Comscore Tracker

5 Hal Ini Akan Terjadi Pada Tubuhmu Jika Berhenti Mengkonsumsi Alkohol

Lebih banyak manfaatnya lho

Mengkonsumsi alkohol telah menjadi kegemaran untuk sebagian orang. Walaupun alkohol membawa dampak yang kurang baik bagi tubuh kita ternyata masih banyak orang yang sulit meninggalkan jenis minuman  yang satu ini.

Padahal dengan mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan meminum alkohol, akan ada banyak hal baik yang menghampiri tubuhmu. Dilansir dari delish.com inilah yang akan terjadi pada tubuhmu jika berhenti mengkonsumsi alkohol.

1. Tidurmu akan lebih nyenyak

5 Hal Ini Akan Terjadi Pada Tubuhmu Jika Berhenti Mengkonsumsi Alkoholunsplash.com/Gregory Pappas

Jika kamu merasa sulit untuk tidur nyenyak, mungkin saja kamu terlalu banyak mengkonsumsi alkohol. Sekitar 27 penelitian menyatakan  bahwa walaupun alkohol dapat membantu orang tertidur lebih cepat , alkohol akan mengacaukan kualitas tidurmu setelah masa tenang diawal kamu tertidur.

2. Berat badanmu akan berkurang dan memungkinkan kamu untuk memiliki postur tubuh yang ideal

5 Hal Ini Akan Terjadi Pada Tubuhmu Jika Berhenti Mengkonsumsi Alkoholunsplash.com/Siora

Apakah kamu salah satu orang yang mendambakan berat badan ideal? Jika iya sebaiknya kamu mulai mengurangi atau berhenti mengkonsumsi alkohol  ya millennials, Alkohol mengandung kadar kalori yang cukup tinggi dan mengandung sedikit atau bahkan tidak mengandung nutrisi. Dengan mengurangi minuman beralkohol tentunya kita juga mengurangi kadar kalori yang kita konsumsi sehingga berpeluang untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan juga sehat. 

Baca Juga: 10 Efek Kesehatan Jangka Panjang yang Patut Diwaspadai Peminum Alkohol

3. Kulitmu akan terasa lembab dan sehat

5 Hal Ini Akan Terjadi Pada Tubuhmu Jika Berhenti Mengkonsumsi Alkoholunsplash.com/Christine Hume

Jika kamu mengeluh karena memiliki kulit yang kering dan kasar, mungkin diakibatkan karena hobimu meminum minuman berakohol. Dokter Raskin mengungkapkan jika alkohol bersifat diuretik, yang menyebabkan kamu mengalami dehidrasi dan memaksa ginjal untuk bekerja dua kali untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh, akibatnya kamu  lebih sering untuk  buang air kecil sehingga kadar air dalam tubuhmu semakin sedikit.

4. Kamu akan lebih suka makan makanan manis

5 Hal Ini Akan Terjadi Pada Tubuhmu Jika Berhenti Mengkonsumsi Alkoholunsplash.com/Anita Austvika

Gula meningkatkan tingkat dopamin kimia, yang memicu perasaan senang, hal tersebut juga hampir sama dengan cara kerja alkohol dalam tubuh kita. Oleh karena itu orang yang berhenti mengkonsumsi alkohol biasanya akan mengganti konsumsi alkohol dengan konsumsi gula atau makanan manis agar tetap mendapatkan perasaan senang, jika millennials mengurangi konsumsi alkohol dengan alasan diet sebaiknya berhati hati ya dengan godaan yang satu ini.

5. Nafsu makanmu akan semakin berkurang

5 Hal Ini Akan Terjadi Pada Tubuhmu Jika Berhenti Mengkonsumsi Alkoholhellosehat.com

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, alkohol adalah salah satu pendorong makan berlebihan terbesar. Dalam jurnal Obesity, para peneliti juga menjelaskan bahwa ketika seseorang mengkonsumsi dua minuman alkohol, mereka akan mengkonsumsi makanan 30 persen lebih banyak daripada mereka yang mengkonsumsi larutan garam.

Nah itu lah lima hal yang akan terjadi pada tubuhmu jika berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol. Akan jauh lebih sehat bukan?

Baca Juga: Kenapa Minum Alkohol Berbahaya? Ini 12 Risiko yang Perlu Diwaspadai 

mintari setyopaluvi Photo Verified Writer mintari setyopaluvi

sharing is good

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya