Comscore Tracker

Winner Group Garap Properti Rp1,2 Triliun di Balikpapan

Balikpapan dipilih karena dekat dengan ibu kota baru

Jakarta, IDN Times - Pengembang asal Batam, Winner Group, sedang menyiapkan proyek properti di Balikpapan, Kalimantan Timur. Tak tanggung-tanggung, mereka diperkirkan akan menginvestasikan dana sebesar Rp1,2 triliun untuk menggarap proyek ini.

"Mengapa Balikpapan? Karena kota ini merupakan pusat bisnis dan industri, pusat perekonomian terbesar di Kalimantan dan memiliki Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang tinggi. Dari sisi kependudukan, Balikpapan juga merupakan kota terbesar kedua di Kalimantan Timur (setelah Kota Samarinda),” kata CEO Winner Group, Yusmen Liu dalam keterangan tertulis, Jumat (8/1/2021).

1. Prospek properti dekat ibu kota baru

Winner Group Garap Properti Rp1,2 Triliun di BalikpapanProyek properti di Balikpapan oleh Winner Group (Dok. Winner Group)

Yusmen menilai, Kota Balikpapan telah menjadi kawasan dengan prospek yang sangat bagus setelah pemerintah memutuskan ibu kota baru di Kalimantan pada April 2019 lalu.

"Balikpapan merupakan gerbang utama menuju ibu kota Indonesia yang baru, dengan keberadaan Pelabuhan Semayang dan Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, keduanya merupakan kawasan tersibuk di Kalimatan," ujar Yusmen.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo sendiri mengumumkan bahwa ibu kota baru akan dibangun di wilayah administratif Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Baca Juga: Groundbreaking Ibu Kota Baru Dimulai Oktober 2020

2. PDRB yang terus meningkat

Winner Group Garap Properti Rp1,2 Triliun di BalikpapanIlustrasi jalan tol ibu kota negara baru (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Selain itu, pembangunan proyek ini juga mempertimbangkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Balikpapan. Ia menilai kontribusi sektor bangunan dan sektor perdagangan, hotel dan restoran memberikan kontribusi yang sangat besar.

"Pertumbuhan PDRB Balikpapan terus meningkat karena kedua sektor tersebut. Balikpapan juga sedang giat membangun yang mengindikasikan meningkatnya pertumbuhan perekonomian di kota tersebut," ujar Yusmen.

3. Gandeng sejumlah perusahaan

Winner Group Garap Properti Rp1,2 Triliun di BalikpapanDirektur Utama PAM Jaya Prayitno Bambang Hernowo saat memberi keterangan pers di Pulau Ayer (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Winner Group juga menggandeng Sapta Group dan Pintu Air Mas (PAM) Group melalui anak usahanya PT. Karya Bersama Anugerah,Tbk yang akan mengembangkan dua proyek dengan lokasi berbeda di Balikpapan.

PT. Karya Bersama Anugerah,Tbk merupakan pengembang Apartemen Green Valley yang terletak dilokasi strategis di pusat kota Balikpapan. PAM Group juga dinilai Yusmen telah berpengalaman mengembangkan mega proyek Balikpapan Superblock seluas 17 hektare.

"Dan dalam waktu dekat akan dilakukan pengembangan kembali dengan total perluasan lahan mencapai 50 an hektare melalui reklamasi laut. Areal tersebut akan menjadi kawasan komersial terbesar di Kota Balikpapan dengan akses termudah dari berbagai penjuru kota," tukas Yusmen.

Baca Juga: Menteri Suharso: Soft Groundbreaking Ibu Kota Baru Dilakukan Tahun Ini

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya