Comscore Tracker

5 Cara Melakukan Riset Pasar, Awal dari Langkah Bisnismu!

Riset pasar penting dalam tahap perencanaan bisnis kamu

Jakarta, IDN Times - Riset pasar adalah satu langkah yang perlu kamu lakukan ketika hendak mendirikan sebuah bisnis. Begitu bisnismu berhasil terbentuk dan berkembang, riset pasar pun masih bisa dilakukan untuk mengetahui target pasar, kompetitor atau pesaing, inovasi produk, dan lain-lain.

Riset pasar perlu dilakukan dengan cara efektif, efisien, dan tepat sasaran. Hal itu agar riset pasar bisa menghasilkan informasi-informasi yang kamu butuhkan terkait prosesmu dalam menjalankan bisnis.

Sebelum mengetahui cara melakukan riset pasar, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu definisi dari riset pasar tersebut. Mengutip dari redcomm.id, riset pasar merupakan kegiatan mengumpulkan dan melakukan analisis data yang berkaitan dengan target pasar.

Hasil penelitian dari riset pasar ini akan bermanfaat untuk membangun strategi bisnis yang efektif. Berikut ini beberapa cara melakukan riset pasar yang dikutip dari redcomm.id.

Baca Juga: 5 Alasan Penting Melakukan Riset Pasar Sebelum Berbisnis

1. Menentukan tujuan utama riset pasar

5 Cara Melakukan Riset Pasar, Awal dari Langkah Bisnismu!Ilustrasi Pixabay

Hal pertama sebelum kamu melakukan riset pasar adalah menentukan tujuannya. Riset pasar bisa saja dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah produk atau jasa yang kamu tawarkan bisa diterima di masyarakat.

Riset pasar juga bisa dilakukan untuk menentukan lokasi mana yang menjadi tempat bisnismu berjalan. Dua hal itu menjadi contoh tujuan riset pasar yang kamu lakukan. Tujuan ini penting agar kamu bisa fokus dalam menjalankan riset pasar dan menghasilkan informasi yang dibutuhkan.

Baca Juga: 5 Tips Memaksimalkan Manajemen Bisnis Roti agar Keuntungan Berlipat

2. Menentukan jenis riset pasar yang digunakan

5 Cara Melakukan Riset Pasar, Awal dari Langkah Bisnismu!Shoot Foto Produk berikan jasa gratis 10 ribu foto produk (Dok. Shoot Foto Produk)

Setelah menentukan tujuan riset pasar, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis riset pasar yang akan digunakan. Ada empat jenis riset pasar yang kamu gunakan. Pertama adalah pengujian produk, kedua ada segmen pasar, lalu ketiga ada analisis kepuasan pelanggan, dan keempat adalah riset harga.

Keempat jenis riset pasar tersebut bisa kamu pertimbangkan agar strategi pasar dalam bisnismu sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga agar proses pengembangan bisnismu berjalan lebih lancar.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Proposal Bisnis Plan, Semua Berawal dari Sini!

3. Menentukan metode pengumpulan data

5 Cara Melakukan Riset Pasar, Awal dari Langkah Bisnismu!Ilustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Ada delapan metode pengumpulan data yang bisa kamu gunakan untuk membantu riset pasarmu. Metode pertama adalah kualitatif, kemudian ada metode kuantitatif, dan ada juga metode survei.

Metode berikutnya adalah wawancara, fokus grup, pengamatan, tes produk dengan memberikan sampel produk gratis, dan metode pengumpulan data sekunder lainnya.

4. Menentukan sumber pengumpulan data

5 Cara Melakukan Riset Pasar, Awal dari Langkah Bisnismu!Ilustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Kamu dapat menentukan sumber pengumpulan data secara acak atau simultan dan secara keseluruhan. Kamu perlu juga untuk memastikan bahwa sumber data yang dipilih adalah relevan dan sesuai dengan target pasar untuk merepresentasikan tujuan bisnis yang kamu rencanakan.

Jika kamu memilih sumber data yang asal-asalan, maka informasi yang kamu peroleh dari riset pasar hanya akan menjadi strategis bisnis yang buruk untukmu.

5. Melakukan analisis data

5 Cara Melakukan Riset Pasar, Awal dari Langkah Bisnismu!ilustrasi analisis data (unsplash.com/Carlos Muza)

Setelah data kamu dapatkan, langkah berikutnya adalah menganalisisnya. Ada dua tipe analisis yang bisa kamu lakukan.

Untuk data kuantitatif, kamu bisa menggunakan software khusus. Sementara untuk data kualitatif, kamu perlu mengembangkan metode analisis mandiri seperti analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman).

Nah, itu dia lima cara yang bisa kamu lakukan untuk meriset pasar sebelum menjalankan bisnis. Semoga membantu ya!

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya