Comscore Tracker

Manajemen: Pengertian, Unsur, Fungsi, dan Tujuan

Pahami pengertian manajemen di sini

Istilah manajemen bukanlah hal yang asing di telinga sebagian besar orang. Manajemen erat kaitannya dengan dunia bisnis. Lantas, apa sih pengertian manajemen?

Simak penjelasan lengkap terkait manajemen, lengkap dengan fungsi, tujuan, unsur-unsur, dan hal lain yang berkaitan dengannya seperti yang telah dirangkum IDN Times di bawah ini.

1. Pengertian Manajemen

Manajemen: Pengertian, Unsur, Fungsi, dan Tujuanilustrasi catatan (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Untuk mempelajari istilah ini, mulailah dari mencari tahu pengertiannya terlebih dahulu agar poin-poin lain lebih mudah untuk dipahami. Sederhananya, istilah manajemen dapat dipahami sebagai sebuah proses dalam mengatur suatu hal yang dilaksanakan baik oleh kelompok maupun individu.

Dari definisi tersebut, berbagai hal yang wujudnya berupa pengkoordinasian, perencanaan, dan hal lain sejenisnya dapat termasuk ke dalamnya. Istilah ini dapat memiliki pengertian yang cakupannya lebih luas dan terkadang agak berbeda, misalnya dalam lingkup sebuah perusahaan.

2. Unsur-Unsur Manajemen

Manajemen: Pengertian, Unsur, Fungsi, dan Tujuanilustrasi manajemen (Pexels.com/ThisIsEngineering)

Dalam mempelajari istilah ini, terdapat pula berbagai unsur penyusun yang tentu juga harus diketahui untuk memperdalam pemahaman. Beberapa unsur yang umum disebutkan dalam berbagai sumber yang ada adalah manusia, bahan, uang, metode, pasar, dan mesin.

Manusia dapat dikatakan sebagai sebuah unsur yang memiliki nilai paling penting di antara unsur lain dalam membahas manajemen ini. Seperti yang diketahui banyak orang bahwa manusia adalah sosok yang berperan dalam proses perencanaan serta yang menjalankannya.

Selain manusia, unsur lainnya adalah bahan yang dalam bisnis merupakan unsur untuk membuat tujuan dapat digerakkan. Selain itu, ada pula unsur uang yang sudah jelas memiliki fungsi sebagai sebuah alat dalam proses penggerakan tujuan.

Unsur lain adalah metode yang merupakan sebuah cara yang telah dipilih untuk dilakukan dalam sebuah bisnis guna meraih tujuan. Pasar sendiri merujuk pada istilah konsumen yang mana merupakan target pemasaran jasa atau barang dari suatu bisnis.

Ada pula istilah mesin yang dapat dikatakan memiliki kedudukan serupa dengan bahan, yaitu sebagai komponen untuk meraih tujuan. Keenam unsur tersebut perlu dipenuhi oleh sebuah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya agar dapat berjalan dengan baik.

3. Tujuan Manajemen

Manajemen: Pengertian, Unsur, Fungsi, dan Tujuanilustrasi tujuan (Unsplash.com)

Terdapat banyak tujuan dalam terciptanya manajemen dalam berbagai bidang atau keperluan yang cukup beragam. Salah satunya adalah agar dapat menentukan strategi mana yang paling tepat dalam rangka meraih keinginan yang sebelumnya telah ditentukan.

Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk menjaga dan mengadakan pengaturan dalam semua sektor di perusahaan dengan target profit maksimal. Ada pula tujuan lainnya yaitu dalam mengevaluasi berbagai hal seperti peluang, kelemahan, kekuatan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Tips Manajemen Waktu Ini Berguna untuk Mengoptimalkan Harimu

4. Fungsi Manajemen

Manajemen: Pengertian, Unsur, Fungsi, dan TujuanPixabay/StockSnap

Kehadiran proses pengaturan ini tentunya dibarengi dengan berbagai fungsinya, seperti perencanaan, penempatan, pengorganisasian, pengawasan, hingga pengarahan. Fungsi-fungsi tersebut tentunya memiliki definisi masing-masing yang juga perlu Anda pahami dengan baik dan benar.

Terkait perencanaan, hal ini merupakan proses dalam menetapkan tujuan atau memilih serta merupakan acuan strategi yang nantinya diperlukan. Sedangkan penempatan dalam hal ini mengacu pada peran pemimpin dalam menempatkan pihak-pihak yang ada berdasarkan dengan kebutuhan.

Pengorganisasian dalam hal ini merupakan aktivitas yang berwujud membagi tugas serta merupakan proses dalam mengembangkan tatanan organisasi sesuai tujuan. Pengawasan atau controlling merupakan fungsi penilaian dari pekerjaan oleh semua bagian yang ada dalam perusahaan.

Pengarahan sesuai namanya berarti berusaha mengarahkan semua pihak dapat sama-sama berupaya meraih tujuan sesuai rencana. Setelah memahami makna-makna tersebut, Anda tentu dapat mengetahui bahwa fungsi-fungsinya sangatlah penting.

5. Bidang-Bidang Manajemen

Manajemen: Pengertian, Unsur, Fungsi, dan TujuanPexels/Startup Stock Photos

Sebuah perusahaan tentunya memiliki struktur yang jelas serta pembagian berbagai bidang termasuk dalam hal manajemen. Beberapa pembagian bidang tersebut di antaranya adalah bidang keuangan, sumber daya manusia (SDM), perkantoran, pemasaran, hingga produksi.

Bidang keuangan umumnya bertugas melakukan pengaturan keluar dan masuknya uang dalam berbagai kepentingan serta sumber dana pada perusahaan. Bidang SDM kerap disebut personalia yang tugas umumnya adalah dalam perekrutan orang-orang yang ingin bekerja sesuai posisi yang pas.

Bidang perkantoran sendiri biasanya memiliki tugas yang berfokus dalam pengaturan kantor guna terbentuknya aktivitas administrasi yang bersifat lancar. Sedangkan bidang pemasaran sendiri salah satu fungsinya dapat dikatakan sebagai pengidentifikasi kebutuhan konsumen serta cara memenuhinya.

Selain empat bidang yang telah disebutkan sebelumnya, jangan lupakan bidang produksi yang perannya tak kalah penting. Salah satu tugasnya adalah mempersiapkan produk atau jasa yang nantinya sudah siap untuk dihadirkan ke konsumen.

6. Karakteristik Manajemen

Manajemen: Pengertian, Unsur, Fungsi, dan Tujuanfreepik.com/peoplecreations

Terdapat beberapa karakteristik yang dapat ditemukan dalam proses pengaturan ini, contohnya adalah berkelanjutan, multi-dimensional, dan kegiatan kelompok. Selain itu terdapat karakteristik lain seperti universal, dinamis, orientasi pada tujuan, dan lain sebagainya.

Demikian adalah beberapa hal yang berkaitan dengan manajemen yang mungkin menarik untuk Anda gali lebih dalam. Meskipun Anda tidak bekerja dalam bidang bisnis, tak ada salahnya dengan mempelajari hal ini untuk pengetahuan tambahan.

Gaya yang Baik

Terdapat beberapa gaya manajemen yang baik dan tentu perlu diterapkan dalam sebuah perusahaan agar suasana kerja nyaman. Beberapa contoh gaya yang baik tersebut adalah demokratis, visioner, pelatih, hingga transformasional.

Demikian penjelasan lengkap terkait pengertian manajemen, beserta fungsi, tujuan, unsur-unsur, dan hal lain yang berkaitan.

Baca Juga: 5 Fungsi Manajemen Pemasaran, Penjelasan Lengkap

Topic:

  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya