Comscore Tracker

10 Tempat Makan Keluarga di Bandung yang Bikin Kumpul Jadi Seru

Nyaman, kekinian, dan harganya terjangkau pula

Bandung terkenal dengan perkembangan dunia kulinernya yang selalu muncul inovasi baru. Banyak kafe atau restoran berkonsep unik dan Instagramable untuk menarik minat anak muda.

Sayang, gak semua kafe cantik ini cocok untuk didatangi bersama keluarga besar. Bisa jadi karena ukurannya yang tak terlalu luas, suasana yang terlalu ramai, fasilitasnya kurang pas untuk anak kecil, dan sebagainya.

Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, IDN Times telah merangkum 10 tempat makan keluarga di Bandung yang bikin acara kumpul keluarga kamu jadi lebih seru dan spesial.

1. Roemah Seafood

10 Tempat Makan Keluarga di Bandung yang Bikin Kumpul Jadi SeruInstagram.com/kulinerbandung

Roemah Seafood termasuk salah satu tempat makan sari laut yang hits di Bandung. Bahkan banyak artis dan public figure terkenal datang ke sini, lho. Tempatnya berupa rumah yang di-touchup, bernuansa pantai dengan ornamen seperti papan selancar, pasir dan batu pantai, serta mural sunset.

Bahan makanan di sini bisa dipastikan segar, karena ada kolam lobster dan kepiting hidup. Setelah kamu memesan, barulah lobster atau kepiting itu ditimbang dan diolah. Lobster dengan bumbu hot chilli, garlic butter, atau bumbu telur asin menjadi salah satu menu andalan kafe ini. 

Alamat: Jalan Terusan Pasir Koja Nomor 267, Bandung
Jam operasional: 11.30-22.00 WIB

2. Cafe D'Pakar

10 Tempat Makan Keluarga di Bandung yang Bikin Kumpul Jadi SeruInstagram.com/annisanurpratiwii

Makan bareng keluarga ditemani pemandangan alam dan udara sejuk pasti bikin acara kumpul jadi makin istimewa. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Cafe D'Pakar di kawasan Dago. 

Terdapat area indoor dan outdoor dengan beberapa model tempat makan. Seperti meja dan kursi dari batang pohon di pinggir tebing hingga saung kecil berbentuk kapal. Variasi makanannya pun beragam, seperti camilan hingga makanan berat yang mayoritas masakan Indonesia.

Alamat: Jalan Dago Pakar Utara, Sekejolang, Ciburial, Cimenyan, Bandung
Jam operasional: 

-Weekdays: 11.00-18.00 WIB
-Weekend: 09.00-18.00 WIB

3. 90 Kitchen & Bar

10 Tempat Makan Keluarga di Bandung yang Bikin Kumpul Jadi SeruInstagram.com/90_kitchenbar

Tempatnya luas banget dan terbagi dalam beberapa ruang. Setiap ruangan memiliki nuansa berbeda, meski masih satu tema dan semuanya Instagramable.

Pilihan menunya variatif, ada aneka makanan Jepang seperti ramen, udon, kari, dan tenpayaki. Ada juga makanan Western dan Italia seperti pizza, pasta, steik, dan lain-lain. Pecinta makanan Indonesia juga tetap akan dimanjakan dengan sejumlah menu khas Nusantara.

Alamat: Jalan R.E. Martadinata Street Nomor 90, Cihapit, Bandung Wetan
Jam operasional: 

-Weekdays: 11.00-01.00 WIB
-Weekend: 11.00-02.00 WIB

4. Jiganasuki

10 Tempat Makan Keluarga di Bandung yang Bikin Kumpul Jadi SeruInstagram.com/bandungfoodsociety

Datang ke tempat all you can eat, seperti Jiganasuki, bisa jadi solusi kalau keluarga kamu suka makan besar. Ada beberapa paket yang bisa kamu ambil, antara lain Diamond (Rp327 ribu), Platinum (Rp258 ribu), Gold (Rp180 ribu), Silver (Rp165 ribu), dan Bronze (Rp140 ribu).

Kalau paket Silver, kamu hanya bisa menikmati suki tanpa grill alias bakaran, sedangkan paket Bronze hanya bisa menikmati menu buffet tanpa suki atau grill. Paket Gold ke atas mendapat daging jenis spesial, yakni US beef dan New Zealand beef.

Dijamin kamu bakal puas, karena pilihannya banyak banget. Mulai dari aneka nasi, sushi, dessert, dan belasan jenis minuman yang bisa kamu nikmati tanpa batas.

Alamat: Jalan Sukajadi Nomor 201, Cipedes, Sukajadi, Kota Bandung
Jam operasional: 10.00-23.00 WIB

5. Bumi Kiwari

10 Tempat Makan Keluarga di Bandung yang Bikin Kumpul Jadi SeruInstagram.com/bumikiwari

Kalau kamu sudah bosan dengan kafe-kafe kekinian yang mayoritas berkonsep industrial dan modern, Bumi Kiwari bisa jadi tempat untuk refresh. Tempatnya nyaman dan adem. Interiornya pun lebih sederhana dengan ornamen bernuansa etnik.

Banyak menu khas Nusantara yang bisa kamu nikmati, seperti nasi goreng, bakaran, dan lain-lain. Selain itu, racikan kopi di Bumi Kiwari jadi salah satu andalan karena memakai biji kopi yang ditanam dan diolah sendiri.

Alamat: Jalan Balong, Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung
Jam operasional: 

-Weekdays: 12.00-22.00 WIB
-Weekend: 10.00-22.00 WIB

6. Bumi Sunda Resto

10 Tempat Makan Keluarga di Bandung yang Bikin Kumpul Jadi SeruInstagram.com/kemanamanamakan

Masih soal rumah makan khas Indonesia, kamu juga bisa menikmati aneka menu di Bumi Sunda Resto, terutama makanan Sundanya yang nikmat. Beberapa menu yang jadi andalan di sana yakni olahan ikan guramenya, mulai dari bakar, pesmol, acar kuning, dan sebagainya. Tempatnya cukup cozy, kamu bisa memilih duduk di kursi atau gazebo lesehan.

Alamat: Jalan BKR Nomor 182-184, Ciateul, Regol, Kota Bandung
Jam operasional: 

-Weekdays: 11.00-22.00 WIB
-Weekend: 10.30-22.30 WIB

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Bandung Paling Hits dan Wajib Dikunjungi 

7. Delapan Padi

Tempatnya spacy dengan area indoor dan outdoor. Di halaman belakang ada area makan dengan kursi ayunan kayu yang Instagramable dan jadi salah satu spot favorit pengunjung. 

Selain itu, keunikan ada pada pembagian menunya. Pukul 10.00-14.00, menyediakan prasmanan makanan Indonesia, dan makanan Western di atas pukul 14.00.

Alamat: Jalan Dipati Ukur Nomor 8 Bandung, Jawa Barat
Jam operasional: 

- Weekdays: 10.00-22.00 WIB
- Weekend: 10.00-23.00 WIB

8. Kampung Daun Culture Gallery & Cafe

10 Tempat Makan Keluarga di Bandung yang Bikin Kumpul Jadi SeruInstagram.com/ivanmarchius

Kalau masuk ke sini, rasanya malah kayak datang ke kampung wisata, bukannya ke tempat makan. Karena konsepnya memang dibuat mirip desa dengan suasana yang tenang dan asri. Ada saung-saung bambu, kolam dan air terjun mini, hingga ornamen rumah-rumah kuno.

Cara memanggil pramusaji dan pesan menunya pun cukup unik. Kamu harus memukul kentongan yang tersedia di tiap saung. Menu di sini hampir seluruhnya makanan Indonesia, mulai dari olahan ayam, ikan, daging, dan sayuran.

Dari segi harga relatif agak mahal mulai dari Rp17 ribu sampai Rp100 ribuan. Tapi porsinya bisa sharing, terutama menu-menu utama. Alternatif lainnya, kamu bisa pilih paket hematnya. 

Alamat: Perumahan Villa Triniti Blok RR1, Jalan Sersan Bajuri Nomor 88 KM 4.7, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat
Jam operasional: 10.00-22.00 WIB

9. Imah Seniman

10 Tempat Makan Keluarga di Bandung yang Bikin Kumpul Jadi SeruInstagram.com/nauzah

Restoran keluarga satu ini recommended banget, apalagi kalau kamu punya rencana sekalian menginap. Imah Seniman terdiri dari resor, restoran, spa, dan art gallery.

Tapi kalau hanya ingin makan tanpa menginap juga boleh-boleh saja. Tempat makannya cukup unik, karena berupa joglo di pinggir danau. Kalau dilihat dari jauh, bentuknya mirip atap rumah yang tenggelam.

Kamu bisa menikmati aneka masakan khas Sunda sambil duduk di tepi danau dan menikmati udara sejuk dari kawasan hutan di sekitarnya. Selain itu, ada galeri seni yang berisi kerajinan khas Jawa Barat dan daerah-daerah lainnya.

Alamat: Jalan Kolonel Masturi Nomor 8 Gudangkahuripan, Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam operasional: setiap hari 08.00-22.00 WIB 

10. Nara Park

10 Tempat Makan Keluarga di Bandung yang Bikin Kumpul Jadi SeruInstagram.com/forestacoffeeid

Tempat ini menggabungkan tujuh restoran dan kafe sekaligus, jadi cocok keluarga yang masing-masing orangnya suka picky soal makanan. Masing-masing kafe punya eksterior berbeda, meski semuanya masih satu tema, back to nature.

Menu yang disajikan cukup variatif, ada makanan Western, Jepang, dessert, olahan kopi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Di samping itu, tempat ini punya area bermain untuk anak, mulai dari rumah pohon, instalasi balon udara, kebun kelinci, dan sebagainya.

Nara Park lokasinya persis di sebelah Rabbit Town, jadi kamu bisa sekalian jalan-jalan ke sana.

Alamat: Jalan Rancabentang Nomor 28, Ciumbuleuit, Cidadap, Kota Bandung
Jam operasional:

- Weekdays: 08.00-22.00 WIB
- Weekend: 08.00-23.00 WIB

Nah, itulah 10 tempat makan keluarga yang bisa kamu datangi di Kota Bandung. Ada yang sudah pernah kamu kunjungi?

Baca Juga: 9 Tempat Nongkrong di Bandung yang Unik dan Paling Kekinian

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Just For You