Comscore Tracker

Proyek Hary Tanoe-Trump Disetujui Pemerintah Jadi KEK Pariwisata

KEK Lido berlokasi di Jawa Barat dan KEK JIIPE di Jawa Timur

Jakarta, IDN Times – Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) menyetujui pembentukan 2 KEK baru yaitu KEK Lido di Provinsi Jawa Barat dan KEK JIIPE di Provinsi Jawa Timur pada Sidang Dewan Nasional KEK yang diselenggarakan pada 10 Februari 2021.

“Kedua usulan KEK telah disetujui dan telah menjadi rekomendasi kepada Presiden, dan diharapkan akan mampu menghadirkan investasi dan menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang signifikan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan resminya, Sabtu (13/2/2021).

Baca Juga: Stimulasi KEK TAA, Pemprov Sumsel Fokus ke Pelabuhan Tanjung Carat

1. Terdapat proyek Hary Tanoe-Trump di KEK Lido

Proyek Hary Tanoe-Trump Disetujui Pemerintah Jadi KEK PariwisataKerja sama Hary Tanoe dan Trump Jr. Dok. REUTERS/via ANTARA FOTO

Menurut kementerian, usulan KEK Lido adalah KEK Pariwisata dengan rencana bisnis pengembangan atraksi seperti theme park kelas dunia, lapangan golf, serta retail and dining. Selain itu juga untuk pengembangan akomodasi seperti six-stars luxury resort, hotel berbintang lainnya, serta pengembangan TOD, dan pengembangan ekonomi kreatif yang termasuk studio film dan festival musik.

Kehadiran theme park yang akan dibangun di dalam KEK Lido diprediksi akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) hingga mencapai 63,4 juta orang sampai 2038 atau rata-rata 3,17 juta wisatawan per tahun. Inflow devisa dari wisman serta penghematan outflow devisa dari wisnus dapat mencapai 4,1 miliar dolar AS selama 20 tahun.

“KEK Lido diharapkan betul-betul bisa mendorong pariwisata di Indonesia. Hasilnya harus jelas, turis ke Jawa Barat juga harus yang berkualitas internasional. Ini harus menjadi yang premium juga, dan devisanya pun juga premium,” ucap Airlangga yang juga merupakan Ketua Dewan Nasional KEK.

Sebagai informasi, Pemilik MNC Group Hary Tanoesoedibjo bersama Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bakal membangun taman hiburan sekelas Disneyland dan Universal Studio di kawasan Lido, Sukabumi, Jawa Barat.

Taman hiburan kelas dunia itu akan dibangun di dalam mega proyek MNC Lido City. Mega proyek MNC Lido City dikembangkan oleh PT MNC Land Tbk (KPIG atau Perseroan). Di bawahnya ada PT MNC Lido Hotel, PT MNC Lido Resort dan PT MNC Wahana Wisata.

 

2. KEK JIIPE dongkrak investasi ke Indonesia

Proyek Hary Tanoe-Trump Disetujui Pemerintah Jadi KEK PariwisataIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Baca Juga: Tesla Kirim Proposal Investasi ke Indonesia, Minggu Depan Ketemuan

Kementerian mengatakan, usulan KEK JIIPE yang berlokasi di Kota Gresik Provinsi Jawa Timur, diproyeksikan akan mampu menghadirkan investasi senilai 16,9 miliar dolar AS dengan serapan tenaga kerja mencapai 199.818 orang pada saat beroperasi penuh, sedangkan usulan KEK Lido diproyeksikan akan menarik investasi hingga mencapai 2,4 miliar dolar dan menyerap tenaga kerja sebanyak 29.545 orang di tahun ke-20.

KEK JIIPE direncanakan untuk pengembangan bisnis industri metal, elektronik, kimia, energi, dan logistik. Hasil produksi pelaku usaha di dalamnya, diproyeksikan akan mampu memberikan kontribusi ekspor sebesar 10,1 miliar dolar per tahun ketika beroperasi penuh, serta substitusi impor pada produk industri metal dan kimia.

“Pengusul KEK JIIPE menyatakan kesiapannya melalui ketersediaan infrastruktur wilayah dan kawasan, serta telah adanya komitmen dari anchor investor untuk mengembangkan smelter tembaga di dalam lokasi KEK,” katanya.

3. Rencana pembangunan The Trump Organization

Proyek Hary Tanoe-Trump Disetujui Pemerintah Jadi KEK PariwisataDonald Trump Jr. bersama ayahnya, Presiden Donald J Trump (ww.instagram.com/@donaldjtrumpjr)

Pengumuman ini sendiri datang di saat salah satu investor properti dunia dikabarkan makin mengukuhkan rencananya untuk melakukan pembangunan di salah satu kawasan di Indonesia. Sebagaimana dilaporkan The Washington Post, The Trump Organization yang dimiliki Mantan Presiden AS Donald Trump semakin gencar dalam melakukan ekspansi bisnis di wilayah Ciletuh Hilir.

Rencana pembangunan yang bekerja sama dengan MNC Group itu menjadi agenda utama The Trump Organization, yang kini dijalankan oleh dua putra tertua Trump, meski terjadi sengketa terkait lahan pembangunan properti tersebut.

Sebagaimana diketahui, pembangunan resort di wilayah Ciletuh Hilir sempat menimbulkan sengketa karena mengharuskan warga setempat merelokasi kuburan yang sudah ada sejak lama di wilayah tersebut. Namun demikian, MNC Land yang membangun proyek tersebut, mengatakan beberapa penduduk Ciletuh Hilir telah menerima proposal perusahaan untuk merelokasi jenazah kerabat mereka ke lokasi pemakaman baru yang mereka sediakan.

“MNC bahkan bersedia menanggung seluruh biaya pemindahan kuburan,” kata perusahaan itu.

Di tanah seluas lebih dari 242 hektar di wilayah itu, Trump Organization disebut ingin membangun lapangan golf, hotel 120 kamar dan 461 vila mewah. Lokasi pembangunan berjarak kurang dari 800 atau setengah mil dari kuburan, menurut koordinat GPS peta proyek MNC dan Trump Organization.

“Resor internasional Trump, klub golf, dan tempat tinggal adalah inti dari rencana induk fase satu,” kata MNC dalam video promosi pada Agustus 2019.

Baca Juga: Ini Rencana Bisnis dan Politik Trump Setelah Tinggalkan Kursi Presiden

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya