Comscore Tracker

8 Manfaat Pilates bagi Kesehatan Fisik dan Psikis secara Ilmiah

Memperbaiki postur, fleksibilitas, hingga mengusir stres!

Pilates merupakan salah satu olahraga yang ramah tempat dan dompet, karena pada dasarnya tak memerlukan banyak alat untuk mempraktikkannya. Ini tentu cocok banget buat kamu yang ingin mencari alternatif olahraga di rumah.

Dilansir Self, Pilates adalah salah satu latihan low-impact yang bertujuan untuk memperkuat otot sekaligus meningkatkan keselarasan dan kelenturan postur tubuh. Gerakannya cenderung menargetkan inti tubuh, walaupun efek latihannya juga akan ikut dirasakan area tubuh lainnya.

Pilates juga bisa dilakukan dengan atau tanpa peralatan. Namun, tetap saja gerakannya cenderung lambat, menuntut presisi dalam gerak, serta kontrol napas. Umumnya latihan Pilates dilakukan selama 45 menit hingga 1 jam.

Selain praktis, ternyata Pilates menyimpan banyak manfaat, baik bagi kesehatan fisik mau psikis. Berikut ini ragam manfaatnya yang sudah terbukti secara ilmiah.

1. Dapat memperkuat otot inti tubuh

8 Manfaat Pilates bagi Kesehatan Fisik dan Psikis secara Ilmiahpexels.com/Agung Pandit Wiguna

Menurut hasil penelitian dalam Journal of Sports Medicine and Physical Fitness tahun 2016, melakukan Pilates 2-3 kali dalam seminggu dapat memperkuat daya tahan otot abdominal kita, yang merupakan bagian dari otot inti.

Otot inti tentunya memiliki peran penting bagi tubuh, khususnya untuk kebugaran dan fleksibilitas. Coba saja kalau tak percaya!

2. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

8 Manfaat Pilates bagi Kesehatan Fisik dan Psikis secara Ilmiahunsplash.com/Rawan Yasser

Fleksibiltas tentu sangat dibutuhkan tubuh. Menurut sebuah artikel dalam Harvard Health Publishing, selain mampu menurunkan berat badan dan membentuk otot, fleksibilitas juga berperan dalam meminimalkan cedera, sakit punggung, dan masalah keseimbangan tubuh.

Tak cuma itu, menurut sebuah tinjauan 16 studi dalam jurnal Archives of Physical Medicine and Rehabilitation tahun 2011, terbukti bahwa Pilates efektif dalam meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan dinamis, dan daya tahan otot.

Baca Juga: 7 Manfaat Stretching atau Peregangan bagi Kesehatan, Lakukan Rutin yuk

3. Membantu mengelola stres dan kinerja otak

8 Manfaat Pilates bagi Kesehatan Fisik dan Psikis secara Ilmiahpixabay.com/AndiP

Berdasarkan sebuah riset dalam Journal of Dance & Somatic Practices tahun 2013, ditemukan bahwa Pilates sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran otak, kesadaran sensorik, memperbaiki suasana hati, relaksasi, dan membantu mengelola stres.

Hampir sama seperti yoga, Pilates juga baik untuk kondisi psikis kita. Jadi, lalau sedang stres, selain melakukan meditasi atau yoga, Pilates bisa jadi alternatif.

4. Efektif untuk menurunkan berat badan

8 Manfaat Pilates bagi Kesehatan Fisik dan Psikis secara Ilmiahunsplash.com/Rawan Yasser

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Sports Medicine and Physical Fitness tahun 2016, melakukan Pilates selama 90 menit 3 kali dalam seminggu selama 8 minggu efektif dalam menurunkan berat badan, indeks massa tubuh, dan persentase lemak.

Jadi, kamu nggak usah khawatir lagi dengan berat badan kamu. Jangan lupa maksimalkan dengan pola makan sehat bergizi seimbang, ya!

5. Meredakan rasa sakit dan memperbaiki fungsi punggung bagian bawah

8 Manfaat Pilates bagi Kesehatan Fisik dan Psikis secara Ilmiahpixabay.com/Keifit

Berdasarkan dari sebuah penelitian Journal Clinical Rehabilitation tahun 2014, Pilates sangat efektif dalam mengatasi nyeri punggung bagian bawah dan memperbaiki fungsinya.

Ini tentunya adalah kabar baik, mengingat 80 persen orang dewasa di seluruh dunia mengalami nyeri pada bagian punggung bawah.

6. Memperbaiki postur tubuh

8 Manfaat Pilates bagi Kesehatan Fisik dan Psikis secara Ilmiahcommons.wikimedia.org/Maddi Bazzocco

Postur tubuh yang baik merupakan cerminan dari keselarasan yang baik dan didukung oleh otot inti yang kuat. Postur tubuh yang baik juga dapat membuat tubuh kita bergerak lebih bebas dan nyaman. Dimulai dengan gerakan fundamental lalu dilanjutkan dengan latihan dengan matras atau peralatan lainnya, latihan ini akan melatih tubuh untuk mengekspresikan dirinya dengan harmoni dan kekuatan.

Menurut sebuauh studi dalam Journal of Physical Therapy Science tahun 2016, orang-orang yang berlatih Pilates sering kali memiliki postur tubuh yang prima. Itu juga adalah alasan orang-orang memilih Pilates untuk mengatasi nyeri punggung. 
 

7. Meningkatkan energi

8 Manfaat Pilates bagi Kesehatan Fisik dan Psikis secara Ilmiahpixabay.com/Meng Tang

Dilansir Verywell Fit, meski terdengar seperti paradoks, tetapi lebih sering kamu latihan, maka lebih banyak energi yang kamu punya. Semakin banyak energi yang kamu punya, maka kamu akan lebih ingin rutin berolahraga.

Pilates dapat melatih napas dan sirkulasi tetap bergerak, menstimulasi tulang punggung dan ototnya, serta membanjiri tubuh dengan perasaan positif yang didapat dari latihan yang melatih seluruh tubuh.

8. Meningkatkan kehidupan seks

8 Manfaat Pilates bagi Kesehatan Fisik dan Psikis secara Ilmiahunsplash.com/David Kokainis

Dilansir Shape, saat instruktur Pilates menyuruh kita untuk mengangkat dasar panggul, pada dasarnya itu adalah latihan Kegel. Latihan ini dapat memperkuat otot-otot dasar panggul, yang mana ini bisa membawa manfaat bagi aktivitas seks dengan pasangan.

Demikian manfaat Pilates bagi kesehatan fisik dan psikis bila kita rutin melakukannya. Ingat, harus sesuai dengan kemampuan, ya.

Kalau punya kondisi seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, artritis, sebelumnya pernah cedera di punggung atau lutut, diabetes, sedang hamil, atau kolesterol tinggi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Bicarakan juga dengan instruktur Pilates karena mungkin dibutuhkan penyesuaian gerakan atau ada kelas khusus.

Baca Juga: Menurut Trainer, Ini 5 Alasan Kenapa Pria Juga Perlu Melakukan Pilates

Ahmad Rifai Yusuf Photo Verified Writer Ahmad Rifai Yusuf

Semua akan mati, tapi penulis abadi, ia akan selalu hidup di setiap huruf yang pernah ia tulis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya