Comscore Tracker

Kriteria Tempat Penjualan Hewan Kurban yang Baik, Catat ya! 

Jangan asal beli hewan kurban dari sembarang tempat

Jakarta, IDN Times - Perayaan hari raya Idul Adha 1443 H kurang dari seminggu lagi. Umat muslim biasanya akan mulai memburu tempat penjualan hewan kurban.

Sebelum membeli hewan kurban, biasanya ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah tempat penjualan hewan kurban.

Agar mendapatkan hewan kurban dengan kualitas terbaik, tempat penjualan hewan kurban yang dipilih sebaiknya memenuhi beberapa kriteria seperti di bawah ini.

Baca Juga: 11 Penjual Hewan Qurban Online yang Recommended untuk Idul Adha

1. Memiliki izin dari pemerintah setempat

Kriteria Tempat Penjualan Hewan Kurban yang Baik, Catat ya! 

Tempat penjualan hewan kurban yang sudah mengantongi izin dari pemerintah setempat, artinya sudah dijamin kebersihan dan kesehatan hewan kurban nya oleh pemerintah. Beberapa izin yang harus dimiliki, seperti surat permohonan hingga keterangan bahwa hewan tidak berasal dari tempat wabah menular PMK.

Baca Juga: Kementan: 58.275 Hewan Ternak Telah Diberi Vaksin PMK

2. Memiliki fasilitas penampungan limbah

Kriteria Tempat Penjualan Hewan Kurban yang Baik, Catat ya! Tempat penampungan ternak sapi milik salah satu pedagang sapi di Kapanewon Sanden Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Tempat penjualan hewan kurban yang memiliki fasilitas penampungan limbah mencerminkan bahwa mereka menjaga kebersihan hewan kurban dan lingkungan sekitarnya. Bila limbah kotoran hewan kurban tidak ditampung dan dikelola dengan benar, hal itu akan menggangu kenyamanan warga sekitar akibat bau yang ditimbulkan. 

3. Memiliki lahan yang cukup

Kriteria Tempat Penjualan Hewan Kurban yang Baik, Catat ya! Kutaraja Aqiqah, salah satu tempat penjualan hewan kurban (IDN Times/Saifullah)

Ukuran lahan yang cukup besar membuat hewan kurban bisa lebih leluasa bergerak. Selain itu, bila salah satu hewan kurban terkena penyakit, maka hewan lain tidak mudah tertular karena terdapat jarak yang cukup antara hewan kurban satu dengan yang lainnya. 

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban di Sleman Mulai Merangkak Naik

4. Ada tempat isolasi untuk hewan yang sakit

Kriteria Tempat Penjualan Hewan Kurban yang Baik, Catat ya! Pixabay.com/Photorama

Wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang sedang menjangkit sapi maupun kerbau belakangan ini, membuat pemilik tempat penjualan hewan kurban harus lebih ekstra dalam menjaga kesehatan hewan kurbannya. Tempat penjualan hewan kurban yang memiliki tempat isolasi, dapat memisahkan hewan kurban yang sakit dengan yang sehat agar tidak terjadi penularan penyakit. 

5. Terdapat fasilitas untuk pembersihan hewan

Kriteria Tempat Penjualan Hewan Kurban yang Baik, Catat ya! Aktivitas memandikan sapi di Pasar Jelok, Cepogo, Boyolali, Kamis (15/7/2021). Salon sapi kebanjiran rezeki jelang Idul Adha. Pemkab Boyolali

Kebersihan dan kesehatan hewan menjadi kunci dalam memilih hewan kurban. Fasilitas pembersihan hewan diperlukan guna menjaga kebersihannya. Pastikan tempat penjualan hewan tersebut memandikan hewan minimal dua kali sehari. 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya