Comscore Tracker

5 Tips Menghindari Cipratan Minyak Saat Menggoreng, Lebih Aman!

Memasak jadi tak perlu khawatir terciprat, deh

Menggoreng makanan merupakan salah satu aktivitas yang cukup sering dilakukan banyak orang. Proses menggoreng ini biasanya menggunakan aneka bahan dengan minyak yang sudah dipanaskan di dalam wajan.

Namun, salah satu risiko dari menggoreng adalah cipratan minyak yang sering terjadi. Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut caranya.

1. Pastikan wajan bersih dari air

5 Tips Menghindari Cipratan Minyak Saat Menggoreng, Lebih Aman!tasteofhome.com

Salah satu penyebab dari minyak yang terciprat adalah karena adanya air pada wajan. Oleh sebab itu, kamu perlu memastikan bahwa wajan yang digunakan telah benar-benar kering dan bersih dari air. Dengan cara demikian, maka kamu pun akan terhindar dari cipratan minyak.

2. Menaburkan garam pada wajan

5 Tips Menghindari Cipratan Minyak Saat Menggoreng, Lebih Aman!indiatvnews.com

Tak banyak yang tahu bahwa menambahkan garam pada wajan berisi minyak dapat membantu mengurangi risiko terciprat. Caranya adalah dengan menaburkan garam ke dalam wajan berisi minyak dan biarkan hingga terlarut, lalu proses penggorengan pun dapat dimulai. Namun, pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak garam lagi pada bahan makanan bila tak ingin rasanya terlampau asin.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Santan biar Gak Pecah, Rasanya Tetap Gurih

3. Tambahkan tepung terigu ke dalam wajan panas

5 Tips Menghindari Cipratan Minyak Saat Menggoreng, Lebih Aman!m.timesofindia.com

Bahan lainnya yang dapat digunakan untuk mengurangi risiko letupan adalah tepung terigu. Caranya adalah menambahkan tepung terigu ke dalam wajan panas. Tepung dipercaya mampu meresap sisa-sisa air yang menempel sehingga membuat minyak pun tak akan mudah meletup.

4. Jangan sering membolak-balikkan makanan

5 Tips Menghindari Cipratan Minyak Saat Menggoreng, Lebih Aman!suwanneerose.com

Kamu yang sedang menggoreng mungkin sering membolak-balikkan bahan makanan pada wajan panas. Sebenarnya cara ini tidak disarankan, lho. Selain akan membuat kematangannya tak merata,  membolak-balikkan bahan makanan juga akan membuat minyak mudah meletup.

5. Gunakan pakaian lengan panjang

5 Tips Menghindari Cipratan Minyak Saat Menggoreng, Lebih Aman!homestratosphere.com

Cara ampuh lainnya dalam menghindari letupan minyak adalah dengan menggunakan pakaian lengan panjang. Penggunaan pakaian lengan panjang akan membantumu dalam mengatasi cipratan minyak berlebih. Dengan cara demikian, maka kamupun terhindar dari cipratan minyak, deh.


Ternyata tak sulit dalam mengatasi cipratan minyak yang sering terjadi saat menggoreng. Yuk, coba!

Baca Juga: 10 Tips Masak Kentang Goreng yang Renyah dan Gurih ala Resto Fast Food

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya