Comscore Tracker

5 Makanan Indonesia Beraroma Menyengat yang Jadi Favorit Banyak Orang 

Tak selamanya yang menyengat itu tidak enak #LokalIDN

Tak selamanya makanan yang ada memiliki bentuk dan aroma yang menggoda selera. Makanan Indonesia khususnya. Tentu kamu pun tahu bahwa Indonesia memiliki makanan tertentu dengan aroma yang menyengat. Namun anehnya keberadaan makanan ini malah jadi favorit banyak orang. Malahan aromanya yang menyengat dianggap bisa membangkitkan selera makan.

Kalau kamu, apakah kamu juga termasuk fans dari salah satu makanan beraroma menyengat di bawah ini?

 1. Petai 

5 Makanan Indonesia Beraroma Menyengat yang Jadi Favorit Banyak Orang instagram.com/kukuh_kurniadi

Siapa yang tidak tahu dengan petai? Makanan bertekstur seperti kacang dan berwarna hijau muda ini dikenal memiliki aroma yang menyengat. Namun petai pun menjadi primadona penggemar sambal goreng kentang petai dan lalapan. Tanpa petai, hidangan tersebut dianggap kurang menghentak.

Petai sendiri ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan lho seperti membantumu untuk mengontrol gula darah, melawan reaksi radikal bebas yang ada dalam tubuh, dan bahkan bisa membasmi kuman dan jamur penyebab infeksi. Wah, gak heran nih kalau ada banyak orang yang doyan makan petai.

2. Jengkol 

5 Makanan Indonesia Beraroma Menyengat yang Jadi Favorit Banyak Orang instagram.com/aras_galeri

Jengkol juga termasuk dalam makanan khas Indonesia dengan aroma yang gak banget. Meski begitu, jika diolah dengan tepat, jengkol bisa menjadi hidangan yang lezat. Tentu kamu pun mengenal masakan semur jengkol yang jadi jodoh nasi uduk. Gabungan dari kedua makanan ini akan menimbulkan sensasi lezat di dalam mulut. Kamu setuju?

Baca Juga: 10 Resep Olahan Petai yang Lezat, Cocok untuk Lauk Harian

3. Durian 

5 Makanan Indonesia Beraroma Menyengat yang Jadi Favorit Banyak Orang instagram.com/dtstorecibubur

Meski memiliki sebutan king of fruit, durian memiliki aroma yang menusuk hidung. Namun, durian memiliki fans garis keras yang rela untuk membelinya dengan harga mahal demi bisa merasakan sensasi manis dan lembut dagingnya.

Tak hanya dimakan secara langsung, durian bisa diolah menjadi beragam dessert lezat seperti pancake durian, es krim durian, hingga durian goreng yang terkenal di Malaysia.

4. Terasi 

5 Makanan Indonesia Beraroma Menyengat yang Jadi Favorit Banyak Orang instagram.com/difotohin

Olahan sambal terkadang terasa tidak lengkap tanpa sentuhan terasi di dalamnya. Makanan yang terbuat dari fermentasi udang ini meski dikenal memiliki aroma menyengat, dianggap mampu meningkatkan kelezatan sambal. Kamu pun pasti setuju jika sajian ayam goreng akan terasa lebih nendang jika dimakan dengan sambal terasi secara bersamaan. Apalagi jika sambalnya super pedas. Bikin kamu nambah nasi berkali-kali!

5. Ikan asin 

5 Makanan Indonesia Beraroma Menyengat yang Jadi Favorit Banyak Orang instagram.com/radissafood

Selain bisa dikonsumsi secara langsung baik mentah maupun dimasak terlebih dahulu, banyak masyarakat Indonesia doyan makan ikan asin yang sebelumnya diolah dengan cara digarami, dikeringkan, dan memiliki aroma menyengat. Alasannya karena aroma ikan asin yang menyengat tersebut segera berubah menjadi aroma yang bisa membangkitkan nafsu makan segera setelah digoreng. Apalagi jika disantap dengan sambal yang pedas.

Tak berakhir di situ, ikan asin pun bisa diolah jadi masakan lain seperti ditumis atau dimasak dengan kuah santan.

Meski unik karena aromanya yang menyengat, makanan di atas memiliki penggemar penggemarnya tersendiri. Apakah ada dari makanan di atas yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 8 Resep Olahan Ikan Asin yang Maknyus, Cocok Buat Pilihan Lauk Praktis

Pompom Pompei Photo Writer Pompom Pompei

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya