Comscore Tracker

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari oleh Pengguna Kawat Gigi

Karena kawat gigimu nanti bisa rusak!

Pemasangan kawat gigi atau behel adalah prosedur medis yang digunakan untuk merapikan susunan gigi yang kurang rapi, yang seiring waktu juga makin banyak dilakukan karena alasan estetika.

Sayangnya, para pengguna kawat gigi sering kali tidak memperhatikan makanan yang mereka akan konsumsi. Padahal, salah pilih makanan bisa memengaruhi kawat gigi, lo.

Nah, agar kawat gigi tetap awet, berikut ini lima jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari. Simak sampai habis, ya!

1. Kacang-kacangan

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari oleh Pengguna Kawat Gigiilustrasi kacang - kacangan (pexels.com/Marta Branco)

Tekstur kacang-kacangan yang cenderung keras dan ukurannya yang kecil membuat kacang masuk ke dalam daftar makanan yang sebaiknya dihindari oleh kamu yang sedang menggunakan kawat gigi.

Dilansir Verywell Health, mengonsumsi kacang-kacangan berisiko mematahkan bracket logam pada kawat gigi.

Selain itu, kacang-kacangan juga dapat membengkokkan kawat gigi, sehingga proses merapikan gigi membutuhkan waktu yang lebih lama.

2. Makanan manis atau kenyal

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari oleh Pengguna Kawat Gigiilustrasi gummy bear (pexels.com/Pixabay)

Mengonsumsi makanan manis atau kenyal rupanya berpengaruh buruk untuk orang yang memakai kawat gigi. Dilansir Healthline, makanan yang mengandung gula tinggi dapat menciptakan lapisan lengket atau plak pada gigi.

Nantinya, kumpulan plak tersebut menyebabkan kerusakan gigi. Menyikat gigi memang dapat mengurangi pembentukan plak. Akan tetapi, pemakaian kawat gigi membuat plak menjadi lebih sulit dihilangkan. 

Baca Juga: Susah-susah Gampang, Ini 8 Tips Perawatan selama Pakai Kawat Gigi

3. Keripik atau popcorn

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari oleh Pengguna Kawat Gigiilustrasi keripik kentang (pexels.com/icon0.com)

Keripik atau popcorn memiliki merupakan camilan yang renyah dan secara luas diminati. Lalu, mengapa makanan ini kurang baik bagi pemakai kawat gigi?

Dilansir Unique Orthodontics, meskipun keripik memiliki tekstur yang renyah, tetapi cukup tajam sehingga dapat tersangkut di sela-sela gigi. Begitu pula dengan popcorn atau jagung berondong yang cukup keras, yang mana ini bisa berisiko merusak bracket behel.

4. Buah-buahan bertekstur keras

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari oleh Pengguna Kawat Gigiilustrasi buah apel (pexels.com/Pixabay)

Manfaat buah-buahan bagi kesehatan tak perlu lagi ditanyakan. Buah-buahan memberikan segudang manfaat bagi kesehatan, terutama lewat kandungan gizinya yang melimpah. Namun, jika kamu sedang memakai kawat gigi, kamu perlu memperhatikan buah yang akan dikonsumsi.

Dilansir Orthodontics Australia, pemakaian kawat gigi dapat memengaruhi kemampuan mengunyah, sehingga kamu akan membutuhkan usaha yang lebih keras untuk memakan buah-buahan yang bertekstur keras seperti, apel, pir maupun buah yang belum matang.

Untuk buah alternatifnya, kamu dapat memilih buah seperti jeruk, pisang, semangka atau  buah lainnya yang tak terlalu keras. Jadi, kamu tetap dapat mencukupi kebutuhan gizi harian. 

5. Daging yang melekat di tulang

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari oleh Pengguna Kawat Gigiilustrasi fried chicken (pexels.com/Tim Samuel)

Memakai kawat gigi bukan berarti kamu harus menghindari sepenuhnya mengonsumsi daging. Daging merupakan sumber protein hewani yang memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Jika kamu ingin mengonsumsi daging, maka pilihlah yang lebih empuk, seperti ikan atau ayam.

Masih berdasarkan keterangan dari Verywell Health, mengonsumsi daging merah maupun daging yang masih melekat di tulang, seperti paha atau sayap ayam, akan membuatmu berusaha lebih keras untuk mengunyahnya. Akhirnya, ini bisa membuat pita karet gigi yang mengelilingi geraham jadi longgar.

Demikianlah jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengguna kawat gigi karena risiko dampak buruknya. Selain itu, penting juga untuk memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi tepat waktu.

Baca Juga: Jangan Asal Gaya, Gunakan Kawat Gigi jika Sudah Mengalami Kondisi Ini

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya