Comscore Tracker

Simak! Begini Proyeksi Masa Depan Cryptocurrency di Asia

Aset digital akan jadi pilihan investasi yang makin umum

Jakarta, IDN Times – Berinvestasi merupakan salah satu dari banyak cara yang dipilih orang-orang untuk meningkatkan kekayaan. Beberapa instrumen investasi yang umum dipilih sangat beragam, mulai dari produk yang rendah risiko seperti deposito maupun saham yang risikonya lebih tinggi.

Namun belakangan, berinvestasi di mata uang digital atau cryptocurrency juga telah menjadi pilihan yang populer. Ini terjadi setelah banyak orang terbukti bisa menjadi kaya raya dalam waktu singkat dari berinvestasi di cryptocurrency.

Tingginya antusiasme investasi di cryptocurrency ini pun membuka peluang usaha bagi banyak pihak, salah satunya yaitu Marcus Lim dan Akalarp Yimwilai, yang mendirikan bursa cryptocurrency Zipmex pada 2018.

Namun, bagaimana proyeksi perkembangan cryptocurrency ke depannya? Akankah cryptocurrency semakin diterima di Asia, utamanya di Indonesia? Berikut adalah ulasan dari Zipmex mengenai topik seputar cryptocurrency dalam wawancara khusus via email dengan IDN Times, Senin (10/5/2021).

Baca Juga: Selain Bitcoin, Ini 5 Cryptocurrency yang Juga Populer

1. Bisa dijelaskan lebih detail mengenai Zipmex? Kapan didirikan dan bagaimana perkembangannya hingga kini?

Simak! Begini Proyeksi Masa Depan Cryptocurrency di Asiapixabay/the-design_org

Zipmex didirikan pada 2018 oleh Marcus Lim dan Akalarp Yimwilai. Lim dan Yimwilai memiliki mimpi membuat bursa aset digital terpercaya di Asia Pasifik yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Mimpi ini jadi nyata ketika konsep Zipmex mereka bawa ke AECS Securities di Thailand. Pada September 2019, Lim dan Yimwilai melakukan soft launching di Singapura, Australia, dan Indonesia, bertepatan dengan penutupan pendanaan pra-Serie A senilai 3 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Tahun pertama, Zipmex mengalami kesuksesan besar. Dalam sebulan pertama, volume dagang Zipmex mencapai Rp67 miliar. Kesuksesan itu terus berlanjut, hingga pada Q1 2020, Zipmex mendapat lisensi dari Securities & Exchange Commission Thailand. Juli 2020 Zipmex Thailand diluncurkan. Setelah masuk ke Indonesia pada 2019, Zipmex mengalami lonjakan yang sangat signifikan.

Berdasarkan data dari akhir tahun 2019 dengan Q1 2021, jumlah pengguna kita sudah meningkat lebih dari 1.000 persen. Peningkatan active user kita sendiri tiap bulannya meningkat hampir dua kali lipat di Q1 2021. Zipmex awalnya hanya menawarkan platform untuk jual beli aset kripto saja. Lalu, berkembang dan meluncurkan native token ZMT.

Harga ZMT dari yang hanya 0,15 dolar AS naik hingga saat ini mencapai angka Rp50 ribuan. Bahkan pernah berada di angka Rp80 ribu per token. Selain itu, tahun ini, Zipmex bekerja sama dengan bioskop chain terbesar di Thailand. Dan juga bermitra dengan Renazzo Motor untuk pembelian Lamborghini dan Tesla dengan kripto.

2. Apa saja perbedaan bursa cryptocurrency dengan bursa saham pada umumnya?

Simak! Begini Proyeksi Masa Depan Cryptocurrency di AsiaGedung Bursa Efek Indonesia. (IDN Times/Auriga Agustina)

Perbedaan yang paling signifikan tentunya bisa dilihat dari jenis aset yang diperjualbelikan. Bursa saham menjual saham dari perusahaan tertentu, dan biasanya pembelian saham itu 1 lot atau 100 lembar. Sedangkan bursa kripto itu menjual aset dalam bentuk koin atau token digital, tanpa wujud. Pembelian minimumnya macam-macam, tergantung jenis asetnya.

Di Zipmex, Bitcoin bisa dibeli mulai dari 0,000001 BTC. Sementara GOLD bisa dibeli mulai 0,00000001. Dari jam operasional, bursa aset kripto beroperasi 24/7, tidak ada hari libur atau hari raya. Jadi, pengguna dapat melakukan transaksi jual beli kapan pun mereka mau. Berbeda dengan bursa saham yang hanya beroperasi pada lima hari kerja mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

Transaksi yang terjadi di bursa aset kripto juga tidak terhalang batasan geografis. Anda bisa melakukan jual beli aset kripto di berbeda negara. Kalau bursa saham biasanya harus sesuai lokasi pengguna, atau melalui broker untuk bisa dapat saham di negara lain.

Baca Juga: BOE: Investor Cryptocurrency Harus Siap Kehilangan Semua Uangnya

3. Bagaimana pandangan Zipmex terhadap perkembangan cryptocurrency di Asia saat ini, terutama di Indonesia?

Simak! Begini Proyeksi Masa Depan Cryptocurrency di AsiaPinterest

Perkembangan aset digital di dunia termasuk Asia sangatlah cepat. Kita bisa lihat bahwa kesadaran masyarakat tentang keberadaan aset digital meningkat, begitu pula kita lihat perusahaan-perusahaan yang memfasilitasi jual-beli aset digital mengalami peningkatan jumlah pengguna dan volume perdagangan secara signifikan, termasuk Zipmex.

Di Indonesia kita lihat bahwa ada trend menarik belakangan ini di mana kita melihat lesunya bursa saham di Indonesia sementara aset digital semakin menggeliat. Berdasarkan laporan dari Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) ada 4,2 juta investor aset digital dibandingkan dengan 2 juta investor saham terdaftar.

4. Bagaimana proyeksi Zipmex tentang masa depan cryptocurrency di Asia, khususnya Indonesia?

Simak! Begini Proyeksi Masa Depan Cryptocurrency di AsiaIlustrasi Bitcoin (ANTARA/REUTERS/Benoit Tessier)

Aset digital akan menjadi pilihan investasi yang makin umum. Seperti pilihan-pilihan investasi lainnya (tabungan, deposito, reksadana, saham, properti, dll), aset digital akan menjadi pilihan investasi yang lumrah sebagai diversifikasi investasi. Selain pada tingkatan perseorangan, institusi juga akan mengadopsi aset digital sebagai bentuk diversifikasi investasi.

Hal ini telah kita lihat di banyak perusahaan global seperti MicroStrategy, Square, dan Tesla sudah membeli aset digital. Langkah ini juga akan pula diikuti oleh perusahaan-perusahaan di Asia dan Indonesia.

5. Seberapa besar cakupan pasar Zipmex di Indonesia?

Simak! Begini Proyeksi Masa Depan Cryptocurrency di AsiaPixabay.com

Kebanyakan pengguna kita berada di Jakarta. Tetapi, ada banyak juga pengguna di kota lainnya. Kalau melihat dari event trading war lalu, Kalimantan Tengah jadi salah satu kota dengan trading volume tertinggi di Indonesia.

Secara gender, lebih dari 60 persen pengguna Zipmex laki-laki. Kalau melihat dari trading volume, Zipmex saat ini berada di peringkat 64 dari 310 platform exchange aset kripto di dunia.

6. Adakah tips-tips dari Zipmex untuk investor cryptocurrency pemula?

Simak! Begini Proyeksi Masa Depan Cryptocurrency di AsiaIlustrasi Investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Zipmex menyarankan investor aset kripto pemula melakukan pembelian aset kripto yang sudah melalui review secara menyeluruh dari tim ahli. Koin dan token ini bisa Anda temukan dalam daftar aset platform exchange Zipmex. Aset kripto di Zipmex bukan hanya telah diulas secara mendalam dari berbagai sisi. Tetapi juga dilindungi oleh asuransi keamanan BitGo. Sehingga, investor tidak perlu khawatir terhadap keamanan asetnya.

Selain itu, investor pemula juga disarankan membuat rencana investasi yang baik. Kami sarankan untuk melakukan pembelian secara bertahap dan menggunakan uang yang tak akan digunakan dalam waktu dekat. Pemula juga disarankan untuk ikut belajar mengenai aset kripto sembari berinvestasi. Agar seiring waktu, investor semakin paham mengenai aset kripto dan apa saja yang mempengaruhi naik turun nilainya.

Di Zipmex, investor bisa menyimpan aset kriptonya dan mendapat bunga majemuk atas aset. Pendapatan bunga ini akan membantu investor memperoleh penghasilan pasif sekaligus membantu pengguna agar tidak terlalu terganggu dengan fluktuasi harga aset kripto yang relatif tinggi.

Baca Juga: Ini 5 Tips Investasi-Proteksi agar Efek Pandemik Gak Pengaruhi Dompetmu

7. Dibandingkan Amerika Serikat, Eropa, atau wilayah lain di dunia, bagaimana perkembangan cryptocurrency di Indonesia? Apakah tertinggal jauh?

Simak! Begini Proyeksi Masa Depan Cryptocurrency di AsiaIlustrasi Bitcoin (ANTARA/REUTERS/Benoit Tessier)

Aset digital dan blockchain termasuk teknologi yang baru yang pada umumnya kita lihat dibandingkan dengan negara bagian Eropa dan Amerika Serikat, kita mengalami proses adopsi teknologi yang lebih lama.

Tentunya hal ini merupakan tanggung jawab bersama pelaku industri seperti Zipmex dan pemerintahan untuk bersama-sama meningkatkan literasi masyarakat dan regulator mengenai aset digital dan blockchain.

8. Apakah ada pengaruh COVID-19 terhadap perkembangan cryptocurrency di Asia?

Simak! Begini Proyeksi Masa Depan Cryptocurrency di AsiaBlockchainTechnologies.com

Aset digital mengalami dampak dari segi harga dan nilai kapitalisasi pasar pada bulan pertama COVID-19 menyebar (Februari menuju Maret 2020). Setelah itu, kita bisa melihat bahwa aset digital menuju dengan indikasi mengalami peningkatan yang pesat setiap bulannya dari segi kapitalisasi pasar.

9. Bagaimana COVID-19 mempengaruhi bisnis Zipmex? Apakah memberi peluang atau tantangan yang lebih besar? Apa saja peluang atau tantangan itu?

Simak! Begini Proyeksi Masa Depan Cryptocurrency di AsiaZipmex (Sc: Rehia Sebayang)

Kita melihat COVID-19 menjadi peluang besar untuk Zipmex, industri aset digital sendiri bisa dibilang mengalami dampak negatif minimal dari pandemi COVID-19 dan justru pada periode ini kita melihat ada peningkatan kesadaran masyarakat terhadap aset digital yang menjadi peluang untuk Zipmex menggaet pengguna baru.

10. Apa keunggulan Zipmex sebagai bursa cryptocurrency dibandingkan bursa mata uang digital lainnya?

Simak! Begini Proyeksi Masa Depan Cryptocurrency di AsiaIlustrasi Mata Uang Kripto/Cryptocurrency. (IDN Times/Aditya Pratama)

1) Zipmex memiliki likuiditas aset yang tinggi dan harga yang kompetitif.

2) Biaya yang transparan serta rendah untuk trading dan tarik dana.

3) Menggunakan wallet kustodian dengan teknologi perlindungan berganda.

4) Menyediakan asuransi dari potensi peretasan senilai 100 juta dollar AS.

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya