Comscore Tracker

10 Jenis Makanan Pencegah Kanker yang Harus Kamu Konsumsi

Enak, banyak khasiat, dan bikin kita lebih sehat!

Kanker, penyakit yang membuat banyak orang khawatir ini ternyata dapat dicegah. Data dari American Cancer Society menyatakan bahwa setidaknya empat dari sepuluh jenis kanker memiliki faktor risiko yang bergantung pada kebiasaan dan pola makan kita. Di antaranya adalah kanker paru-paru, payudara, usus besar, hati, bahkan serviks. 

Kurang lebih ada puluhan jenis makanan pencegah kanker yang direkomendasikan para peneliti. Apa sajakah itu? Yuk, simak berikut ini dan segera tambahkan ke menu makanmu sehari-hari!

1. Makanan yang kaya akan serat

10 Jenis Makanan Pencegah Kanker yang Harus Kamu Konsumsiilustrasi makanan sumber serat (agoramedia.com)

Banyak orang menganggap makanan berserat hanya ditujukan untuk mereka yang ingin buang air besar dengan lancar. Ternyata manfaatnya tidak cukup sampai di situ saja.

Setelah mengadakan studi selama 24 tahun, peneliti dari JAMA Oncology menemukan bahwa orang yang rajin mengonsumsi makanan berserat lebih terhindar dari risiko kanker hati

Tidak hanya itu, mereka juga menjadi lebih kebal dari diabetes tipe 2 dan obesitas. Serat dapat kamu temukan pada makanan seperti alpukat, pisang, brokoli, biji-bijian, dan cokelat hitam.

2. Teh hijau

10 Jenis Makanan Pencegah Kanker yang Harus Kamu Konsumsiilustrasi teh hijau (pixabay.com/dungthuyvunguyen)

Siapa yang suka mengonsumsi tehnya bangsa Asia ini? Studi dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center mengatakan bahwa teh hijau kaya akan polyphenol, zat yang bisa mengurai sel kanker agar tidak berkembang di dalam tubuh.

Selain itu, minuman ini juga memiliki sifat urokinase, enzim yang menghambat pertumbuhan sel-sel jahat. Teh hijau secara spesifik dapat mengurangi risiko kanker usus besar, perut, dan payudara.

Baca Juga: 7 Infeksi Virus yang Bisa Menyebabkan Kanker, Waspada!

3. Kunyit

10 Jenis Makanan Pencegah Kanker yang Harus Kamu Konsumsiilustrasi kunyit (sixtyandme.com)

Rempah yang menjadi bahan utama makanan India ini ternyata memiliki khasiat yang tak bisa diabaikan. Studi dari Washington State University mengatakan bahwa kunyit dapat digunakan untuk mengurangi risiko kanker payudara, tulang, perut, usus besar, dan kulit. Ini karena ia mengandung zat kurkumin yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi yang ampuh untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

4. Berbagai jenis jamur

10 Jenis Makanan Pencegah Kanker yang Harus Kamu Konsumsiilustrasi jamur (unsplash.com/Thanh Soledas)

Mengonsumsi jamur sering kali disebut sebagai cara alami untuk mengobati pasien kanker. Dilansir Cancer Research UK, terdapat beberapa kandungannya yang bisa memperkuat sistem imun kita. Jenis jamur yang direkomendasikan adalah jamur kancing, pipih, shitake, maitaki, dan reishi. 

5. Makanan yang mengandung iodin

10 Jenis Makanan Pencegah Kanker yang Harus Kamu Konsumsiilustrasi makanan yang mengandung iodin atau yodium (techexplorist.com)

Iodin atau yodium adalah salah satu jenis mineral yang bagus untuk mengoptimalkan hormon tiroid. Laporan dalam jurnal dari PubMed Central tahun 2017 mengatakan bahwa hormon tersebut bisa mengurangi risiko munculnya sel-sel ganas seperti tumor dan kanker. Makanan yang kaya iodin adalah keju, yoghurt, susu, ikan tuna, rumput laut, dan udang.

6. Tomat

10 Jenis Makanan Pencegah Kanker yang Harus Kamu Konsumsiilustrasi tomat (unsplash.com/Grooveland Designs)

Tomat, yang sering diperdebatkan apakah termasuk sayur atau buah ini, ternyata memiliki khasiat yang tidak main-main. Penelitian menunjukkan bahwa tomat mengandung antioksidan bernama likopen yang bisa memproteksi tubuh kita dari kanker prostat dan paru-paru. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kamu memasaknya terlebih dahulu.

Baca Juga: 7 Jenis Kanker Paling Langka di Dunia, Hanya Ada Sedikit Laporan

7. Minyak zaitun

10 Jenis Makanan Pencegah Kanker yang Harus Kamu Konsumsiilustrasi minyak zaitun (healthline.com)

Minyak zaitun yang sering kali digunakan untuk diet ternyata juga bisa mencegah kita terserang kanker. Berdasarkan beberapa studi yang pernah dilakukan, jenis makanan ini dapat melindungi kita dari kanker payudara, usus besar, dan kanker pada organ pencernaan lainnya. Bahkan menurut laman Everyday Health, penurunan risiko bisa mencapai 50 persen. 

8. Kayu manis

10 Jenis Makanan Pencegah Kanker yang Harus Kamu Konsumsiilustrasi kayu manis (organicfacts.net)

Selain berfungsi untuk mengurangi kadar gula darah, kayu manis juga terbukti bisa menghambat penyebaran sel kanker. Menurut studi dari PubMed Central tahun 2010, kandungannya bisa membunuh sel dan mencegah pertumbuhan kepala dari sel kanker. Tidak hanya itu, sifat antiinflamasi dan antioksidannya juga baik untuk tubuh kita. 

9. Ikan berlemak

10 Jenis Makanan Pencegah Kanker yang Harus Kamu Konsumsiilustrasi ikan berlemak (realfood.tesco.com)

Beberapa studi menyarankan agar kita mengonsumsi ikan secara rutin setidaknya seminggu sekali. Ini karena ikan berlemak seperti salmon, tuna, haring, bahkan ikan kembung  mengandung lemak omega-3 dan vitamin D yang memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah mengurangi risiko dari kanker prostat, saluran pencernaan, dan usus besar. 

10. Makanan yang mengandung karoten

10 Jenis Makanan Pencegah Kanker yang Harus Kamu Konsumsiilustrasi wortel (pexels.com/Suzy Hazelwood)

Berbagai makanan yang mengandung senyawa karoten terbukti bersifat antikarsinogenik atau dapat mencegah munculnya sel kanker di tubuh kita. Contohnya adalah wortel, kale, bayam, ubi, dan sayuran hijau lainnya.

Dilansir Healthline, mereka dapat mengurangi risiko kanker perut hingga 26 persen. Selain itu, karoten juga tercatat mampu mencegah kanker paru-paru, prostat, dan perut. Para ahli menyarankan agar kita mengonsumsinya secara rutin minimal sekali seminggu. 

Itulah beberapa jenis makanan pencegah kanker yang bisa kamu konsumsi. Ternyata banyak sekali ya makanan yang bisa membantu kita terhindar dari kanker. Yuk, mulai sekarang perbanyak konsumsi makanan tersebut! Percayalah, akan ada banyak perubahan di kesehatanmu setelahnya.

Jangan lupa juga untuk memaksimalkan efeknya dengan rutin olahraga, tidur cukup, lindungi diri dari paparan zat karsinogenik, tidur cukup, dan kelola stres dengan baik.

Baca Juga: Studi: Perubahan Pola Makan Tekan Risiko Kanker Prostat Ganas

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Nurulia R F
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya