Comscore Tracker

Resep Basil Pesto ala Willgoz, Saus Klasik Pelengkap Pasta Khas Italia

Cocok jadi pelengkap untuk beragam sajian, lho!

Pesto merupakan salah satu saus pelengkap berbahan dasar daun basil yang berasal dari Genoa, Italia. Saus dengan warna hijau segar ini cocok dipadukan untuk beragam olahan pasta dan olesan french baguette. Berikut resep cara pembuatan basil pesto beserta tips agar pesto olahanmu dapat tahan lebih lama.

1. Bahan-bahan yang diperlukan 

Resep Basil Pesto ala Willgoz, Saus Klasik Pelengkap Pasta Khas Italiailustrasi daun basil (cleangreensimple.com)

Bahan-bahan :

  • 3 ikat daun basil
  • 2 gengam coriander
  • 1 genggam parsley 
  • 1-2 cabai hijau besar
  • 2 siung bawang putih 
  • 250 ml olive oil
  • 50 gram bread crumbs 
  • 1 sdt garam 
  • 1/2 sdt lada 
  • 50 gram parmesan cheese 
  • 50 gram kacang peanut /almond/pistachio
  • 4 buah es batu

2. Sangrai bread crumbs hingga kecoklatan

Resep Basil Pesto ala Willgoz, Saus Klasik Pelengkap Pasta Khas Italiailustrasi menyangrai bread crumbs (culinaryhill.com)

Siapkan teflon di atas wajan untuk memasak bread crumb. Nyalakan api dan tunggu beberapa saat hingga benar-benar panas, kemudian masukkan bread crumbs ke atas teflon.

Sangrai menggunakan api kecil agar bread crumbs tidak mudah gosong. Jangan lupa untuk terus aduk hingga warnanya berubah coklat keemasan. Jika sudah, angkat dan sisihkan.

3. Blender semua bahan hingga halus 

Resep Basil Pesto ala Willgoz, Saus Klasik Pelengkap Pasta Khas Italiailustrasi memblender (30seconds.com)

Siapkan food processor atau juga dapat menggunakan blender untuk menghaluskan daun basil dan bahan lainnya. Pisahkan terlebih dahulu daun dari tangkainya, lalu masukkan ke dalam food processor

Tambahkan juga kacang, tapi di sarankan untuk menggunakan pine nuts. Lalu, masukkan bread crumbs yang telah disangrai, daun parsley, coriander, dan parmesan cheese. Terakhir, tambahkan air es dan minyak zaitun. Blender hingga halus. 

Baca Juga: Resep Perkedel Ambon, Resep Kreasi Bung Karno dalam Buku Mustika Rasa

4. Tambahkan bumbu pelengkap 

Resep Basil Pesto ala Willgoz, Saus Klasik Pelengkap Pasta Khas Italiailustrasi menambahkan bumbu (watergatebay.co.uk)

Jika semua bahan sudah mulai halus, matikan food processor dan jangan lupa koreksi rasa terlebih dahulu. Tambahkan garam dan lada, aduk kembali hingga tercampur rata. 

Blender hingga teksturnya benar-benar halus. Kamu juga dapat menyesuaikan tekstur basil pesto sesuai selera, ya. Jika dirasa kurang halus, blender kembali hingga teksturnya sesuai yang diinginkan. 

5. Simpan di dalam kulkas

Resep Basil Pesto ala Willgoz, Saus Klasik Pelengkap Pasta Khas Italiailustrasi menyimpan basil pesto (joyineveryseason.com)

Jika basil pesto sudah halus dan rasanya pas sesuai selera, saatnya pindahkan ke dalam wadah. Untuk tips penyimpanan, usahakan meletakkan dalam dua wadah berbeda atau pisahkan menjadi beberapa bagian agar saat salah satu digunakan, basil pesto lainnya tidak mudah basi.

Sebelum ditutup, lapisi terlebih dahulu dengan plastic wrap. Pastikan semua bagiannya tertutup dengan rapat. Lalu, letakkan di dalam kulkas. Untuk ketahanannya, basil pesto bisa kamu simpan selama kurang lebih 2 minggu. 

Itulah resep simpel cara pembuatan basil pesto yang cocok kamu jadikan untuk pelengkap beraneka ragam hidangan, seperti pasta hingga sandwich. Selamat mencoba!

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya