Comscore Tracker

5 Rekomendasi Kedai Bakmi Jawa khas Yogyakarta Terenak di Jakarta 

Rasanya tak kalah lezat, lho #IDNTimesFood #LokalIDN

Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal akan wisata kuliner yang lezat dan menggiurkan. Identik dengan rasa yang manis, kuliner khas Yogyakarta bisa dikatakan sebagai salah satu makanan yang cukup mudah dijumpai di kota-kota besar, khususnya Jakarta.

Salah satu makanan yang paling populer akan kelezatan rasanya ialah bakmi Jawa. Bakmi Jawa sendiri memiliki dua varian yang dua-duanya banyak digemari, yaitu direbus atau pun digoreng. 

Nah, bagi kalian yang ingin menikmati kelezatan dari bakmi Jogja tanpa harus ke Jogja, kalian dapat mengunjungi beberapa rekomendasi kedai bakmi Jawa khas Yogyarkta yang ada di Jakarta berikut ini. Yuk, simak ulasan berikut!

1. Bakmi Jawa Mbah Putih

5 Rekomendasi Kedai Bakmi Jawa khas Yogyakarta Terenak di Jakarta Bakmi Jawa (instagram.com/jogjaculinary.id)

Rekomendasi kedai bakmi Jawa khas Yogyakarta di Jakarta yang pertama ialah bakmi Jawa Mbah Putih. Bakmi Jawa yang ditawarkan di warung gerobak ini tersedia dua varian. Mulai dari bakmi rebus atau godog dan juga bakmi goreng. Untuk bakmi godog-nya sendiri terbilang memiliki porsi yang cukup banyak yang diisi dengan mi, suwiran ayam, sawi hingga bawang goreng. Satu porsi menu bakmi godog maupun bakmi goreng di sini dibanderol sekitar Rp 25.000.

Bakmi Jawa Mbah Putih berlokasi di Jl. Limboto No. 98, Jakarta Pusat dan buka mulai dari pukul 17.00 hingga pukul 00.00 WIB.

2. Bakmi Jogja Jape Methe

5 Rekomendasi Kedai Bakmi Jawa khas Yogyakarta Terenak di Jakarta Bakmi Jogja Jape Methe (instagram.com/mamskuuy)

Jika kalian berada di kawasan Tebet, kalian wajib banget mampir ke bakmi Jogja jape methe. Warung ini menyajikan beragam menu makanan, mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern.

Seperti warung bakmi pada umumnya, tentu saja menu populer di sini adalah bakmi jawanya. Keunikan dari bakmi Jogja Jape Methe ini adalah cara meracik bakmi Jawanya yang terbilang masih dengan cara tradisional, yaitu dengan menggunakan tungku arang. Untuk satu porsi bakmi di sini dibanderol sekitar Rp 20.000. 

Bakmi Jogja Jape Methe berlokasi di Jl. Tebet Timur Dalam No. 57, Jakarta Selatan dan buka mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB.

Baca Juga: Coba Yuk! Resep Bakmi Godog Jogja yang Hangat dan Nikmat

3. Bakmi Jogja Mbah Surip 

5 Rekomendasi Kedai Bakmi Jawa khas Yogyakarta Terenak di Jakarta Bakmi Jogja Mbah Surip (instagram.com/eazycomeneazygo)

Bakmi Jogja Mbah Surip merupakan salah satu kedai bakmi Jawa yang cukup tersohor sejak dulu baik di daerah asalnya maupun di Jakarta. Kedai ini memiliki keunikan tersendiri yaitu gerobaknya digantungi oleh beberapa ekor ayam kampung, membuat siapa punmudah mengenal bakmi Jogja mbah Surip tersebut. 

Bakmi Jogja Mbah Surip di sini masih mempertahankan keaslian dari daerah asalnya, Jogja. Hal itu dapat dilihat dari proses memasaknya yang menggunakan tungku arang atau orang Jawa biasa menyebutnya dengan sebutan anglo. Jika ingin menikmati seporsi bakmi Jogja, kalian cukup membayar sekitar Rp 18.000 saja. 

Bakmi Jogja Mbah Surip berlokasi di Jl. Ampera Raya, Jakarta Selatan dan buka mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 23.00.

4. Bakmi Djogja Mas Tok

5 Rekomendasi Kedai Bakmi Jawa khas Yogyakarta Terenak di Jakarta Bakmi Djogja Mas Tok (instagram.com/sendok_garpu.inc)

Berada di warung sederhana, Bakmi Djogja Mas Tok bisa dikatakan tak pernah sepi pengunjung. Hal itu disebabkan oleh cita rasa dari Bakmi Djogja Mas Tok menyajikan rasa yang mengingatkan rasa bakmi yang berada di daerah aslinya.

Menu yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari bakmi Jawa yang dimasak dengan cara direbus atau digoreng, bihun rebus dan goreng, nasi goreng dan magelangan. Di sini kalian juga dapat menambah isian lainnya sebagai pelengkap, seperti paha, sayap, ati ampela, dan isian lainnya. Untuk harganya sendiri dibanderol mulai dari Rp 22.000.

Bakmi Djogja Mas Tok berlokasi di Jl. Warung Buncit Raya No. 448, Jakarta Selatan dan buka pukul 11.30 hingga 23.30.

5. Bakmi Jogja Dharmawangsa 

5 Rekomendasi Kedai Bakmi Jawa khas Yogyakarta Terenak di Jakarta Bakmi Jogja Dharmawangsa (instagram.com/wiwi_sy1)

Rekomendasi tempat makan bakmi Jogja di Jakarta selanjutnya ialah Bakmi Jogja Dharmawangsa. Di sini mereka menawarkan rasa bakmi Jogja tradisional seperti di Yogyakarta. Menu andalan dari warung ini adalah bakmi Jawa godog mereka yang memiliki tekstur mie yang lembut dengan kuah kaldu ayam gurih dan berisikan irisan kol, tomat, suwiran ayam, dan juga orak-arik telur. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp 22.000 hingga Rp 30.000. Perbedaan harga disesuaikan dengan isian yang dipilih pada menu bakmi Jawa. 

Bakmi Jogja Dharmawangsa berlokasi di Jl. Dharmawangsa Raya No. 10C, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tak perlu jauh-jauh ke Jogja, cukup datangi lima rekoemdasi kedai di atas kalian sudah dapat merasakan cita rasa bakmi Jawa khas Yogyakarta. 

Baca Juga: 5 Tempat Berburu Kuliner Nasi Khas Sunda di Jakarta, Hayu Dahar! 

Alvina Putri Rahmanita Photo Verified Writer Alvina Putri Rahmanita

Hello:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya