Comscore Tracker

Bermanfaat, 5 Tips Memilih Sendok yang Aman dan Sesuai Kebutuhan

Yuk cari tahu sebelum membeli!

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kamu tidak bisa terlepas dengan alat dapur yang namanya sendok. Sendok biasanya dipakai untuk makan atau pun mengaduk makanan dan minuman agar tercampur rata. Pemilihan sendok dapat berpengaruh pada kesehatan dan selera makan, lho. Ada banyak varian sendok yang tersedia di pasaran tergantung dari bahan, ukuran, dan tujuan penggunaannya. 

Masih bingung memilih sendok yang pas dan sesuai dengan kebutuhan? Kamu bisa simak tips di bawah ini!

1. Pilih bahan dasarnya

Bermanfaat, 5 Tips Memilih Sendok yang Aman dan Sesuai Kebutuhanilustrasi sendok (pixabay.com/Silberfuchs)

Bahan dasar sendok yang paling banyak ditemui adalah stainless steel, kayu, dan perak. Alangkah baiknya untuk memperhatikan bahan sendok sebelum membeli, ya, karena masing-masing memiliki karakter dan cara perawatan yang tidak sama. 

Sendok berbahan stainless steel adalah yang paling populer dibanding yang lain. Oleh karena sifatnya yang anti air jadi sendok tidak akan berkarat. Sendok berbahan dasar kayu memiliki sifat tahan panas. Selain itu, akan menambah kesan rustic dan alami pada dapurmu. Sedangkan sendok berbahan perak sering ditemukan di restoran high class. Sifatnya yang anti bakteri membuat sendok jenis tersebut banyak digunakan.

2. Pertimbangkan ukurannya

Bermanfaat, 5 Tips Memilih Sendok yang Aman dan Sesuai Kebutuhanilustrasi sendok (unsplash.com/Thanh Soledas)

Sesuaikan ukuran sendok dengan piring yang akan digunakan. Jika kamu menggunakan piring yang lebih besar dari biasanya, maka kamu harus gunakan sendok yang juga lebih besar, begitu pula sebaliknya.

Selain itu, sesuaikan ukuran sendok dengan hidangannya. Misalnya hidangan penutup, maka ukuran sendok yang digunakan harus lebih kecil ya.

Baca Juga: 10 Potret Pengganti Sendok saat Kepepet Ini Nyeleneh Abis

3. Sesuaikan untuk penggunaan sehari-hari

Bermanfaat, 5 Tips Memilih Sendok yang Aman dan Sesuai Kebutuhanilustrasi sendok (pixabay.com/ulleo)

Untuk keperluan sehari-hari, pilih sendok dengan desain yang nyaman dipegang. Selain itu, tekstur halus dan berat yang seimbang juga harus menjadi pilihan agar nyaman saat digunakan. 

Bagi yang bosan dengan warna sendok yang itu-itu saja, kamu bisa pilih sendok dengan warna yang beragam, misalnya keemasan, monochrome, atau pun warna yang kamu gemari. Cukup sesuaikan dengan selera masing-masing, ya!

4. Sesuaikan untuk kegiatan outdoor 

Bermanfaat, 5 Tips Memilih Sendok yang Aman dan Sesuai Kebutuhanilustrasi sendok 2 in 1 (dhgate.com)

Saat melakukan kegiatan di luar rumah atau outdoor, barang-barang yang bisa dibawa cukup terbatas. Lantaran akan memakan tempat penyimpanan lebih banyak dan seringkali kelupaan untuk dibawa pulang. Direkomendasikan untuk membawa sendok dengan desain 2 in 1 seperti gambar di atas. 

Sendok 2 in 1 punya dua ujung yang bisa berfungsi sebagai sendok dan garpu sekaligus. Lebih praktis dan barang bawaan bisa lebih ringan. Dengan begitu, travelling lebih menyenangkan bukan?

5. Pilih bahan yang lembut untuk bayi

Bermanfaat, 5 Tips Memilih Sendok yang Aman dan Sesuai Kebutuhanilustrasi sendok (unsplash.com/Melina Bronca)

Tidak disarankan menggunakan sembarang sendok untuk balita atau bayi. Pilih sendok berbahan lembut dan aman untuk kesehatan. Sendok berbahan dasar silikon bisa menjadi pilihan yang tepat karena tidak akan menyakiti gusi anak. Selain itu, ada beberapa produk memang dibuat dengan sifat anti bakteri yang lebih aman bagi anak, lho. 

Tak kalah pentingnya untuk memilih sendok dengan gambar dan warna yang bervariasi agar dapat meningkatkan nafsu makan anak.

Tips di atas sangat bermanfaat buat kamu agar dapat mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli sendok. Tidak ada lagi alasan untuk salah memilih peralatan makan yang satu ini. Sudah siap berbelanja?

Baca Juga: 10 Jenis Alat Dapur dan Penggunaannya yang Wajib Kamu Pahami

Lia Kim Photo Verified Writer Lia Kim

Thanks for coming hehe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya