Comscore Tracker

5 Resep Takjil yang Bikin Ingat Masa Kecil, Bikin Kangen Kampung!

Hadirkan suasana kampung halaman saat berbuka

Pasti banyak di antara kamu yang sedih karena tahun ini nggak bisa pulang kampung atau pun mudik. Tapi, ini demi kebaikan sesama kok, jadi sabar dulu ya guys. Setelah pandemik ini selesai, langsung deh ambil cuti untuk puas-puasin liburan di kampung halaman. Nah, untuk ‘obati’ rasa rindumu, coba bikin lima resep takjil ini yuk! 

1. Bongko kopyor dari Gresik

5 Resep Takjil yang Bikin Ingat Masa Kecil, Bikin Kangen Kampung!Instagram.com/foodirectory

Orang-orang Inggris punya bread pudding, kita punya bongko kopyor! Hidangan lembut nan hangat ini cocok banget buat takjil karena rasanya manis dan nggak bikin perut kaget. Untuk membuat bongko kopyor kamu perlu memasak bubur mutiara dan juga larutan santan. Yuk intip resepnya!

Bahan-bahan bubur mutiara: 

  • 160 gram sagu mutiara 
  • 2 lembar daun pandan 
  • 170 gram gula pasir 
  • 500 ml air 

Bahan-bahan larutan santan: 

  • 700 ml santan 
  • 60 gram gula pasir 
  • 2 lembar daun pandan 
  • 1⁄2 sdt ekstrak vanila (opsional) 

Bahan-bahan lainnya: 

  • 5 lembar roti tawar, potong kotak-kotak 
  • 5 buah pisang raja, potong dadu 
  • 1 butir kelapa muda 
  • Daun pisang secukupnya 
  • 150 gram nangka, potong dadu (opsional) 

Cara membuatnya: 

  • Untuk membuat bubur mutiara, didihkan air kemudian tuangkan gula, sagu mutiara, daun pandan, kemudian masak hingga mutiara berubah transparan.
  • Masak santan bersama gula pasir, garam, daun pandan, dan ekstrak vanila (jika ingin) dengan api kecil sambil diaduk hingga matang.
  • Buat bungkusan tum dengan daun pisang, masukkan roti tawar, kelapa muda, pisang, bubur mutiara, larutan santan, dan nangka (jika ingin) kemudian tutup rapat dengan tusuk gigi atau staples.
  • Kukus selama 15 menit. 

Setelah matang, bisa langsung kamu santap selagi hangat-hangatnya. Rasanya legit dan gurih, teksturnya lembut dan chewy, bikin buka puasa jadi lebih seru!

2. Kue batang burok dari Pontianak

5 Resep Takjil yang Bikin Ingat Masa Kecil, Bikin Kangen Kampung!Cookpad.com

Kalau kamu team takjil gurih, coba deh bikin kue batang burok khas Pontianak yang rasanya gurih dan sedikit berempah ini. Kue batang burok ini mirip dengan dadar gulung, jadi perlu membuat kulit dan isiannya terlebih dahulu. Begini caranya!

Bahan-bahan kulit dadar:

  • 300 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 700 ml air
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya

Bahan-bahan isi yang perlu dipersiapkan:

  • 250 gram kentang, potong dadu
  • 100 gram daging cincang
  • 2 buah wortel, potong kecil-kecil
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1⁄2 bawang bombay
  • Gula pasir secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Bubuk jinten secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat kulit dadar:

  • Siapkan wadah, aduk bersama tepung terigu, garam, dan telur. Tuangkan air dan minyak goreng secukupnya sambil diaduk supaya adonan cukup encer dan bebas gumpalan.
  • Panaskan wajan, lalu buat dadar tipis dari adonan tepung. Ulangi sampai adonan habis. 

Cara membuat isian:

  • Panaskan wajan, tuang minyak goreng secukupnya untuk menumis bawang putih cincang dan bawang bombay sampai harum.
  • Masukkan daging cincang, wrotel, kentang, lalu tambahkan air secukupnya supaya daging dan sayuran matang sempurna.
  • Tambahkan garam, merica bubuk, jinten bubuk, dan gula pasir secukupnya. Gula dan garam ini bisa jadi pengganti penyedap rasa.
  • Tumis hingga kering.

Setelah kulit dan isian jadi, lanjutkan ke langkah berikut ini:

  • Isi kulit dengan tumisan daging secukupnya, lalu lipat seperti membuat dadar gulung. Pastikan isian nggak terlalu banyak supaya kulitnya nggak robek.
  • Siapkan wadah tahan panas, susun rapi kue dadar yang sudah jadi lalu siram dengan santan kental atau rogut sesuai selera.
  • Kukus hingga matang.

Selesai deh! Kamu bisa tambahkan topping irisan cabai dan daun seledri supaya hidangan ini lebih berwarna. Kalau mau cita rasa yang kekinian, tambahkan keju mozarella juga bisa lho!

3. Es pisang ijo dari Makassar

5 Resep Takjil yang Bikin Ingat Masa Kecil, Bikin Kangen Kampung!Shutterstock/Aryani Tedjo

Es pisang ijo yang manis nan segar ini cocok banget buat obati rasa rindu kampung halaman. Cara pembuatannya pun simpel dan sudah ada tutorial-nya di Yummy. Yuk intip cara pembuatannya berikut ini! 

Bahan-bahan: 

  • 5 buah pisang (boleh pisang tanduk, pisang raja, atau pisang ambon) 
  • 100 gram tepung beras, bagi menjadi 2 bagian 
  • 1⁄2 sdt garam 
  • 300 ml air 
  • 1⁄2 sdt pewarna hijau 
  • 3 sdm saus santan kental 
  • 1 sdm selasih 
  • 2 sdm sirup cocopandan 
  • 1 sdm kental manis 

Cara pembuatan: 

  • Campurkan tepung beras, pewarna, air, garam, aduk rata. Lalu masak dengan api sedang hingga mengental. Kemudian, masukkan tepung beras kering dan aduk hingga kalis. 
  • Ratakan adonan tepung beras tadi di atas plastic wrap. Tambahkan satu buah pisang utuh, gulung hingga menutupi semua permukaan pisang, lalu kukus selama 15 menit. 
  • Siapkan es serut dan bubur sumsum pada mangkuk, tambahkan pisang ijo yang sudah dipotong-potong. Lalu, tuang selasih, sirup cocopandan, dan kental manis sesuai selera. 

Itu dia cara membuat es pisang ijo. Gampang ‘kan? Nah, supaya cita rasa es pisang ijo kamu jadi lebih istimewa, jangan lupa gunakan Indomilk Kental Manis guys. Selain bikin es pisang ijo kamu jadi lebih creamy, kamu juga jadi bisa ikutan kontes #ResepGakAbisAbis yang lagi diadakan Indomilk Kental Manis bersama Yummy lho. 

Caranya gampang banget, kamu cuma perlu buat menu sekreatif mungkin dengan menggunakan Indomilk Kental Manis varian apa saja. Kemudian, upload menu kreasi kamu ke feed Instagram dengan tag @indomilk dan @yummy.idn. Hadiahnya? 

5 Resep Takjil yang Bikin Ingat Masa Kecil, Bikin Kangen Kampung!IDN Times/Indomilk Kental Manis

Yap, kamu berkesempatan mendapatkan THR puluhan juta rupiah dari Indomilk Kental Manis X Yummy guys! Kontes #ResepGakAbisAbis ini akan berjalan hingga tanggal 17 Mei 2020 mendatang, jadi sebaiknya kamu jangan tunda-tunda lagi. Yuk buat menu favoritmu dan ikutan kontes #ResepGakAbisAbis! Untuk info lengkapnya, yuk klik di sini.

4. Es oyen dari Bandung

5 Resep Takjil yang Bikin Ingat Masa Kecil, Bikin Kangen Kampung!Shutterstock/Ariyani Tedjo

Meskipun Bandung identik dengan biru dan orange itu identik dengan Jakarta, tapi es oyen justru lahir di Bandung. Tapi, gak apa-apa deh, karena minuman berbahan simpel ini segar banget buat buka puasa. Ini cara pembuatannya!

Bahan-bahan: 

  • 2 sendok semangka merah potong 
  • 2 sendok alpukat keruk 
  • 2 sendok sagu mutiara matang 
  • 2 sendok melon potong 
  • 2 sendok kolang kaling 
  • 300 ml santan cair matang 
  • Kental manis secukupnya 
  • Sirup merah secukupnya 
  • Es batu atau es serut secukupnya 

Cara membuatnya: 

  • Tuang semangka, alpukat, melon, sagu mutiara matang, kolang kaling ke dalam mangkuk saji 
  • Tambahkan es batu atau es serut secukupnya 
  • Tuangkan santan cair matang, sirup merah, dan kental manis sesuai selera 
  • Sajikan selagi dingin 

Wah, seger banget nih! 

5. Toge panyabungan khas Medan

5 Resep Takjil yang Bikin Ingat Masa Kecil, Bikin Kangen Kampung!Twitter.com/arieparikesit

Nama boleh toge, tapi takjil satu ini nggak pakai tauge sama sekali! Bahan-bahannya pun simpel banget karena kamu bisa langsung beli jadi guys. Berikut ini yang harus kamu siapkan untuk membuat toge panyabungan. 

  • Lupis 
  • Tape ketan putih atau hitam, sesuai seleramu 
  • Cenil 
  • Cendol 

Kemudian, untuk kuah yang lebih lezat, siapkan bahan ini: 

  • 500 ml Santan 
  • 2 sdm gula pasir 
  • Garam secukupnya 
  • 500 ml air 
  • 150 gram gula merah 
  • 2 lembar daun pandan 

Begini cara membuat kuahnya: 

  • Masak santan dengan garam secukupnya, aduk terus hingga matang 
  • Didihkan air, tambahkan gula merah, gula pasir, dan daun pandan lalu saring 
  • Campurkan air gula dengan santan masak, aduk hingga rata 

Setelah semuanya selesai, campurkan lupis, tape ketan, cenil, dan cendol dengan kuah santannya deh. Supaya lebih segar, tambahkan es batu secukupnya. Semangkuk toge panyabungan khas Medan siap dinikmati! 

Itu dia 5 resep takjil yang bikin ingat masa kecil di kampung halaman. Hmm, enaknya bikin yang mana dulu ya?

yummy-banner

Topic:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya