Comscore Tracker

6 Manfaat Meminum Air Mentimun, Mengandung Antioksidan Nih

Cocok untuk diet hingga mencegah kanker

Saat ini sudah banyak infuse water yang memiliki banyak sekali manfaat ketika kita minum, tak terkecuali air mentimun. Selain rasanya yang menyegarkan, ternyata air mentimun juga sangat kaya manfaat lho. 

Memang apa saja sih manfaat yang dimiliki air mentimun untuk tubuh kita? Daripada penasaran, yuk langsung kita cek aja!

1. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi

6 Manfaat Meminum Air Mentimun, Mengandung Antioksidan Nihbestfoodfacts.org

Karena berbahan dasar air, pastinya air mentimun juga bisa memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh. Hal ini penting karena tubuh tidak akan berfungsi dengan baik jika tidak mengkonsumsi air secara rutin.

Idealnya tiap orang harus meminum air kurang lebih 6-8 gelas per hari. Namun masih banyak orang yang masih belum bisa melakukannya. 

Untuk itu kamu bisa mensubtitusi sebagian kecil kebutuhan minum perhari dengan air mentimun agar kamu tidak bosan untuk rutin minum air

2. Bisa berpotensi menurunkan berat badan

6 Manfaat Meminum Air Mentimun, Mengandung Antioksidan Nihtimesofindia.com

Jika kamu sering mengonsumsi minuman manis dan bersoda, kamu bisa menggantinya dengan air mentimun untuk mengurangi kalori yang kita konsumsi. Air mentimun bisa menurunkan berat badan kamu pada kondisi ideal.

Selain sebagai subtitusi alasan lain sebagai petunjuk kondisi tubuh sedang lapar atau haus. Tubuh kita seringkali masih bingung membedakan mana saat lapar dan harus, keduanya sering di interpretasikan bahwa kita sedang lapar. 

Gunakan air mentimun untuk membedakannya. Saat kondisi lapar muncul, cobalah minum air mentimun terlebih dahulu. Jika kamu sudah tidak merasa lapar, maka sebenarnya kamu sedang harus. Jika kamu masih merasa lapar, kamu bisa segera mencari makanan untuk mengisi perutmu.

Baca Juga: 10 Resep Infused Water untuk Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

3. Mengandung antioksidan

6 Manfaat Meminum Air Mentimun, Mengandung Antioksidan Niheatingrichly.com

Antioksidan adalah zat yang membantu mencegah dan menunda kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Kerusakan sel dalam tubuh kita juga bisa menyebabkan kondisi kronis seperti:

  1. Kanker
  2. Diabetes
  3. Penyakit jantung
  4. Alzheimer
  5. Masalah mata

Studi menunjukkan antioksidan berpotensi bisa membalikan atau menghentikan kerusakan sel.

Oleh karena itu, kita harus sering-sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan, salah satunya adalah mentimun.

4. Berpotensi mencegah kanker

6 Manfaat Meminum Air Mentimun, Mengandung Antioksidan Nihintelligence-pharma.com

Seperti yang di jelaskan sebelumnya bahwa air mentimun mengandung banyak antioksidan. Oleh karena itu, beberapa studi saat ini menemukan bahwa air mentimun bisa menurunkan risiko kanker. 

Selain antioksidan, alasan air mentimun bisa menurunkan risiko kanker adalah cucurbitacins dan nutrisi lignans di dalamnya. Keduanya memiliki peranan penting untuk melindungi kita dari serangan kanker.

5. Menurunkan tekanan darah

6 Manfaat Meminum Air Mentimun, Mengandung Antioksidan Nihpixabay.com/rawpixel

Air mentimun memiliki sumber potasium yang tinggi, yang bertugas untuk menurunkan tekanan darah. 

Dengan meminumnya secara rutin kita akan menyeimbangkan kandungan potasium dan natrium dalam tubuh kita. Natrium sendiri berasal dari garam dan memiliki tugas untuk menahan cairan dan meningkatkan tekanan darah.

6. Membantu kesehatan kulit

6 Manfaat Meminum Air Mentimun, Mengandung Antioksidan Nihorganicfacts.net

Air mentimun dapat membantu menghaluskan kulit kamu dari dalam. Terlebih airnya membantu tubuh terhidrasi sehingga bisa membuang racun dan mempertahankan kulit sehat.

Selain itu mentimun juga tinggi asam pantotenat atau vitamin B-5, yang sudah teruji untuk mengobati jerawat. Satu cup air mentimun memiliki sekitar 5 persen dari nilai vitamin B-5 harian yang dibutuhkan tubuh.

Nah, itu tadi beberapa manfaat air mentimun ketika sering kita minum, apakah kamu pernah mencobanya? Jika belum mungkin sekarang adalah waktu yang tepat buat kamu memulai hidup sehat. 

Baca Juga: Lagi Trend, Simak Nih Kenapa Infused Water Bisa Berkhasiat untuk Tubuh

Indra Dwi Prakoso Photo Community Writer Indra Dwi Prakoso

Young and Blessed

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You