Comscore Tracker

Bukan Restoran, 5 Makanan Ini Justru Lebih Enak Dimasak di Rumah 

Ini chef-nya sendiri yang bilang, lho

Kalau lagi malas masak, pergi ke restoran menjadi pilihan yang menarik gak sih? Tinggal duduk dan pesan makanan yang kita inginkan, nikmati deh! Tapi, kamu tahu gak sih, kalau ada beberapa makanan yang justru lebih enak dimasak di rumah.

Alasannya beragam, salah satunya membutuhkan penyimpanan yang lama. Kira-kira ada hidangan favoritmu gak ya?

1. Ayam panggang

Bukan Restoran, 5 Makanan Ini Justru Lebih Enak Dimasak di Rumah washingtonpost.com

Ayam panggang jadi salah satu hidangan simpel yang bisa kamu masak di rumah, bahkan bagi pemula sekalipun. Lebih juicy dan mantap, ayam panggang buatan rumah seringkali lebih enak daripada yang dijual di restoran.

Tuntutan dapur restoran yang harus gerak cepat berpengaruh pada tekstur ayam. Normalnya, ayam harus didiamkan sekitar 15 menit sebelum dipotong agar tetap moist. Tapi, hal itu pasti terlewatkan kalau kamu makan di restoran.

Bumbu yang digunakan tergantung pada selera, mau pakai bumbu kecap, bumbu rica, bumbu rujak, semuanya boleh. Pelengkapnya pun beragam, bisa dimakan dengan nasi, kentang, atau salad. Oh iya, supaya ayam panggang buatanmu lebih sedap, gunakan mentega yang banyak di bagian luar ayam dan rendam lebih lama dalam bumbu racikan. 

2. Iga bakar

Bukan Restoran, 5 Makanan Ini Justru Lebih Enak Dimasak di Rumah splendidtable.org

Lebih baik dari restoran, kehangatan kumpul bersama keluarga dan sahabat akan kamu rasakan saat memasak iga bakar di rumah. Saus iga bakar bisa diracik sesuka hati, bakal lebih nendang deh rasanya.

Iga yang dimasak di rumah juga akan memiliki rasa yang lebih kuat. Hal ini dikarenakan kamu bisa merendam iga ke bumbu semalaman. Duh, bikin ngiler ya!

3. Sup ayam

Bukan Restoran, 5 Makanan Ini Justru Lebih Enak Dimasak di Rumah unsplash.com/henriquefelix

Sebagai makanan penenang saat suntuk dan sakit, sup ayam memang lebih enak dimasak di rumah. Setiap rumah memiliki resep sup ayam tersendiri yang sudah sesuai dengan lidahmu. Menghangatkan hingga ke hati, rasa autentik sup rumahan tidak akan ditemui di restoran mana pun.

Ada sup ayam yang kaya rempah, sup ayam bening yang segar, atau sup ayam yang kental. Campurannya juga berbeda nih, ada yang pakai taoge, jagung, daun bawang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ah, jadi rindu hangatnya rumah...

Baca Juga: 12 Makanan Ini Awetnya Melebihi Masa Kedaluwarsa, Ada yang Selamanya

4. Saus tomat

Bukan Restoran, 5 Makanan Ini Justru Lebih Enak Dimasak di Rumah unsplash.com/DennisKlein

Cocok jadi cocolan apapun, saus tomat masuk ke dalam daftar makanan yang wajib ada di rumah. Lebih sehat dan sedap, saus tomat lebih baik dimasak di rumah. 

Tiap orang memiliki selera saus tomat yang berbeda. Ada yang manis, asam, kental, bahkan cenderung cair. Sentuhan tangan yang lebih personal, campuran saus tomat juga beragam. Bisa dicampur cincangan daging ayam, sapi, bakso, sosis, dan sebagainya. 

5. Udang

Bukan Restoran, 5 Makanan Ini Justru Lebih Enak Dimasak di Rumah hungerpacks.com

Hidangan laut yang jadi favorit banyak orang ini juga lebih baik dimasak di rumah, lho. Sering disajikan dalam acara-acara spesial, kita bisa mengolah udang dengan berbagai macam cara dan saus.

Kita bisa merebus, menggoreng, memanggang, atau membakarnya. Tergantung selera, kamu bisa memasaknya tanpa kulit atau dengan kulitnya sekaligus. Kamu bisa melakukan percobaan dengan menambahkan berbagai bahan, seperti nanas, oregano, atau lainnya. 

Setelah membaca penjelasan di atas, kamu jadi pengin masak di rumah gak? Apa mau tetap ke restoran?

Baca Juga: 10 Bahan Makanan yang Bisa Diolah Jadi Apa Saja, Wajib Ada di Dapur!

Topic:

  • Fina Wahibatun Nisa
  • Dewi Suci R.

Just For You