pilot, penonton disuguhkan dengan negoisasi yang berjalan alot antara Kendall Roy dan Lawrence. Kendall ingin memasuki industri media digital melalui jalan pintas dengan mengakuisisi situs berita online bernama Vaulter. Di satu sisi, Lawrence selaku pendiri Vaulter tidak menyukai citra Logan Roy yang dikenal licik pun mempersulit proses pembelian perusahaannya tersebut.

Ada berbagai cara untuk memuluskan proses akuisisi suatu perusahaan. Mulai dari memberikan harga yang fantastis, menawarkan board seat, memberikan kendali penuh atas perusahaan tersebut kepada pendiri serta jajaran direksinya, hingga ucapan terima kasih berupa barang-barang mewah yang sudah pasti bebas pajak.

Baca Juga: 10 Istilah Populer di Dunia Modeling, Kenali Biar Paham!

4. Corporate funding

5 Istilah Saham dan Bisnis Ini Muncul di Series Succession cuplikan series Succession (dok. HBO/Succession)

Masih dari episode pilot, diketahui bahwa Waystar Royco memiliki hutang sebanyak 3 miliar dollar. Diketahui bahwa pada tahun 1985, Logan Roy yang ingin mengembangkan bisnisnya dengan membangun wahana taman bermain memutuskan untuk mengambil pinjaman ke bank tanpa sepengetahuan board seat dan shareholder.

Salah satu kesepakatan dari pinjaman tersebut adalah jika harga saham Waystar Royco menyentuh angka 130 dollar per lembar saham maka pihak peminjam segera melunasi seluruh pinjamannya.

Corporate funding atau pendanaan perusahaan adalah hal yang wajar. Suatu perusahaan biasanya akan mengambil pinjaman ke bank untuk mengembangkan perusahaan. Dalam pinjaman tersebut terdapat kontrak yang disepakati oleh kedua pihak untuk kebaikan pihak bank sebagai penyedia kredit serta perusahaan sebagai kreditur.

5. Corporate merger

5 Istilah Saham dan Bisnis Ini Muncul di Series Succession cuplikan series Succession (dok. HBO/Succession)

Di season 2, Succession berfokus pada ambisi Logan Roy untuk membeli Pierce Global News, perusahaan di bidang media yang telah menjadi rival utamanya. Tentu hal tersebut menimbulkan pro dan kontra baik di jajaran direksi dan keluarga Roy sendiri.

Pada umumnya merger dilakukan untuk menaikkan pangsa pasar, mengurangi biaya operasional perusahaan, invansi ke bidang baru, serta meningkatkan laba. Proses merger dapat berlangsung selama bertahun-tahun tergantung dari kecil besarnya perusahaan tersebut. Setelah proses merger selesai, saham dari perusahaan baru akan didistribusikan kepada pemegang saham dari kedua perusahaan tersebut.

Succession season 4 saat ini masih dalam tahap produksi. Jika tidak mengalami perubahan jadwal, Succession season 4 akan hadir di HBO dan HBO Max pada awal tahun 2023 mendatang.

Baca Juga: Punya Bisnis Inovatif dan Keren, 25 Pebisnis Muda Bakal Adu Produk

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya