Comscore Tracker

Resep Jamur Goreng Tepung yang Praktis, Kriuknya Awet!

Jadi camilan atau lauk sama-sama enak

Camilan renyah memang terasa begitu nikmat disantap saat santai. Salah satu camilan yang gurih dan renyah adalah jamur goreng tepung. Namun, gak semua orang bisa memasak jamur yang krispi tahan lama.

Bukan tanpa alasan, jamur memiliki kadar air yang cukup tinggi, sehingga mudah lembek setelah digoreng. Meski begitu, kamu tak perlu risau. Kamu dapat mencoba resep jamur goreng tepung yang enak dan renyah tahan lama berikut ini.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Jamur Goreng Tepung yang Praktis, Kriuknya Awet!ilustrasi bahan membuat jamur krispi (youtube.com/Ika Mardatillah)

Bahan utama:

  • 250 gram jamur 
  • garam secukupnya

Bahan adonan basah:

  • 4 sdm tepung terigu
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt baking powder
  • air secukupnya

Bahan adonan kering:

  • 7 sdm tepung terigu
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt lada bubuk

2. Taburi jamur dengan garam

Resep Jamur Goreng Tepung yang Praktis, Kriuknya Awet!ilustrasi jamur (youtube.com/Devinahermawan)

Masukkan jamur ke dalam wadah. Taburi jamur dengan sedikit garam. Kemudian, remas-remas jamur dan diamkan selama 5-10 menit.

Supaya tidak terlalu asin, bilas kembali jamur menggunakan air, lalu peras hingga air benar-benar hilang. Kamu bisa menggunakan lap bersih untuk menekan-nekan jamur hingga kering supaya kandungan airnya tidak ada lagi.

3. Siapkan adonan basah dan kering

Resep Jamur Goreng Tepung yang Praktis, Kriuknya Awet!ilustrasi adonan pencelup (youtube.com/KeluargaHamzah)

Untuk membuat adonan basah, campur semua bahan adonan tepung menjadi satu. Kemudian, tambahkan dengan air dan aduk sampai merata.

Setelah itu, untuk bahan adonan yang kering, campurkan semua bahan tepung kering, lalu aduk rata. Sekarang, adonan basah dan kering telah siap semua untuk digunakan.

Baca Juga: Resep Spaghetti Saus Jamur yang Lezat, Creamy dan Mudah Dibuat!

4. Goreng jamur yang sudah dibaluri adonan

Resep Jamur Goreng Tepung yang Praktis, Kriuknya Awet!ilustrasi menggoreng jamur (youtube.com/DesySph)

Celupkan jamur ke dalam adonan basah. Jika sudah merata, lanjutkan memasukkan ke adonan kering. Lakukan hal yang sama tersebut sampai semua jamur habis.

Selanjutnya, goreng jamur di minyak panas. Jika warnanya berubah menjadi kuning keemasan, kecilkan api dan tunggu sampai lebih kering dan krispi. Jika sudah merata, segara angkat dan tiriskan.

5. Jamur goreng tepung siap disajikan

Resep Jamur Goreng Tepung yang Praktis, Kriuknya Awet!ilustrasi jamur goreng tepung yang krispi (youtube.com/Devinahermawan)

Jika jamur telah matang, saatnya kamu menghidangkannya. Kamu dapat menyajikan jamur goreng tepung bersama sambal saus atau cocolan lainnya, seperti mayones.

Selain enak untuk camilan, jamur kriuk ini nikmat juga dijadikan sebagai lauk. Dijamin keluarga bakal suka, deh!

Meski jamur mempunyai kandungan air yang cukup banyak, kamu tetap bisa membuat jamur goreng yang krispinya tahan lama dengan beberapa teknik memasak. Yuk, praktikkan resep di atas.

Baca Juga: 9 Tips agar Jamur Enoki Krispi Renyah dan Tahan Lama 

Nurjanah Photo Writer Nurjanah

Bismillah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya