Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Masakan yang Terlalu Asin, Gampang Kok! 

Pakai acar ini supaya rasa masakanmu jadi seimbang

Saat proses memasak, kita sering kali mengalami beberapa hal yang gak diinginkan. Salah satunya adalah dengan membubuhkan terlalu banyak garam. Alhasil, masakan jadi terlalu asin.

Kalau masakan terlanjur keasinan, ada baiknya untuk gak membuang begitu saja. Ada sejumlah trik yang bisa kamu coba untuk mengatasi masakan yang terlalu asin. Cukup mengoreksi rasa dengan menggunakan bahan-bahan yang gak sulit ditemukan, kamu bisa menjajal sederet trik berikut ini.

1. Tambahkan gula ke dalam masakan 

5 Tips Mengatasi Masakan yang Terlalu Asin, Gampang Kok! ilustrasi gula pasir (pixabay.com/422737)

Rasa manis yang ada pada gula terbukti dapat membantu kita dalam mengatasi masakan yang terlalu asin, lho. Karenanya jangan heran kalau saat memasak, seseorang juga menambahkan gula ke dalamnya.

Gula yang digunakan untuk menyeimbangkan rasa asin, bisa berupa gula pasir atau gula merah. Semua tergantung pada jenis masakan yang kamu buat. Bila kamu membuat saus misalnya, kamu bisa menggunakan gula merah sebagai penyelamat dan penyeimbang rasa.

2. Tuang air ke dalam masakan untuk menyeimbangkan rasa 

5 Tips Mengatasi Masakan yang Terlalu Asin, Gampang Kok! ilustrasi menuang air untuk menyeimbangkan rasa (pexels.com/Mikhail Nilov)

Kalau masakan yang kamu buat adalah masakan berkuah, kamu bisa menambahkan air untuk mengatasi rasa asin, lho. Tapi dengan catatan, jangan didihkan kembali kuah yang sudah kamu tambahkan air. Sebab, kalau kamu didihkan kembali dijamin rasa asin akan kembali terasa.

Ada baiknya, saat menuang air kamu lakukan dengan perlahan sambil sesekali dikoreksi rasanya. Memasukkan langsung dalam jumlah banyak justru malah menyulitkanmu nanti karena bisa jadi rasa masakan kamu akan makin hambar dan akhirnya terpaksa harus membumbui ulang.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Cumi Asin yang Benar, biar Gak Alot dan Gurihnya Pas

3. Masukkan potongan kentang ke dalam masakan 

5 Tips Mengatasi Masakan yang Terlalu Asin, Gampang Kok! ilustrasi kentang (freepik.com/jcomp)

Trik yang satu ini bisa jadi penolong kamu saat memasak sup dan ternyata hasilnya terlalu asin. Caranya gampang banget, lho. Kamu cukup iris kentang dengan ketebalan kurang lebih lima millimeter. Selanjutnya, masukkan irisan kentang tadi ke dalam sup.

Biarkan dan tunggu sampai kentang berubah menjadi transparan. Kamu bisa mengoreksi rasa terlebih dulu. Bila dirasa sudah pas, kamu bisa mengeluarkan irisan kentang tadi dan langsung menyajikan sup.

4. Seimbangkan rasa masakan dengan menambahkan sedikit rasa asam 

5 Tips Mengatasi Masakan yang Terlalu Asin, Gampang Kok! ilustrasi jeruk nipis (pexels.com/Lisa Fotios)

Trik lain yang bisa kamu pakai untuk mengatasi masakan yang terlalu asin adalah dengan menambahkan sedikit rasa asam pada masakan. Beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk menyeimbangkan rasa asin adalah cuka, jeruk nipis, atau lemon.

Tapi harus diingat, jangan sampai menambahkan terlalu banyak rasa asam sebab nanti masakan buatanmu akan berubah rasa. Cukup sedikit saja hingga sekiranya rasa masakan sudah pas.

5. Buat resep masakan sebanyak dua kali lipat 

5 Tips Mengatasi Masakan yang Terlalu Asin, Gampang Kok! ilustrasi memasak (pexels.com/RODNAE Productions)

Kalau trik yang terakhir, berlaku untuk kamu yang masak dalam porsi gak terlalu banyak, ya. Bila saat masak nasi goreng misalnya, ternyata masakanmu terlalu asin, maka kamu baru boleh menjajal trik satu ini.

Caranya mudah, cukup buat resep masakan sebanyak dua kali lipat. Dengan begitu, cita rasa masakanmu akan seimbang dan gak lagi keasinan. Tapi, sekali lagi hanya untuk porsi sedikit, ya.

Sejumlah trik di atas akan bantu kamu dalam mengatasi masakan yang terlalu asin. Gak sulit dan gampang banget buat dipraktikkan, bukan? Selamat mencoba di rumah trik ini, guys!

Baca Juga: 5 Tips Masak Daun Pepaya supaya Gak Pahit, Remas dengan Garam!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya