Comscore Tracker

Jarang Disadari, 6 Kebiasaan Sepele Ini Penyebab Mata Panda 

No 1 dan 2 yang paling sering diabaikan 

Lingkaran hitam di bawah mata atau yang sering disebut dengan mata panda, tentu akan membuat penampilan kita menjadi terganggu dan wajah akan terlihat tidak segar dan juga kusam. Meski sebagian besar penyebab mata panda adalah faktor keturunan (genetik), tidak menutup kemungkinan juga terjadi karena kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan dan dianggap sepele.

Namun tanpa kita sadari kebiasaan tersebut justru dapat menyebabkan mata kita menjadi mata panda. Berikut ini ulasan tentang enam kebiasaan sepele yang dapat membuat mata kita menjadi mata panda.

1. Terlalu sering mengucek mata

Jarang Disadari, 6 Kebiasaan Sepele Ini Penyebab Mata Panda georgiaeyephysicians.com

Kebiasaan mengucek mata saat bangun tidur atau ketika mata sedang gatal, sebaiknya segera dihentikan, karena dapat menyebabkan mata panda. Kulit halus di bawah mata itu rentan mengalami kerusakan lho, sehingga jika kamu sering mengguceknya, akan menyebabkan reaksi inflamasi, pembengkakan, dan pecahnya pembuluh darah di area mata kamu. Akibat hal tersebut, akan membuat kulit di area mata kamu menjadi lebih gelap, dan mirip seperti memar.

Sebaiknya jika mata sedang gatal, kamu dapat menggunakan obat tetes mata, atau juga dapat mengompres kedua mata kamu dengan kapas yang sebelumnya telah dicelupkan ke dalam air dingin. Kompres mata kamu selama beberapa menit, hingga mata terasa tidak gatal lagi.

2. Sering begadang

Jarang Disadari, 6 Kebiasaan Sepele Ini Penyebab Mata Panda mattressadvisor.com

Sering tidur malam dapat membuat mata kamu menjadi berkantung lho, mengapa? Karena saat tidur malam merupakan waktu untuk sel-sel pada tubuh melakukan pemulihan dengan mengganti sel-sel mati dengan sel-sel yang baru dan juga untuk membuang racun yang ada pada tubuh.

Nah, jika kamu sering begadang, akan membuat pergantian sel-sel mati tersebut menjadi tidak sempurna, sehingga akan membuat pembuluh-pembuluh darah di sekitar mata menjadi terlihat, dan membuat mata tampak seperti berkantung atau yang lebih dikenal dengan mata panda.

3. Tidak menggunakan tabir surya saat siang hari

Jarang Disadari, 6 Kebiasaan Sepele Ini Penyebab Mata Panda stylecaster.com

Sebaiknya jika kamu sedang bepergian di luar pada siang hari, gunakanlah tabir surya di area wajahmu. Tidak menggunakan tabir surya di siang hari, apalagi saat beraktivitas di luar ruangan, akan membuat mata kamu beresiko menjadi berkantung lho, mengapa? Karena kulit di area mata yang tipis dan rentan mengalami kerusakan ini, jika tidak terlindungi dengan tabir surya akan menyebabkan kulit di area mata kamu mengalami kerusakan.

Kerusakan ini akan membuat meningkatnya aliran darah, yang akan menyebabkan warna kulit di area mata kamu menjadi gelap. Jika kamu lupa menggunakan tabir surya, maka gunakan topi atau kacamata hitam untuk melindungi wajah kamu dari paparan sinar matahari, yang berbahaya untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: 7 Alasan Matamu Sangat Sensitif terhadap Cahaya, Terasa Silau Banget!

4. Tidur dengan posisi tengkurap

Jarang Disadari, 6 Kebiasaan Sepele Ini Penyebab Mata Panda onejive.com

Tidur dengan posisi tengkurap tidak hanya akan membuat leher kamu menjadi kaku saja lho, tetapi juga bisa menyebabkan mata panda, mengapa bisa? Karena tidur dengan posisi tengkurap dapat menyebabkan retensi cairan di bawah mata, sehingga menyebabkan lingkaran gelap di area mata.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu dapat mengubah posisi tidurmu menjadi ke sisi kiri agar dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah masalah pada mata, seperti mata panda dan mata bengkak.

5. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang asin

Jarang Disadari, 6 Kebiasaan Sepele Ini Penyebab Mata Panda pexels.com/pixabay

Makanan yang asin dan gurih memang sangat menggoda dan membuat orang ketagihan untuk terus mengonsumsinya, padahal hal tersebut dapat memicu kantung mata lho, mengapa? Karena makanan yang mengandung garam yang tinggi, memiliki kandungan sodium yang bisa menahan air di dalam tubuh. Hal ini yang menyebabkan mata menjadi bengkak dan terlihat lelah.

6. Melakukan diet yang salah

Jarang Disadari, 6 Kebiasaan Sepele Ini Penyebab Mata Panda rawpixel.com

Jika kamu melakukan diet dengan tidak sesuai dengan aturannya, akan membuat kamu kehilangan berat badan secara tiba-tiba dan membuat kulitmu mengendur. Apalagi jika program diet yang sedang kamu jalankan tidak dibarengi dengan olahraga yang teratur, tentunya kulit kamu akan benar-benar mengendur. Saat kulit mengalami pengenduran ini, kantung mata akan muncul.

Nah, sebaiknya hindari Kebiasaan-kebiasaan tersebut agar mata kamu tidak berkantung lagi. Tentu tidak ingin bukan penampilan kamu menjadi terganggu gara-gara si mata panda?

Baca Juga: Yuk, Uji Kepekaan Matamu Terhadap Warna Lewat Tes Ishihara!

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 02:00:03

Progress: 759.323 dari 813.350 TPS (93.35747%)

Just For You