Comscore Tracker

Kelamaan Lihat Layar Laptop? Ini 5 Cara Hilangkan Ketegangan Mata

Jika dibiarkan bisa menyebabkan sakit kepala dan mata lelah

Ketegangan mata adalah suatu kondisi yang mempengaruhi 50-90 persen orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan melihat layar laptop, komputer, tablet, dan HP.  Jika biasanya masalah kesehatan ini dialami oleh pekerja kantoran, tapi di masa pandemik Covid-19 seperti sekarang ini, ketegangan mata juga dialami oleh mereka yang harus belajar dan bekerja di rumah.

Dari mengerjakan tugas hingga rapat pun dilakukan melalui dunia maya, alhasil sebagian besar waktunya di rumah pun dihabiskan di depan layar. Jika dibiarkan, otot yang bertugas mengontrol gerakan mata pun harus selalu aktif dan menyesuaikan dengan cahaya dan jarak layar, alhasil ketegangan mata pun terjadi.

Dilansir Life Hack, ada beberapa gejala penentu yang mengindikasikan mata mengalami ketegangan, mudah lelah, sakit kepala, hingga disfungsi kelenjar meibomian (MGD). Dilansir Web MD, MGD termasuk masalah mata yang umum terjadi karena mata mengalami kekurangan cairan. Meibomian atau meibum sendiri adalah minyak yang ada di mata untuk menjaga kelembapannya.  

Meskipun tidak menyebabkan kematian, tapi tetap saja masalah ketegangan mata ini bisa mengganggu produktivitas kerja. Jika dibiarkan, bisa menyebabkan penglihatan kabur di salah satu atau kedua mata. Karena itu, segera redakan ketegangan mata dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.  

1. Jaga hidrasi mata 

Kelamaan Lihat Layar Laptop? Ini 5 Cara Hilangkan Ketegangan Matapexels.com/ Daria Shevtsova

Gunakan tetes mata untuk mencegah cairan mata yang mengering. Selain itu, kamu juga perlu minum air secara teratur untuk menjaga kelembapan tubuh dan khususnya mata. Rata-rata, seseorang minum delapan gelas sehari. Tapi hal ini sangat bergantung dari ukuran dan berat badannya.

Berdasarkan laman Rhitrition, kamu cukup mengalikan berat badanmu (dalam kilogram) dengan 0,033 untuk mengetahui berapa banyak air putih yang harus diminum setiap hari (dalam liter). Sebagai contoh, ketika berat badanmu 60 kg, maka kamu harus minum air putih 60 kg x 0,033 = 2 liter per hari.

 2. Tingkatkan kualitas udara di ruangan

Kelamaan Lihat Layar Laptop? Ini 5 Cara Hilangkan Ketegangan Mataworldofsucculents.com

Selain menghidrasi tubuhmu, penting juga untuk melihat kualitas udara di lingkungan kerja atau rumah. Banyak kantor yang memakai AC, kipas angin, hingga ventilator untuk bisa mudahkan debu di sekitar ruangan. Padahal, ini bisa mengganggu lapisan air mata yang membuatnya iritasi atau kering.

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk menjernihkan udara dengan menaruh tanaman hias indoor di dalam ruangan kantor atau rumah. Berdasarkan studi yang dilakukan NASA, terdapat tanaman hias indoor yang terbukti efektif meningkatkan kualitas udara dalam rungan.

Dalam studi ini, daun, akar, dan mikroorganisme tanaman ini juga terbukti bisa mengurangi bahaya polutan seperti asap rokok, pelarut organik, dan kandungan udara yang berbahaya. Yang termasuk tanaman hias yang dapat membersihkan udara adalah lidah mertua, peace lily, parlour palm, dan daisy.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami, Mudah Dilakukan!

3. Jangan lupa berkedip

Kelamaan Lihat Layar Laptop? Ini 5 Cara Hilangkan Ketegangan Matamaxfactor.com

Setiap kali berkedip, lapisan air mata menjaga kelembapan dan membuat mata terasa nyaman. Sesuai jurnal ilmiah yang diterbitkan dalam American Academy of Ophtalmology tahun 2020, penelitian menerangkan jika dalam keadaan normal manusia biasanya berkedip sekitar 15 kali dalam satu menit.

Tapi di saat manusia menatap layar perangkat digital, kemungkinan berkedip hanya 5-7 kali dalam satu menit. Tentu saja ini akan membuat mata menjadi tegang.

Karena itu, usahakanlah untuk berkedip sesering mungkin agar permukaan mata tidak mengering, ya. Kalau perlu pasangalah alarm pengingat atau tempelkan kertas yang bertuliskan “jangan lupa berkedip” agar kamu terus ingat untuk berkedip.

4. Lebih banyak makan camilan sehat

Kelamaan Lihat Layar Laptop? Ini 5 Cara Hilangkan Ketegangan Mataunsplash.com/Gabriel Gurrola

Di samping mengonsumsi makanan yang bernutrisi, kamu juga bisa meluangkan waktu istirahat untuk ngemil makanan yang baik untuk kesehatan mata. Dari studi ilmiah yang dijabarkan dalam konferensi American Public Health Association 139th Annual Meeting and Exposition tahun 2011, nutrisi seperti karotenoid, lutein, vitamin C, vitamin E, likopen, asam lemak esensial, omega 3, dan zinc dinilai sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Kamu bisa mendapatkan semua nutrisi itu dalam suplemen mata. Kalau ingin cara yang lebih alami, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk mata.

Dilansir dari Medical News Today, makanan seperti wortel, ikan beromega-3 tinggi, buah-buahan asam, sayuran hijau, daging sapi, telur, dan air putih terbukti bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

5. Istirahat 

Kelamaan Lihat Layar Laptop? Ini 5 Cara Hilangkan Ketegangan Matanytimes.com

Mengambil waktu untuk beristirahat bukan hanya kesempatan untuk berjauhan dengan layar perangkat digital, tapi juga memberikan kesempatan untuk merelaksasi pikiran dan melepas lelah.

Cobalah angkat tubuhmu dari kursi untuk bergerak dan merenggangkan anggota tubuh selama beberapa menit untuk mengurangi rasa pegal di punggung dan leher. Selain itu, kamu juga bisa berjalan ke taman dan melihat tanaman-tanaman hijau untuk mengistirahat mata yang tegang.

 

Ketegangan mata karena terlalu lama melihat laptop atau perangkat digital lainnya memang tidak bisa dihindari, terlebih untuk kamu yang bekerja atau belajar di depan layar selama berjam-jam.

Oleh sebab itu untuk mengurangi rasa tegang di mata, cobalah melakukan beberapa hal di atas dan juga membuat janji dengan dokter mata secara teratur untuk memastikan kesehatan mata selalu terjaga.

Baca Juga: Penglihatan Sehat dan Tajam, Apa Saja Nutrisi untuk Kesehatan Mata?

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya