Comscore Tracker

5 Fakta Sroto Sokaraja, Soto Khas Banyumas yang Sedapnya Nagih

Nikmatnya beda dari yang lain

Banyumas punya olahan soto yang unik, sroto sokaraja namanya. Soto unik ini disajikan dengan ketupat, kerupuk, tempe mendoan, dan sambal kacang. Sroto sokaraja sendiri menjadi tujuan kuliner traveler yang pergi ke Banyumas dan Purwokerto, lho.

Apalagi bagi yang kerap melintasi jalur utara Jawa, pantang untuk tidak mampir mencicipi kuliner sedap satu ini. Sebelum mencicipinya, kamu harus tahu dulu beberapa fakta unik dari sroto sokaraja khas Banyuman ini.

1. Asal-usul sroto sokaraja

5 Fakta Sroto Sokaraja, Soto Khas Banyumas yang Sedapnya NagihSroto sokaraja (instagram.com/nanjing_corner)

Sroto sokaraja merupakan sebutan soto di daerah Banyumas, Purwokerto, dan sekitarnya. Diberi nama sroto karena kebanyakan orang Banyumas menyebut soto dengan sroto.

Kata"sokaraja" sendiri berasal dari daerah asal kuliner berkuah ini yaitu daerah Sokaraja di Banyumas. Di sana kamu akan menemukan dengan mudah deretan kedai sroto sokaraja yang sedap.

2. Disajikan bersama sambal kacang

5 Fakta Sroto Sokaraja, Soto Khas Banyumas yang Sedapnya NagihSroto sokaraja (instagram.com/nashirasaratina)

Sekilas, tampilannya mirip dengan soto yang biasa kamu makan. Namun ternyata, sroto sokaraja memiliki kuah berwarna cokelat yang berasal dari sambal kacang. Berbeda dari soto lain yang menggunakan sambal, sroto sokaraja disantap dengan sambal kacang.

Cara makannya bisa secara terpisah atau langsung dicampurkan ke dalam sotonya. Sambal kacang memberikan rasa gurih terhadap sroto sokaraja khas Banyumas ini. 

3. Ketupat dan tempe mendoan menjadi pelengkap

5 Fakta Sroto Sokaraja, Soto Khas Banyumas yang Sedapnya NagihSroto sokaraja (instagram.com/pawone.inyong)

Selain sambal kacang, sroto sokaraja juga dinikmati dengan ketupat, lho. Cukup unik, karena biasanya soto disantap bersama nasi. Pada sroto sokaraja, ketupat dipotong ke dalam wadah terpisah. Nantinya dihidangkan bersama sroto dan pelengkap lainnya.

Pelengkap lainnya yang tak boleh ketinggalan saat menyantap sroto sokaraja adalah tempe mendoan. Rasa tempe yang gurih dengan tekstur yang tak terlalu kering menambah nikmat sroto. 

Baca Juga: Resep Soto Madura yang Rasanya Gak Kalah Enak dari Soto Daerah Lain

4. Taburan kerupuk warna dan kedelai menambah gurihnya sroto sokaraja

5 Fakta Sroto Sokaraja, Soto Khas Banyumas yang Sedapnya NagihKerupuk pelengkap sroto (instagram.com/nashirasaratina)

Hal menarik lainnya dari sroto sokaraja adalah kerupuk warna merah atau warna-warni yang ada di atasnya. Kerupuk ini diberi nama cantir. Bahan baku pembuatannya adalah ubi kayu atau singkong.

Biasanya, kerupuk cantir ini diremas dan ditaburkan di atas sroto. Selain kerupuk, kamu akan menemukan taburan kacang kedelai goreng di atas soto khas Banyumas ini. Gak kalah nikmat, lho!

5. Banyak orang ketagihan sroto sokaraja yang sedap

5 Fakta Sroto Sokaraja, Soto Khas Banyumas yang Sedapnya NagihSroto sokaraja (instagram.com/dapoersikoko)

Ikut dipengaruhi budaya Tiongkok, sroto sokaraja menjadi kuliner Banyumas yang disukai banyak orang. Rasanya yang khas dan sedap membuat banyak orang ketagihan dengan sroto sokaraja.

Apalagi saat musim hujan, menyantap sroto dengan kuahnya yang segar mampu menghangatkan badan. Selain ada di Banyumas, sroto sokaraja ditemukan di daerah Purwokerto, dan sekitarnya.

Kini kamu sudah tahu fakta dari sroto sokaraja khas Banyumas ini, deh. Punya rasa dan penyajian yang unik, pastikan kamu mencicipi soto satu ini ketika berkunjung ke Banyumas atau Purwokerto. Sudah siap kulineran?

Baca Juga: 6 Resep Soto Khas Nusantara Anti Ribet, Cocok Dihidangkan Saat Hujan

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya