Comscore Tracker

9 Buah Ini Bisa Jadi Alternatif untuk Meningkatkan Mood 

Kamu sering bad mood? Coba konsumsi buah-buahan ini, deh!

Tentu kamu pernah, dong, mengalami mood buruk? Di tengah hiruk pikuk kehidupan, pasti ada saja hal-hal yang tidak berjalan sesuai keinginan dan ini bisa mengganggu suasana hati. Cara untuk meningkatkan mood atau suasana hati pada tiap orang berbeda-beda, salah satunya dengan makan.

Nah, makanan yang dikonsumsi saat suasana hati buruk perlu diperhatikan. Daripada makanan manis dan tinggi kalori, baiknya pilihlah buah-buahan. Nah, inilah buah-buahan yang bisa jadi alternatif untuk meningkatkan mood yang berantakan.

1. Pisang

9 Buah Ini Bisa Jadi Alternatif untuk Meningkatkan Mood ilustrasi pisang (freepik.com/KamranAydinov)

Dilansir CRANAplus, banyak orang dengan depresi yang melaporkan dirinya merasa lebih baik setelah makan pisang. Ini karena pisang mengandung triptofan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin.

Sebuah laporan dalam jurnal Food Chemistry tahun 2016 menyebutkan bahwa serotonin dalam pisang membantu mengatasi atau mencegah depresi dengan mengubah suasana hati (mood) dan bikin tubuh relaks.

Meski demikian, hati-hati karena konsumsi pisang yang berlebihan berarti asupan gula berlebih, sehingga justru bisa mengembangkan gejala depresi. Ini diungkapkan dalam sebuah studi dalam Journal of Affective Disorders tahun 2019. Pada sekelompok perempuan yang mengonsumsi pisang paling banyak berhubungan positif dengan gejala depresi.

2. Alpukat

9 Buah Ini Bisa Jadi Alternatif untuk Meningkatkan Mood ilustrasi alpukat (freepik.com/jcomp)

Dilansir Australian Avocados, alpukat mengandung nutrisi seperti serat, lemak sehat, dan mikronutrien yang membantu membuat suasana hati kita baik, meningkatkan energi, dan melawan kelelahan.

Nicholas Perricone, dokter kulit dan ahli gizi lewat bukunya, Dr Perricone's 7 Secrets to Beauty, Health, and Longevity, menyebut kalau alpukat mengandung asam lemak omega-3 yang termasuk dalam sumber lemak antiinflamasi, yang dapat mencegah peradangan yang dihasilkan oleh radikal bebas. Dengan demikian, konsumsi alpukat dapat membantu meningkatkan suasana hati.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kola untuk Kesehatan, Biasa Jadi Perasa Minuman Bersoda

3. Rasberi

9 Buah Ini Bisa Jadi Alternatif untuk Meningkatkan Mood ilustrasi raspberry (freepik.com/Racool_studio)

Dilansir The Good Mood Food, rasberi mengandung berbagai nutrisi seperti serat makanan, vitamin C, vitamin B9 (asam folat), vitamin B7 (biotin), mangan, gula buah alami, dan antioksidan. Semua nutrisi tersebut dapat membantu bikin mood kamu menjadi lebih baik.

4. Kismis

9 Buah Ini Bisa Jadi Alternatif untuk Meningkatkan Mood ilustrasi kismis (unsplash.com/Neva Kuruyemiş)

Dilansir Eat This Not That!, kamu juga bisa mengonsumsi sumber zat besi dari makanan saat suasana hati sedang tidak baik. Salah satunya adalah kismis. Selain itu, kismis juga mengandung magnesium, vitamin C, dan B6.

5. Buah ara

9 Buah Ini Bisa Jadi Alternatif untuk Meningkatkan Mood ilustrasi figs (freepik.com/freepik)

Mengutip ELLE, buah ara atau fig mengandung magnesium yang juga bisa meningkatkan suasana hati.

Selain itu, dilansir SFGate, buah ara mengandung vitamin dan mineral seperti kalium, vitamin B6, dan mangan. Nah, semua nutrisi tersebut dapat menjaga fungsi otak tetap sehat. Kalau kinerja otak baik, tentu mood juga akan meningkat.

6. Semangka

9 Buah Ini Bisa Jadi Alternatif untuk Meningkatkan Mood ilustrasi semangka (freepik.com/xb10)

Dilansir India Today, semangka dapat meningkatkan mood berkat adanya vitamin B6, yang mana vitamin ini merupakan nutrisi penting yang bertanggung jawab untuk menenangkan saraf. Semangka juga bisa membantu menyeimbangkan hormon yang dapat sangat memengaruhi mood.

Seperti diterangkan di laman The Express Tribune, ada penelitian yang mengonfirmasi bahwa orang dengan depresi kronis dan kecemasan memiliki kadar vitamin B6 yang lebih rendah. Nah, vitamin B6 bertindak sebagai neurotransmiter (mengirimkan sinyal antar sel saraf) dengan memproduksi serotonin yang mengarah ke sensasi perasaan yang baik.

Baca Juga: 7 Buah yang Kurang Cocok Dikonsumsi Saat Diet, Batasi Asupannya!

7. Jeruk

9 Buah Ini Bisa Jadi Alternatif untuk Meningkatkan Mood ilustrasi jeruk (freepik.com/wirestock)

Sebagaimana kita ketahui, jeruk kaya akan vitamin C. Berdasarkan penelitian dalam jurnal Nutrition tahun 2011, ditemukan bahwa vitamin C dapat meningkatkan kondisi mood pasien rawat inap akut.

Hal ini didukung pernyataan seorang perempuan di laman Food Allwomenstalk, yang mengatakan kalau tingkat kecemasannya menurun secara signifikan setelah mengonsumsi jeruk. Ini karena adanya peran vitamin C dan B6. Keduanya dikatakan baik untuk mengurangi hormon stres dan mengurangi depresi, sehingga dapat meningkatkan mood

8. Lemon

9 Buah Ini Bisa Jadi Alternatif untuk Meningkatkan Mood ilustrasi lemon infused water (pexels.com/Breakingpic)

Hasil sebuah penelitian di Jepang yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa aroma buah sitrus, seperti lemon, dapat meningkatkan suasana hati orang yang menghirupnya. 

Bila ini dikombinasikan dengan kandungan vitamin C dalam lemon, misalnya dengan meminum air perasan lemon, kamu suasana hati bisa jadi lebih baik, deh!

9. Bluberi

9 Buah Ini Bisa Jadi Alternatif untuk Meningkatkan Mood ilustrasi blueberry (freepik.com/freepik)

Merujuk pada studi yang dilakukan oleh Khalid dkk. dalam jurnal Nutrients, ditemukan bahwa bluberi dapat memperbaiki mood. Lebih tepatnya, tim peneliti menemukan bahwa buah ini meningkatkan pengaruh positif pada pengukuran mood positif (seperti kegembiraan, minat, dan kewaspadaan) dua jam setelah konsumsi.

Efek tersebut dikatakan bersumber dari kandungan flavonoid. Flavonoid adalah kelas polifenol yang ditemukan secara alami dalam buah-buahan, sayuran, teh, kopi, dan kakao.

Temuan di atas juga didukung oleh hasil review yang diterbitkan dalam jurnal Brain, Behavior, and Immunity tahun 2019. Ditemukan bukti awal potensi kemanjuran bluberi sebagai intervensi untuk mempromosikan kinerja kognitif (proses mental yang terlibat dalam mengetahui, belajar, dan memahami sesuatu) dan mood.

Jadi, daripada konsumsi makanan tinggi gula, kalori, atau lemak saat mood sedang buruk, lebih baik pilih buah-buahan sehat di atas untuk memperbaikinya. Bukan cuma suasana hati membaik, kamu pun mendapat asupan banyak nutrisi!

Baca Juga: 10 Manfaat Fantastis Buah Kelengkeng untuk Penderita Diabetes

Sarah Ferwinda Photo Verified Writer Sarah Ferwinda

Life is all about learning

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya