Comscore Tracker

Viral Uang Tabungan Rp128 Juta di Bank Mandiri Hilang

Uang yang hilang tersebut tidak bisa diganti

Jakarta, IDN Times – Seorang nasabah Bank Mandiri bernama Asrizal Askha (49) mengaku kehilangan uangnya sebesar Rp128 juta yang ia simpan dalam tabungan. Berdasarkan informasi yang viral di internet, Asrizal mengatakan telah meminta penjelasan dari Bank Mandiri soal hal itu.

Namun alih-alih mendapat kembali uangnya, ia malah menerima konfirmasi bahwa telah terjadi penarikan dana dari tabungannya dan pihak bank mengatakan uang yang hilang dari rekening tersebut tidak bisa diganti lantaran transaksi yang terjadi adalah transaksi yang sah.

“128 juta HILANG,” tulis akun @Hlmimisan, Sabtu (22/5/2021).

Baca Juga: Bank Mandiri Optimistis Ekonomi Bisa Tumbuh 4,4 Persen, Ini Faktornya

1. Angka debit dimiliki dua kartu

Viral Uang Tabungan Rp128 Juta di Bank Mandiri HilangUang nasabah hilang (https://twitter.com/Hlmimisan)

Dalam utas di Twitter tersebut, akun tersebut mengatakan bahwa keputusan Bank Mandiri yang tidak mengganti uang tersebut cukup sulit diterima.

Ia juga menyayangkan pihak Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tidak bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut.

“Bapak umur 49th udah nabung bertahun-tahun, pihak bank berdalil transaksi sah, CS bilang angka kartu debit dimiliki dua kartu, lah kok bisa-bisanya transaksi dianggap sah dan uang tidak diganti, bahkan OJK dan BI gak bisa bantu, hasilnya NIHIl, wadu serem juga bank lama-lama ye,” cuitnya.

Baca Juga: Pantau Nasabah Nakal, OJK Bakal Bangun Pusat Data Fintech

2. Meminta bantuan OJK

Viral Uang Tabungan Rp128 Juta di Bank Mandiri HilangGedung Otoritas Jasa Keuangan Indonesia atau OJK di Jakarta (IDN Times/Aldila Muharma)

Kejadian uang nasabah hilang tersebut terjadi pada 6 Februari 2021 lalu, namun baru ramai belakangan setelah diposting di Twitter.

Dari utas Twitter juga diketahui bahwa pihak nasabah telah mengajukan bantahan transaksi tersebut kepada Otoritas Jasa Keuangan pada 5 Februari 2021.

“Tindak lanjut CS mandiri membuat laporan kemudian mengganti kartu ATM saya dengan yang baru dengan alasan ada uang masuk 5 juta dan saya disuruh nunggu 11 hari kerja. Setelah 11 hari kerja ternyata mereka bilang gak bisa ganti uang saya yang hilang karena ini transaksi sah,” jelasnya.

Baca Juga: Di Tengah Pandemik, Penyaluran Kredit Bank Mandiri Tumbuh 9,10 Persen

3. Viral di Twitter

Viral Uang Tabungan Rp128 Juta di Bank Mandiri HilangANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Kabar kehilangan uang ini menjadi viral di media sosial Twitter setelah diposting oleh akun @Hlmimisan. Berdasarkan pantauan IDN Times, ketika berita ini ditulis, postingan tersebut telah memperoleh 12,9 ribu retweet, 2.627 tweet kutipan, dan 24,4 ribu suka.

Tweet tersebut juga mendapat banyak komentar. Bahkan beberapa pengguna internet mengaku pernah mengalami hal serupa.

“Keamanan transaksi bank Mandiri memang patut diragukan. Sabar ya pak. Saya juga pernah hilang puluhan juta, lapor, marah-marah tapi ya tetap saja jadi tanggungan nasabah. Ditanya hasil investigasinya seperti apa gak dijawab. Orang-orang sekitar wajib memberi support,” tulis akun @nyoemhokgie membalas postingan tersebut.

“Kemaren saya juga terkena hal yang sama. Gak ada angin gak ada hujan tiba-tiba ATM melakukan transaksi debit sendiri. Padahal aku kalau transaksi selalu pake m-banking. Aku juga bingung kok begini… Pas aku lihat di data m-banking uangku emang terdebit dengan nominal sekian,” tambah akun @siskanoviw.

IDN Times telah menghubungi pihak Bank Mandiri untuk mengonfirmasi kabar ini, namun belum mendapat respons.

Baca Juga: Uang Milik 5 Nasabah BRI di Bojonegoro Hilang Bersamaan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya