Comscore Tracker

5 Fakta Tentang Kanker Jantung, Ada Namun Sangat Langka

Apakah kamu baru mendengar tentang kanker jantung?

Pada umumnya penyakit kanker sering dikaitkan dengan organ-organ tertentu seperti kanker rahim, kanker payudara, kanker paru, dan lain sebagainya. Namun, pernahkah kamu mendengar tentang kanker jantung? Ya, jenis kanker yang satu ini ternyata memang ada, namun sangat langka alias jarang ditemukan.

Inilah lima fakta tentang kanker jantung yang sangat langka.

1. Apa itu kanker jantung?

5 Fakta Tentang Kanker Jantung, Ada Namun Sangat Langkalechorepublicain.fr

Pada dasarnya kanker jantung adalah penyakit kanker yang menyerang jantung. Menurut Mayo Clinic, kanker jantung juga bisa disebut dengan tumor jantung primer. Tumor ganas yang menyerang jantung paling sering masuk pada kategori sarkoma, yakni sejenis kanker yang berasal dari jaringan lunak tubuh.

Meskipun begitu, dari keseluruhan kasus tumor jantung yang terjadi, ternyata sarkoma jantung itu sangat jarang dan langka. Yang paling sering ditemukan adalah tumor jantung jinak.

2. Gejala kanker jantung

5 Fakta Tentang Kanker Jantung, Ada Namun Sangat Langkaheart.org

Seperti ditulis pada jurnal medis Health Line, gejala tumor atau kanker jantung itu bervariasi tergantung dimana letak tumor tersebut. Uniknya, terkadang dokter dan pasien sering salah dalam mendiagnosa, di mana tumor jantung sering dianggap sama dengan aritmia atau gagal jantung biasa.

Gejala jika tumor berada dalam posisi yang menghalangi aliran darah ke jantung, maka gejala seperti nyeri dada, sesak napas, dan pingsan sering terjadi. Namun, jika tumor ganas sudah menyebar dan memecah ke organ lainnya, maka gejala-gejala yang muncul juga akan bertambah, seperti sesak karena paru-paru, dan bahkan jika sampai ke otak maka tak jarang pasien akan mengalami stroke.

Baca Juga: 7 Fakta Fibrilasi Atrium, Detak Jantung Tak Teratur Penyebab Stroke

3. Kanker jantung merupakan penyakit yang sulit didiagnosa

5 Fakta Tentang Kanker Jantung, Ada Namun Sangat Langkareponses-bien-vieillir.fr

Kanker jantung merupakan penyakit yang sangat langka, itu sebabnya sangat sulit untuk didiagnosa. 

Namun, beberapa tes akan membantu dokter dalam menentukan apakah gejala tersebut merupakan kanker atau bukan. Tes semacam Ekokardiogram, CT Scan, dan MRI akan membantu ahli medis mengetahui jenis penyakit apa yang diderita oleh pasien jantung.

4. Mengapa kanker jantung sangat jarang ditemui?

5 Fakta Tentang Kanker Jantung, Ada Namun Sangat Langkaasianworldnews.co.uk

Dr. Scott Schuetze, dokter spesialis jantung dan direktur program onkologi dari University of Michigan, dalam laman Medical Xpress menjelaskan bahwa jantung merupakan organ yang terdiri dari jaringan ikat. 

Kebanyakan kasus kanker tidak menyerang jaringan ikat. Sebaliknya, kanker sangat suka bersarang di jaringan epitel seperti prostat, payudara, rahim, paru-paru, kulit, dan lain sebagainya. Itulah sebabnya kanker jantung sangat jarang ditemukan.

5. Kanker jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan

5 Fakta Tentang Kanker Jantung, Ada Namun Sangat Langkamelbourneheartrhythm.com

Meskipun sebagian besar tumor jantung adalah jinak, namun sebagian kecilnya adalah ganas dan sangat mematikan. Laman Cancer menjelaskan bahwa jantung merupakan organ tubuh yang tidak dapat memperbaiki jaringan yang terluka, hal ini sangat berbeda dengan organ-organ tubuh lainnya yang biasanya dapat menyembuhkan jaringan secara mandiri.

Itulah sebabnya, kanker jantung merupakan salah satu penyakit langka yang sangat mematikan dan sulit untuk diatasi, apalagi jika kankernya telah menyebar ke organ-organ lainnya.

Itulah lima fakta tentang kanker jantung yang langka dan mematikan. Semoga bisa menambah wawasan kamu, ya!

Baca Juga: 7 Penyebab Payudara Terasa Gatal, Bisa Jadi Tanda Awal Kanker Lho

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You