Comscore Tracker

Mood Swing Gak Terkendali? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Cari tahu yang mana pemicu mood swingmu

Pernahkah kamu secara tiba-tiba berubah perasaan? Ketika dalam suasana riang gembira, mendadak kamu merasa sedih dan melow. Ketika teman-temanmu tertawa senang, kalian malah jadi terdiam dan ingin menyendiri. Itulah yang disebut dengan mood swing atau suasana hati yang berubah-ubah dengan cepat. Yuk, kenali penyebabnya agar kamu bisa mengatasinya dengan tepat.

1. Faktor hormonal

Mood Swing Gak Terkendali? Mungkin 5 Hal Ini PenyebabnyaPexels/Alexander Dummer

Hormon mempengaruhi otak kita secara kimiawi. Pada perempuan terdapat hormon yang bekerja pada saat kita PMS, hamil, dan menopause. Hormon estrogen dan progesteron akan naik turun yang mana akan mempengaruhi hormon serotonin (pemberi rasa nyaman) juga, sehingga suasana hatipun akan berubah-ubah.

2. Kafein

Mood Swing Gak Terkendali? Mungkin 5 Hal Ini PenyebabnyaPexels/rawpixel.com

Kafein bekerja dengan cara menstimulasi sistim saraf otak sehingga mengeluarkan hormon serotonin salah satunya. Jika dikonsumsi berlebihan maka justru akan menimbulkan rasa cemas yang tak menentu. Jadi sebaiknya jangan minum kopi lebih dari 4 gelas per harinya, ya!

3. Dehidrasi

Mood Swing Gak Terkendali? Mungkin 5 Hal Ini PenyebabnyaPixabay/Pexels

Kekurangan cairan tubuh dapat mempengaruhi aliran darah yang menuju otak. Akibatnya, otak yg mengatur rasa nyaman akan terpengaruh juga. Rasa marah, kecemasan dan merasa terganggu adalah beberapa tanda yang bisa muncul.

Baca Juga: Jangan Stres, Ini 5 Cara Jitu Hadapi Bos yang Mood Swing-nya Parah

4. Diet

Mood Swing Gak Terkendali? Mungkin 5 Hal Ini PenyebabnyaPixabay/the5th

Pengaturan makan yang kurang tepat akan mengakibatkan badan kita kekurangan atau bahkan kelebihan zat-zat yang diperlukan bagi tubuh. Penting bagi kita untuk cukup menjaga asupan makanan agar tubuh dan otak dapat menghasilkan zat yang dapat membuat suasana nyaman. Jadi, atur pola makanmu, ya!

5. Kurang tidur

Mood Swing Gak Terkendali? Mungkin 5 Hal Ini PenyebabnyaPixabay/Engin_Akyurt

Kurang tidur dapat membuat suasana hati kita turun. Sehingga perasaan depresi atau stres mudah menghampiri. Jadi ada baiknya kalian tidak tidur larut malam agar bisa cukup tidur dan beristirahat.

Baca Juga: Biar Harimu Gak Berantakan, Ini 5 Tips Untuk Mengatasi Mood Swing  

Arnida Santi Kusumo Photo Community Writer Arnida Santi Kusumo

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You