Comscore Tracker

Agar Seimbang, Ini 5 Cara Menurunkan Kadar Estrogen secara Alami

Kelebihan estrogen bisa menyebabkan berbagai masalah

Estrogen adalah hormon khas perempuan yang bertanggung jawab untuk pengembangan dan pemeliharaan sistem reproduksi perempuan. Hormon ini dilepaskan dalam jumlah tinggi selama fase folikular dari siklus menstruasi, yaitu dua minggu pertama jelang ovulasi.

Fungsi utama hormon estrogen di antaranya adalah membangun dinding rahim untuk siklus menstruasi, merangsang pertumbuhan folikel telur, mengembangkan jaringan payudara, menstabilkan kepadatan tulang, dan mengendalikan metabolisme glukosa dan lipid.

Meskipun estrogen memiliki fungsi penting, tetapi kadar estrogen yang terlalu tinggi dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur, payudara yang terlalu lunak, PMS, kembung, sembelit, kecemasan, perubahan suasana hati, dan sakit kepala. Namun, jangan cemas, estrogen yang terlalu tinggi bisa diturunkan dengan cara sederhana seperti berikut ini.

1. Menjaga kesehatan usus

Agar Seimbang, Ini 5 Cara Menurunkan Kadar Estrogen secara Alamiilustrasi pencernaan yang sehat (pexels.com/Kindel Media)

Usus terdiri dari berbagai bakteri berbeda yang membantu pencernaan. Idealnya, di dalam usus terdapat keragaman bakteri yang luas untuk pencernaan yang lebih baik. Disbiosis usus adalah kondisi saat ada ketidakseimbangan jumlah bakteri di usus, tentu saja hal ini perlu segera diatasi.

Menurut studi dalam jurnal Maturitas tahun 2017, menyembuhkan usus akan membantu mengurangi sembelit, kembung, dan menurunkan estrogen secara alami. Selain itu, usus yang sehat juga memungkinkan kamu untuk menyerap nutrisi dengan lebih baik.

2. Menjauhi alkohol

Agar Seimbang, Ini 5 Cara Menurunkan Kadar Estrogen secara Alamiilustrasi minuman beralkohol (pexels.com/Natalie)

Menghindari alkohol adalah cara mudah nan ampuh untuk menurunkan estrogen secara alami. Alkohol dapat mengubah cara tubuh menghilangkan estrogen, yang dapat menyebabkan tingginya kadar estrogen saat kita mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Penelitian dalam jurnal Alcohol and Alcoholism tahun 2000 telah menunjukkan bahwa alkohol dapat menurunkan atau memperlambat proses oksidasi estrogen yang menghambat kemampuannya untuk berubah menjadi bentuk yang diinginkan untuk dihilangkan.

Selain itu, estrogen dan progesteron bekerja pada sistem keseimbangan, ketika salah satunya sangat tinggi, yang lain cenderung turun rendah, dan alkohol telah terbukti menurunkan kadar progesteron yang menyebabkan estrogen tinggi.

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal Ajaib untuk Seimbangkan Hormon Tubuh

3. Tingkatkan kualitas tidur

Agar Seimbang, Ini 5 Cara Menurunkan Kadar Estrogen secara Alamiilustrasi tidur (pexels.com/Vlada Karpovich)

Memperbaiki tidur juga terbukti menurunkan estrogen secara alami. Saat kamu tidak mendapatkan tidur yang berkualitas, ini akan membuat tubuh menjadi stres. Stres ini kemudian menyebabkan kamu memproduksi hormon kortisol, yang akan menyebabkan peningkatan estrogen dalam tubuh, menurut studi tahun 2010 dalam jurnal Endocrine Development.

Kamu bisa menurunkan estrogen secara alami dengan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas pada malam hari. Dapatkan setidaknya 7 jam waktu tidur setiap malam, cobalah untuk membuat ruangan segelap mungkin dan hindari melihat layar HP atau laptop minimal satu jam sebelum tidur.

4. Perbanyak konsumsi sayuran cruciferous

Agar Seimbang, Ini 5 Cara Menurunkan Kadar Estrogen secara Alamiilustrasi kembang kol (unsplash.com/Louis Hansel)

Meningkatkan asupan sayuran cruciferous adalah cara yang bagus untuk menurunkan estrogen secara alami. Indole-3-Carbinol (I3C) adalah senyawa utama dalam banyak jenis sayuran ini, seperti brokoli, kale, kembang kol, dan kubis brussel.

Sebuah penelitian dalam Journal of the National Cancer Institute menemukan bahwa peserta yang diberi I3C, mengalami penurunan konsentrasi metabolit yang akan mengaktifkan reseptor estrogen, yang menunjukkan bahwa ini dapat menurunkan estrogen secara alami.

Sulforafan (sulforaphane) adalah senyawa lain yang ditemukan dalam sayuran cruciferous. Dalam kadar tinggi, estrogen bersifat karsinogenik karena berubah menjadi estradiol dan estron, dan proses ini dapat terjadi dalam dua jalur yang berbeda. Promosi proses ini bisa merusak DNA yang menyebabkan efek karsinogenik. Nah, sulforafan dalam sayuran cruciferous punya efek perlindungan terhadap jalur ini untuk menghambat kerusakan DNA yang diinduksi estrogen, dan akan menurunkan estrogen secara alami melalui detoksifikasi.

5. Kurangi asupan kafein

Agar Seimbang, Ini 5 Cara Menurunkan Kadar Estrogen secara Alamiilustrasi kopi (pexels.com/Chevanon Photography)

Kafein adalah stimulan kuat yang dapat meningkatkan respons stres dalam tubuh. Stres terkait dengan ketidakseimbangan estrogen, jadi menurunkan asupan kafein akan menyebabkan tubuh menurunkan estrogen secara alami.

Kafein juga memengaruhi cara perempuan memetabolisme estrogen. Menurut keterangan dari National Institutes of Health, konsumsi kafein dapat menyebabkan lebih banyak estrogen bersirkulasi di dalam tubuh ketika kadarnya tinggi dari respons stres. Karenanya, mengurangi asupan kafein bermanfaat untuk menurunkan estrogen secara alami ketika sebelumnya kadarnya dalam tubuh terlalu tinggi.

Itulah beberapa cara menurunkan kadar estrogen secara alami. Jadi, jika kamu curiga kadar estrogen dalam tubuhmu terlalu tinggi, segera praktikkan cara di atas untuk menurunkan dan menyeimbangkannya dengan segera.

Baca Juga: Estrogen Lindungi Ibu Hamil dari COVID-19? Ini Kata Dokter Obgyn!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya