Comscore Tracker

7 Manfaat Kubis untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Alzheimer!

Penuhi asupan sayuran dengan kubis

Kubis merupakan bagian dari keluarga sayuran silangan, yaitu Brassica oleracea. Warna kubis bervariasi lho guys, mulai dari putih (biru pucat),merah (ungu) dan hijau. Tak hanya rasanya saja yang lezat, kubis juga menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan, karena banyaknya nutrisi dan gizi yang terkandung di dalamnya. Bahkan karena banyaknya khasiat untuk kesehatan, kubis sampai mendapat julukan 'obatnya orang miskin', karena harganya yang juga murah meriah. Nah, berikut ini ulasan tujuh manfaat kubis untuk kesehatan tubuh.

1. Mampu mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat (LDL)

7 Manfaat Kubis untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Alzheimer!medicalnewstoday.com

Khasiat ajaib pertama kubis untuk kesehatan, adalah mampu mencegah penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Menurut penelitian yang dipimpin oleh Dr. Piotr Duchnowicz dari Universitas Lodz di Polandia pada tahun 2012 lalu, menunjukkan fakta bahwa kandungan polifenol yang tinggi pada kubis, mampu menurunkan penyakit kardiovaskular (seperti jantung) dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), tekanan darah, dan mencegah terjadinya penumpukan pada trombosit. 

2. Membantu menurunkan berat badan

7 Manfaat Kubis untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Alzheimer!oprah.com

Tak hanya mampu mencegah penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat saja, kubis juga mampu membantu menurunkan berat badan. Kandungan vitamin, mineral, air, serat, dan nutrisi penting lainnya pada kubis, mampu membantu menurunkan berat badan, dan merupakan pilihan makanan yang sehat untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet. Selain itu, kubis juga rendah kalori, yaitu sekitar 33 kalori per cangkir, sehingga tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan secara signifikan jika mengonsumsinya. 

3. Mencegah katarak

7 Manfaat Kubis untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Alzheimer!allaboutvision.com

Nah, ini dia salah satu khasiat terbesar kubis untuk kesehatan, yaitu mampu mencegah katarak. Kubis merupakan sumber beta-karoten yang baik lho guys, sehingga mampu mendukung kesehatan mata, terutama pada orang yang berusia lanjut dan menurunkan risiko penyakit yang biasa dialami lansia, seperti pembentukan katarak dan degenerasi makula.

Baca Juga: 6 Manfaat Minum Jus Kubis Secara Rutin, Ada Cegah Katarak

4. Mendukung kesehatan otak dan mencegah alzheimer

7 Manfaat Kubis untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Alzheimer!doctorakil.com

Selain mampu mencegah katarak, kubis juga mampu mendukung kesehatan otak dan mencegah alzheimer. Kandungan vitamin K dan anthocyanin pada kubis, mampu meningkatkan fungsi otak dan konsentrasi mental. Vitamin K berperan penting pada produksi sphingolipid, selubung milein yang berada di sekitar sel saraf, sehingga mampu melindungi kerusakan dan pembusukan pada saraf.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K yang tinggi seperti kubis, mampu meningkatkan pertahanan terhadap penyakit degeneratif saraf, seperti alzheimer, ataksia, parkinson, dan penyakit degeneratif saraf lainnya. 

5. Meningkatkan energi dan kekebalan tubuh

7 Manfaat Kubis untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Alzheimer!greatist.com

Kubis merupakan sayuran yang kaya manfaat, karena selain mampu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan katarak,  kubis ternyata juga mampu meningkatkan energi dan kekebalan tubuh. Kubis mengandung banyak vitamin B, termasuk vitamin B1 dan B6, yang merupakan vitamin penambah energi. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada kubis, mampu meningkatkan kekebalan tubuh, melalui peranannya sebagai antioksidan, dalam melawan radikal bebas.

6. Melindungi tubuh dari efek samping terapi radiasi

7 Manfaat Kubis untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Alzheimer!medmonks.com

Selain dapat meningkatkan energi dan kekebalan tubuh, kubis juga mampu melindungi tubuh dari efek samping terapi radiasi. Senyawa langka yang terdapat pada kubis telah terbukti mampu melindungi tubuh dari beberapa efek negatif yang disebabkan oleh terapi radiasi.

Senyawa ini mampu membantu mengontrol jumlah sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit agar tetap tersedia, karena selama proses terapi radiasi sering terjadi pengurangan jumlah ketiga sel darah tersebut. Oleh sebab itu, DIM sangat diperlukan dalam perawatan kanker, seperti terapi radiasi, untuk melindungi jaringan yang sehat. 

7. Mencegah kanker

7 Manfaat Kubis untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Alzheimer!cancertodaymag.org

Kandungan senyawa yang mengandung belerang pada kubis, yaitu sulforaphane, mampu melawan kekuatan kanker, sehingga efektif  dalam menghambat perkembangan kanker. Selain itu, anthocyanin yang merupakan antioksidan yang memberi warna merah pada kubis, mampu memperlambat pembentukan sel kanker, serta juga mampu membunuh sel kanker yang telah terbentuk. 

Nah, itulah ulasan tujuh manfaat kubis untuk kesehatan, yang ternyata memberikan banyak manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Mau coba mengonsumsinya secara teratur?

Baca Juga: Resep Steak Kubis Panggang, Olahan Nikmat untuk Para Vegetarian

Eliza Ustman Photo Verified Writer Eliza Ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya