Comscore Tracker

5 Tips Memilih Buah Lemon yang Segar untuk Dikonsumsi

Segarnya bikin ceriakan hari

Buah berwarna kuning lonjong ini mungkin sudah cukup familiar bagi masyarakat umum. Jenis jeruk yang biasa digunakan sebagai bahan minuman ataupun penyedap ini cukup populer untuk dimanfaatkan. Lemon mampu tumbuh dan berkembang di daratan tropis maupun sub-tropis, bahkan beberapa negara di daratan Eropa maupun Amerika Selatan pun telah membudidayakannya. Dibalik cita rasanya yang segar nan kecut, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memilih lemon yang segar dan tepat untuk dikonsumsi?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih lemon yang segar dan lezat untuk dikonsumsi, simak yuk apa saja!

1. Permukaan kulit lemon menentukan kualitasnya

5 Tips Memilih Buah Lemon yang Segar untuk Dikonsumsidailysignal.com

Pilihlah jeruk lemon yang memiliki kualitas baik yaitu dengan cara melihat pada bagian permukaan kulitnya. Pastikan kulit lemon mulus dan halus, tidak ada guratan, sayatan, memar, ataupun lainnya yang dapat menyebabkan kualitas dari lemon menurun. Lemon yang memiliki permukaan kulit mulus juga dapat menjadi indikasi bahwa lemon tersebut dalam kualitas baik dan segar.

2. Warna pada lemon

5 Tips Memilih Buah Lemon yang Segar untuk Dikonsumsiwikipedia.org

Pastikan untuk memilih lemon yang sesuai dengan selera khususnya pada kematangannya. Lemon yang matang memiliki ciri khas warna yang berbeda, yaitu untuk lemon lokal warnanya lebih kuning muda, sementara lemon impor warnanya lebih kuning tua. Meski memiliki kematangan sempurna atau baik, tapi lemon impor cenderung lebih harum dan juga tidak seasam lemon lokal.

3. Lemon berukuran kecil dan berwarna kuning cerah untuk rasa jus yang terbaik

5 Tips Memilih Buah Lemon yang Segar untuk Dikonsumsisobeys.com

Jika kamu menginginkan untuk mengolah lemon menjadi jus, maka trik paling tepat adalah memilih lemon yang berukuran kecil, namun memiliki warna yang lebih kuning. Biasanya lemon dengan karakteristik seperti ini lebih cocok dan lezat untuk diolah menjadi jus dengan cita rasa yang menyegarkan dan perpaduan kecut nan manis

Baca Juga: 7 Olahan Minuman dari Lemon Ini Bisa Bikin Dahagamu Hilang Seketika

4. Bertekstur lembut

5 Tips Memilih Buah Lemon yang Segar untuk Dikonsumsicosmopolitan.co.id

Pemilihan lemon yang sesuai juga mengenai tekstur dan konsistensi dari lemon tersebut. Pilihlah lemon yang cenderung lebih lembut saat dipegang karena lemon dengan tekstur seperti itu akan memiliki kadar air yang lebih banyak sehingga lembut. Jangan memilih lemon yang bertekstur keras karena bisa jadi belum matang secara sempurna.

5. Memilih lemon yang berbentuk baik

5 Tips Memilih Buah Lemon yang Segar untuk Dikonsumsiaca.co.id

Kualitas pada lemon juga menjadi aspek terpenting dalam pemilihannya. Pilihlah lemon yang terlihat segar dan memiliki kulit yang juga masih baik, tidak berkerut maupun keriput. Lemon dengan kulit yang berkeriput ataupun berkerut bisa menjadi indikasi bahwa lemon tersebut telah lama dibiarkan sehingga kualitasnya pun menurun.

Nah, 5 tips memilih lemon di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin membeli lemon agar tidak salah dalam memilih lemon dengan kualitas terbaik. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 11 Kreasi Minuman Unik Berbahan Lemon Selain Lemon Tea, Segar Banget

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Penulis biasa yang butuh banyak inspirasi. Mari berteman dan terhubung melalui @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You